Sukses

Mau Daftar Kartu Prakerja 2023, Ketahui Dulu 7 Tahapan Prosesnya dari Pendaftaran Hingga Bisa Diterima

Bagi masyarakat yang ingin bergabung Program Kartu Prakerja ini, silakan mendaftarkan diri melalui laman https://www.prakerja.go.id/.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 kembali dibuka untuk gelombang 48. Masyarakat yang ingin bergabung ketahui dulu tujuh tahapan proses dari pendaftaran hingga akhirnya lulus menjadi peserta Kartu Prakerja.

Sebelumnya, informasi pembukaan kartu prakerja gelombang 48 Kartu Prakerja ini telah disampaikan melalui akun Instagram @prakerja.go.id. Pendaftaran pun telah dibuka sejak Jumat, 3 Februari 2023.

“SEGERA DAFTAR SEKARANG untuk kamu yang belum memiliki akun Kartu Prakerja! Untuk kamu yang benar-benar ingin belajar, lakukan pendaftaran dari sekarang supaya kamu tinggal klik "Gabung Gelombang" saat Gelombang 48 dibuka untuk mengikuti seleksi ya Sob!” demikian informasi dikutip dari Instagram @prakerja.go.id, Rabu (8/2/2023).

Bagi masyarakat yang ingin bergabung Program Kartu Prakerja ini, silakan mendaftarkan diri melalui laman https://www.prakerja.go.id/. Namun sebelum itu, perhatikan dulu syarat daftar Kartu Prakerja berikut ini.

1. Warga Negara Indonesia berusia 18-64 tahun

2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

3. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja

4. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD

5. Dalam satu Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja

Jika memenuhi persyaratan tersebut, berikut ini disimak tujuh tahapan proses Kartu Prakerja yang harus diketahui.

1. Portal pendaftaran hanya di www.prakerja.go.id

Pertama, daftarkan diri secara mandiri di portal www.prakerja.go.id. Proses ini membutuhkan data diri sehingga Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen, seperti alamat email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), foto KTP, dan nomor hp yang aktif. Kemudian ikuti tes kemampuan dasar seperti yang tersedia.

2. Tunggu pembukaan periode gelombang

Setelah berhasil mendaftar, Anda perlu menunggu terlebih dahulu pembukaan gelombang. Anda bisa klik “Gabung Gelombang” jika gelombang sudah buka dan mengikuti seleksinya. Setelah itu, tunggu hasil pengumumannya.

Manajemen Pelaksana akan melakukan pengecekan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pendaftar Prakerja bisa memantau status kelolosannya di dashboard masing-masing akun Kartu Prakerja.

Jika nantinya lolos, penerima dapat membeli pelatihan sesuai keinginan. Akan tetapi jika gagal, Anda bisa menunggu dan mencoba kembali untuk gabung gelombang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahapan Lainnya

3. Membeli pelatihan

Ketika resmi menjadi penerima Prakerja, Anda bisa bebas memilih pelatihan sesuai kebutuhan. Anda bisa gunakan fitur cari pelatihan di dashboard Kartu Prakerja. Jika sudah menemukan pelatihan yang diinginkan, Anda bisa langsung membelinya di platform digital.

Untuk menyukseskan pembelian, Anda harus menyalin nomor Kartu Prakerja yang tertera di dashboard sebagai alat pembayaran pelatihan. Anda bisa membeli pelatihan maksimum 15 hari sejak diterima menjadi peserta.

4. Mengikuti pelatihan

Apabila sudah berhasil beli pelatihan Prakerja, Anda bisa menghadiri pelatihan sesuai jadwal yang ditentukan hingga selesai. Perlu diketahui, pelatihan ini tidak dapat diwakilkan.

Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda baru akan mendapatkan sertifikat pelatihan Kartu Prakerja. Jika masih ada saldo tersisa, Anda bisa membeli pelatihan kembali.

 

3 dari 3 halaman

5. Memberi ulasan pelatihan

Selanjutnya setelah menyelesaikan pelatihan, jangan lupa berikan rating dan ulasan di dashboard Kartu Prakerja secara jujur.

6. Mendapatkan insentif pasca pelatihan

Setelah memberi rating dan ulasan, Anda baru akan mendapatkan insentif pasca pelatihan pertama sebesar Rp 600 ribu setelah sertifikat pelatihan muncul di dashboard akun Kartu Prakerja.

7. Mengisi survei evaluasi

Terakhir, jangan lupa mengisi survei evaluasi pada dashboard dengan jujur. Nantinya Anda akan mendapatkan insentif lagi sebesar Rp 50 ribu setelah menyelesaikan survei.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.