Sukses

Selain Susi Air Dibakar, Ini 4 Insiden Lain Penembakan Pesawat oleh KKB

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Susi Air SI 9368 dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di lapangan terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring membenarkan kejadian tersebut. "Pesawat Susi Air dibakar kelompok separatis teroris bersenjata. Pelakunya diduga kuat dilakukan teroris separatis bersenjata pimpinan Egianus Kogoya," kata Danrem.

Susi Pudjiastusi selaku pemilik Susi Air pun angkat bicara terkait hal tersebut. Susi Pudjiastusi meminta dukungan agar pilot pesawat Susi Air yang dibakar bisa dijemput dengan selamat.

"Mohon dukungan & doa semoga pilot kami di Nduga Paro diberikan lindungan Alloh SWT .. bisa kami jemput selamat," kata Susi Pudjiastusi dikutip dari akun Twitter @susupudjiastuti, Selasa (7/2/2023).

Pesawat ini dipiloti Capten Philips M. berkebangsaan Selandia Baru membawa lima penumpang, termasuk seorang bayi. Namun saat ditanya kondisi pilot dan penumpang, Kapolda Papua mengaku belum dapat dipastikan.

"Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya," kata Kapolda Papua.

Ia menyebutkan nama lima penumpang pesawat milik Susi Air, yaitu Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan​​​​​​​ Wetina W.

Peristiwa yang melibatkan pesawat dengan KKB ini tidak hanya terjadi saat ini saja. Terdapat beberapa peristiwa lain yang melibatkan pesawat dan KKB terutama soal insiden penembakan.

Dirangkum Liputan6.com, Selasa (72/2023), berikut ini 4 peristiwa di luar Susi Air yang melibatkan penembakan pesawat oleh KKB:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. KKB Tembak Pesawat Sam Air di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan teror di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga, Papua. Mereka melakukan penembakan terhadap pesawat milik Sam Air PK-SMG dengan Penerbangan Wamena-Nduga, yang sedang mendarat pukul 10.50 WIT, Selasa (7/6/2022).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal memyampaikan, pesawat tersebut sedang membawa sembako. Kemudian saat sedang parkir di Bandara Kenyam, burung besi itu langsung ditembak.

"Kronologis terjadi saat pesawat mendarat di Bandara Kenyam. Saat kondisi pesawat mati petugas langsung membuka pintu bagasi dan kedua pilot masih dalam pesawat. Tiba-tiba dari arah Alguru, Kali Kenyam, pihak KKB melakukan penembakan ke arah pesawat tepat sasaran pada pilot," tutur Kamal dalam keterangannya, Selasa (7/6/2022).

Menurut dia, pada pukul 10.50 WIT terdengar bunyi tembakan kurang lebih sebanyak 15 kali dari arah Bandara Kenyam. Saat diperiksa, terdapat beberapa bagian pesawat yang terkena tembakan tersebut, di antaranya ban depan pesawat, tanki bahan bakar aftur, dan dua titik di badan pesawat.

"Mendengar tembakan itu tim gabungan TNI-Polri langsung mendatangi TKP dan mengamankan pilot atas nama M Farhan Fachri dan Ko Pilot atas nama Reza Ariestha Ragainaga ke Polres Nduga," jelas dia.

Kamal menyatakan tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Namun begitu, pesawat Sam Air tidak dapat melanjutkan penerbangan lantaran kerusakan pada ban depan pesawat dan tangki bahan bakar yang bocor akibat timah panas

"Dikatakan bahwa saat ini Bandara Udara Kenyam sudah dapat dikuasi oleh aparat keamanan, dan melakukan pengamanan di seputaran Bandara Udara Kenyam," kata Kamal.

 

3 dari 5 halaman

2. Ditembaki KKB saat Terbang di Bandara Oksibil Papua, Pesawat Trigana Air Bolong

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa saat ini kondisi keamanan di Bandara Oksibil belum kondusif, pasca accident penembakan pesawat cargo Trigana Air jenis caravan dengan registrasi PK-HVV milik PT. Ikairos, pada 9 Januari 2023 pukul 01.45 UTC atau 10.45 WIT.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni pada Rabu (11/1) ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan mengatakan kejadian penembakan pesawat cargo Trigana Air di Bandara Oksibil saat ini tengah diselidiki pihak berwenang.

Berdasarkan infomasi dari Pilot dan Petugas AirNav, penembakan oleh KKB terjadi didaerah short right base runway 11 atau turning short final runway 11 yang berjarak kurang lebih 2 Nm atau 3,6 km dari ujung runway 11. "Pilot melaporkan kepada Petugas Air Traffic Controller (ATC) dan langsung Return To Base (RTB) ke bandara asal Bandara Tanah Merah;

Pihak operator penerbangan yaitu PT Ikairos dan Petugas Bandara Tanah Merah menginformasikan sesudah pesawat mendarat didapati bekas tembakan pada bagian-bagian pesawat seperti bagian bawah depan yang tembus hingga ke ruang kokpit.

