Sukses

9 Fakta F1 Powerboat, dari Luhut Dimarahi Jokowi hingga Bisa Nonton di Warung

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gelaran F1 Powerboat, Liputan6.com telah merangkum fakta-fakta ajang F1 Powerboat yang akan digelar di Danau Toba.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar kejuaraan olahraga bergengsi tingkat dunia pada 2023. Setelah gelaran MotoGP di Mandalika, pada tahun ini Indonesia akan menggelar balap perahu super cepat atau F1 Powerboat di Danau Toba.

Indonesia telah menerima keketuaan ajang F1 Powerboat ini dari Uni Emirat Arab (UEA) pada Jumat 16 Desember 2022. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara langsung menerima keketuaan F1 Powerboat dari Persatuan Emirat Arab yang diwakili oleh Chairman Of Sharjah Commerce and Tourism Development Authority Negara Bagian Sharjah Mr. Khalid Al-Midfa.

Namun tak seperti MotoGP di Mandalika, persiapan gelaran F1 Powerboat di Danau Toba ini masih sepi promosi. Maka tak heran jika Presiden Joko Widodo atau jokowi menegur Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan karena kurangnya promosi.

Padahal gelaran ini sangat menarik karena tidak hanya bisa ditonton di venue saja tetapi juga di bukit dengan konsep piknik dan di warung-warung sekitaran Danau Toba. Selain itu harga tiketnya pun beragam atau ada yang tidak terlalu mahal.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gelaran ini, berikut ini Liputan6.com rangkum pada Sabtu (4/2/2023), fakta-fakta ajang F1 Powerboat yang akan digelar di Danau Toba:

1. Luhut 3 Kali Ditegur Jokowi

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengisahkan sempat ditegur oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal itu berkaitan denagn promosi ajang balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba.

Gelaran F1 PowerBoat sendiri akan dihelat pada 25-26 Februari mendatang. Sejumlah sponsor perusahaan nasional pun sudah bergabung mendukung acara ini.

"Perhelatan F1 PowerBoat di Danau Toba ini, tanggal 25-26 (februari) ini saya rasa perhelatan yang hebat," kata dia dalam Konferensi Pers, di Kantor Kemenko Marves, Kamis (2/2/2023).

"Presiden malah negur saya 3 kali ya, 'pak Luhut mana anunya (promosi), kurang itu promosinya, lebih bagus waktu di Mandalika', nah sekarang ini kita promosikan ini," sambungnya.

Padahal, gelaran kejuaraan balap perahu motor setara dengan kejuaraan balap motor atau MotoGP yang dihelat di Mandalika beberapa waktu lalu. Dia juga mewanti-wanti jajaran sponsor yang hadir dalam momen tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Boyong 7 Sponsor

Kejuaraan balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba digadang mampu jadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Dimana PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney menjadi panitia pelaksana utama gelaran ini.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo membidik di tahun 2023 ini jadi satu kebangkitan pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah Danau Toba yang bisa dilirik dunia internasional.

"Tentunya kami berbahagia hari ini untuk bisa menandatangani kerja sama dengan para sponsor. Tapi kami ingin menekankan bahwa effort F1H2O ini merupakan salah satu effort daripada kita untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang insyaaAllah bisa melejit ditahun 2023 ini," kata dia dalam Konferensi Pers di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (2/2/2023).

Tercatat ada 7 sponsor yang melakukan penandatanganan tersebut. Diantaranya, PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astraagro, Sinarmas, Musim Mas, Asosiasi Semen Indonesia. PT Mayora Indah menjadi sponsor utama, sehingga event ini diberin nama Kopiko F1 PowerBoat Lake Toba.

 

3 dari 9 halaman

3. Tiket Dijual Mulai 6 Februari 2023

Tiket gelaran balap perahu motor kelas dunia atau F1 PowerBoat di Danau Toba mulai dijual pada 6 Februari 2023. Nantinya, penjualannya akan dilakukan melalui platform resmi yang bekerja sama dengan PT Aviasi Pariwisata Indonesia alias InJourney.

Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney, Maya Watono, tengah mempersiapkan peluncuran penjualan tiket FI Powerboat. Dimana ada sekitar 25 ribu penonton yang ditarget untuk bisa menyaksikan ajang balap bergengsi di Danau Toba ini.

"Nanti tanggal 6 kita akan ada official launching di platform Loket," ungkapnya usai Konferensi Pers F1 PowerBoat di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (2/2/2023).

Kendati begitu, Maya belum mau mengungkap berapa besaran harga tiket yang dijualnya tersebut. Dia memastikan seluruh detail mengenai tiket itu akan diumumkan dalam momen peluncuran, 6 Februari 2023.

"Besok kita akan umumkan semua harga dan di mana lokasi-lokasinya (membeli tiket), termasuk official partner yang akan bekerjasama dengan kami. Jadi besok akan kita umumkan dan tanggal 6 akan kita launching di Loket," sambung Maya.

 

4 dari 9 halaman

4. Garuda Indonesia dan Citilink Tambah Penerbangan

Penerbangan ke Bandara Internasional Silangit dengan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink akan ditambah menyambut gelaran balap perahu motor atau F1H2O alias F1 Powerboat di Danau Toba. Gelaran itu akan berlangsung pada 25-26 Februari 2023 mendatang.

Rencana ini diungkap Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono. Penambahan penerbangan ini dilakukan untuk menambah akses dan konektivitas dari para wisatawan.

"Penerbangan per tanggal 22 sampai 28 (Februari 2023) akan kita tambah, Garuda, Citilink," kata dia usai Konferensi Pers di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (2/2/2023).

Dia mengungkap, penerbangan ke Bandara Silangit sebagai salah satu akses ke Danau Toba biasanya hanya 2-3 penerbangan per hari. Mengingat helatan F1 PowerBoat bertaraf internasional, dia mengantisipasi adanya lonjakan wisatawan ke Danau Toba.

"Karena biasanya bandara Silangit penerbangannya itu hanya 2-3 pesawat dalam sehari Maka nanti akan kita tambah sebanyak mungkin pada tanggal 22 sampai 28 untuk mengakomodir besarnya attendance yang datang," paparnya.

 

5 dari 9 halaman

5. Adhi Karya Dapat Tugas Bangun Parkir Container hingga Dermaga Wet Paddock

PT Adhi Karya (Persero) Tbk mempersiapkan pembangunan untuk pelaksanaan kejuaraan dunia F1 Powerboat yang berlokasi di Danau Toba, Sumatera Utara.

Pada 2023, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah dalam kegiatan kejuaraan dunia perahu super cepat tersebut yang diselenggarakan oleh Union Internasionale Motonautique dengan nama F1H2O.

Direktur Operasi I Adhi Karya A Suko Widigdo mengatakan, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk perseroan lantaran turut andil dibalik layar perhelatan event dunia pertama kali di Indonesia.

"Kami pastinya turut bangga karena ada di balik layar acara besar ini dan kami akan memberikan yang terbaik untuk mendukung acara ini," kata Suko, Jumat (2/3/2023).

Saat ini, Adhi Karya mendapat mandat untuk mengerjakan beberapa persiapan. Antara lain, lahan parkir container seluas 12 ha, dermaga wet paddock, plaza landscape, serta bangunan utilitas prasarana pendukung event di kawasan Toba.

Secara keseluruhan, progres pembangunan kawasan F1H20 Danau Toba sudah mencapai 88 persen. Kini tengah memasuki tahap finishing, dan direncanakan selesai pada Februari 2023.

 

6 dari 9 halaman

6. Rumah Warga Balige Dijadikan Homestay

Ajang F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba tinggal menunggu hari. Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Republik Indonesia untuk menyukseskan acara, termasuk penginapan.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuha. penginapan, rumah-rumah warga di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), bakal dijadikan homestay.

Langkah itu diambil karena keterbatasan penginapan di sekitar venue penyelenggaraan F1H20 Danau Toba yang berlangsung pada 24 hingga 26 September 2023, tepatnya di Kecamatan Balige.

