Sukses

Selain Venue Utama, Ini Lokasi Nonton F1 Powerboat Danau Toba

InJourney tengah mempersiapkan fasilitas di Bukit Pahoda untuk pengunjung yang hendak melihat pertandingan F1 Powerboat namun tidak kebagian tiket utama.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Indonesia jadi tuan rumah perhelatan F1 Powerboat yang bertempat di Danau Toba, Sumatera Utara. Acara olah raga air ini akan digelar pada 26 hingga 28 Februari 2023.

Animo masyarakat dalam dan luar negeri pun membludak, bahkan InJourney selaku penyelenggara acara mengaku, bila tiket utama untuk menonton pertandingan tersebut sudah terjual habis dalam waktu 23 menit saja.

"Waktu itu, pembelian tiket kami buka di pukul 04.00 sore, lalu 04.23 sudah sold out," kata Direktur Marketing InJourney, Maya Watono di Hangar 4 GMF Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (17/2/2023).

Meski begitu Maya mengaku, bila masyarakat masih bisa menonton dari sejumlah lokasi. Seperti di perbukitan ataupun kafe milik UKM setempat yang berada di tepi Danau Toba.

InJourney tengah mempersiapkan fasilitas di Bukit Pahoda untuk pengunjung yang hendak melihat pertandingan F1H2O namun tidak kebagian tiket utama. Setidaknya disiapkan 10.000 tiket untuk menonton dari bukit tersebut.

Lalu alternatif lain, disiapkan juga tempat glamping di sekitar Danau Toba, agar pengunjung tak hanya menonton pertandingan, namun juga bisa menikmati keindahan Danau Toba.

"Ini katalis event development, impact-nya ekonomi ke Danau Toba dan melihat keindahan Danau Toba," jelasnya.

Sudah 95 Persen

Pihaknya pun mengatakan, persiapan gelaran tersebut sudah mencapai 95 persen, dimana bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama masyarakat dan HKBP.

"Sudah lakukan pelatihan 400an orang, yang kita siapkan di homestay hospitality, tour guiding, culinary juga, pelatihan seperti itu yang datang ke Danau Toba bisa merasakan pelayanan tak kalah dengan yang di Jakarta," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiket Nonton F1 Powerboat dari Bukit Dijual Hari Ini, Cuma Rp 50 Ribu

Sebelumnya, Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau InJourney menyiapkan 500 tiket gelaran F1 Powerboat di Danau Toba untuk dijual secara offline di lokasi. Tiket yang dibanderol Rp 50 ribu ini bisa didaparkan di Balige, lokasi utama penyelenggaraan balap perahu motor tersebut.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menjelaskan, penjualan tiket ini menimbang animo masyarakat yang cukup tinggi. Pada penjualan tiket online yang dibuka pada 7 Februari 2023 saja, bisa ludes dalam 23 menit.

“Selanjutnya, kami juga akan kembali membuka penjualan tiket F1 Powerboat pada tanggal 15 Februari 2023 untuk spot menonton yang berlokasi di Bukit Pahoda dengan viewnya yang sangat indah. Tiket ini dapat dibeli secara offline di Balige dengan harga Rp 50ribu,” jelas Maya melalui keterangannya, Rabu (15/2/2023).

Maya menerangkan berdasarkan data penjualan tiket nonton F1 Powerboat secara online, paling banyak dibeli oleh wisatawan yang berasal dari Jabodetabek dan juga Pulau Sumatera. Harapannya dengan pembukaan penjualan tiket di 15 Februari 2023 ini, semakin banyak wisatawan yang dapat memperoleh tiket menonton KOPIKO F1Powerboat dan meramaikan event sport tourism ini.

 

3 dari 3 halaman

Penambahan Penerbangan

Tak hanya menyediakan tiket, InJourney juga memastikan ada penambahan penerbangan menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII (bandara Silangit) dan Bandara Internasional Kualanamu, Medan. Penambahan penerbangan ini dimulai pada 21-22 Februari mendatang.

Dengan tambahan konektivitas ini, harapannya bisa membantu wisatawan untukmenjangkau Danau Toba sebagai lokasi utama gelaran balap perahu motor tersebut. Penambahan penerbangan akan dijalankan oleh Garuda Indonesia dan Citilink.

Informasi, gelaran utamanya akan dilangsungkan pada 25-26 Februari 2023 mendatang. Bahkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut-sebut bakal datang menyaksikan acara balap tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.