"Bersyukurnya, dalam kejadian penembakan pesawat ini, kondisi crew pesawat dalam kondisi baik, personel dan fasilitas bandara juga dalam kondisi baik," katanya, Rabu (11/1/2023).

Demi keselamatan dan keamanan penerbangan maka mulai Selasa, 10 Januari 2023 kemaren, pesawat Trigana Air rute penerbangan dari dan ke Oksibil tidak beroperasi sampai kondisi keamanan dinyatakan aman oleh pihak berwenang. Dalam rangka penguatan keamanan dan evakuasi karena situasi darurat, maka dioperasikan pesawat Rimbun Air dan Smart Cakrawala Aviation.

Namun demikian, Kristi menegaskan Bandara Oksibil tidak aerodrome close atas pertimbangan kemanusiaan, supply chains, dan berdasarkan hasil koordinasi dengan direktorat teknis, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) serta AirNav Notam untuk peningkatan kewaspadaan karena alasan keamanan.

 

4 dari 5 halaman

3. Kelompok Bersenjata Papua Berondong Pesawat Sipil yang Mau Mendarat di Bandara Oksibil

Pesawat sipil yang hendak mendarat di Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (9/1/2023), ditembaki kelompok bersenjata Papua.

Kepala Polres Pegunungan Bintang, AKBP Davi Bustomi, seperti dikutip dari Antara, Senin (9/1/2023), membenarkan adanya laporan penembakan terhadap pesawat milik Ikairos, sehingga pesawat yang membawa aneka barang dari Tanah Merah, Kabupaten Boven Digul langsung terbang balik kembali.

"Memang pesawat kargo milik Ikairos ditembaki sekitar pukul 10.45 WIT dan pesawat terbang itu tidak jadi mendarat," kata dia.

Kepala Unit Pengelolaan Bandar Udara Oksibil, Agus Hadi, secara terpisah mengatakan, penembakan dilaporkan saat pesawat dengan nomor registrasi PK-HVV berada di titik tunggu sebelum mendarat di Bandara Oksibil dan melaporkan terkena tembakan di badan pesawat.

Akibatnya pesawat terbang itu langsung balik kembali ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digul.

"Belum diketahui bagian mana yang terkena tembakan karena pesawat tersebut langsung kembali ke Tanah Merah," kata dia.

Penembakan itu terjadi di ujung bandara dan akibat penembakan, pesawat terbang tidak diizinkan mengudara.

"Namun saat aparat keamanan menyatakan aman, pesawat yang berada di bandara kembali terbang ke Jayapura dan operasional bandara tetap dibuka," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

4. KKB Tembaki Pesawat Asian One Saat Hendak Mendarat di Ilaga Papua

Kelompok kriminal bersenjata (KKB), dilaporkan menembaki pesawat kargo milik Asian One yang hendak mendarat di bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (13/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIT. Kabar tersebut dibenarkan Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Aminggaru Ilaga, Herman Sujito.

Ulah KKB di Ilaga Kabupaten Puncak, Papua bukan kali ini saja, sebelumnya sebanyak 16 bangunan dan rumah di Kampung Kimak, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua, hangus dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST).

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat itu mengatakan, insiden serangan dari KKB itu terjadi selama dua hari pada Selasa (5/4/2022) dan Rabu (6/4/2022). Dimana membakar rumah warga, terdengar bunyi letusan di kompleks pasar

Kendati demikian, lanjut Kamal, pasca serangan dua hari berturut-turut yang dilakukan KKB tidak ada korban jiwa baik dari warga maupun aparat keamanan.

"Korban jika tidak ada. Untuk rumah satu kawasan (yang dibakar)," sebutnya.

KKB juga sempat menebar teror dengan membakar rumah warga di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (6/4/2022). Sebanyak 8 rumah warga diduga dibakar KKB dalam aksi tersebut.

Polisi juga mengungkapkan, tak ada korban jiwa akibat serangan KKB tersebut. Aksi tersebut membuat warga ketakutan sehingga mengungsi ke Mapolres Puncak.

Wakil Kepala Operasi Damai Cartenz Komisaris Besar Faizal Ramadhani di Jayapura, Rabu (6/4/2022), mengatakan, pembakaran rumah dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Numbuk Telenggen alias Ali Kogoya.

"Pembakaran terjadi pukul 18.25 WIT. Polisi tiba di lokasi kejadian pukul 18.45," kata Faizal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.