Rumah yang dijadikan homestay akan berdampak positif dari sisi ekonomi kepada warga. Kejuaraan dunia balapan perahu cepat ini akan berlangsung di kawasan perairan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige.

Berdasarkan data, di Balige, Toba, terdapat 21 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 564. Hotel kawasan Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun, ada 11 dengan jumlah kamar 774, dan Kabupaten Samosir 4 hotel dengan jumlah kamar 261.

Jika dikaitkan dengan jumlah pengunjung yang akan menyaksikan langsung F1H2O mencapai 20 ribu orang, diperkirakan hotel-hotel di kawasan Danau Toba tidak mampu menampung.

Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksanaan Otoritas Danau Toba (BPODT), Jimmy B Panjaitan menjelaskan, pihaknya bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengedukasi dan melatih warga yang rumahnya akan dijadikan homestay.

"Kita (BPODT) lebih mengambil peran mendukung saja, promosi, kita bantu penyelenggaraan, side event, mendorong homestay ini," kata Jimmy, Jumat (3/2/2023) di Balige, Toba, Sumut.

 

7 dari 9 halaman

7. Tiket Rp 50 Ribu hingga Rp 500 Ribu

Penjualan tiket F1 Powerboat Lake Toba, di Sumatera Utara akan mulai dibuka pada 7 Februari secara online melalui Loket.com. Sebanyak 2.000 tiket F1 Powerboat untuk 2 hari yang berlaku pada 25 dan 26 Februari saat penyelenggaraan atau race venue.

"Untuk race venue kita memberikan 2 days pass tanggal 25 sampai 26 Februari jadi tidak per hari kita langsung membuka untuk days pass, dan ini hanya bisa dibeli di Loket.com akan kami buka di Selasa 7 Februari, itu saat kita akan membuka 2000 (tiket) di race venue," kata Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono dalam update penyelenggaraan ajang internasional F1 Powerboat Lake Toba, Jumat (3/2/2023).

Untuk harga 2 day pass di race venue ini dibanderol Rp 500 ribu, untuk lokasi menonton di lapangan Sisingamangaraja di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu.

Adapun untuk detailnya, untuk tiket di race venue dibagi menjadi 3 grand stand yakni Grand stand A, grand stand B, dan grand stand C.

Selain itu, juga akan dijual tiket untuk public viewing di Bukit Pagoda dengan harga Rp 50 ribu per 2 day pass. Khusus untuk public viewing mengusung tema piknik karena terletak di bukit dan menarik perhatian sehingga lebih banyak orang yang menonton.

"Dan di public viewing di Bukit Pagoda karena ini konsepnya lebih ke piknik, dan mengajak lebih banyak orang ke sini kita Rp 50 ribu untuk 2 days pass juga bisa dibeli di loket.com, ini dua venue yang berbeda," ujarnya.

Penjualan tiket public viewing sendiri dilakukan secara online dan offline. Untuk online disediakan 200 tiket yang dibuka tanggal 6 Februari. Sementara untuk offline rencananya akan dijual 1.000 tiket yang bisa dibeli tanggal 15 Februari di Bandara Silangit.

 

8 dari 9 halaman

8. Siapkan 30 Bus Angkut Penonton

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan menyediakan 30 bus untuk mengangkut penonton yang hendak menuju lokasi penyelenggaraan ajang balap F1 Powerboat di Danau Toba.

"Terkait transportasi ada 30 mobil bus yang dipersiapkan Kementerian Perhubungan ditambah dari Pemprov untuk penonton yang hadir di sana," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary, dalam konferensi pers update F1 Powerboat di Danau Toba, Jumat (3/2/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan program pariwisata InJourney Maya Watono, menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolda dan Kapolres setemlat untun mengatur lalu lintas saat penyelenggaraan F1 Power Boat 25-26 Februari mendatang.

"Untuk fasilitas transport kami juga berkoodinasi terus dengan Kapolda dan Kapolres mengenai lalu lintas, nanti ada beberapa fasilitas dari Kemenhub untuk membawa penonton ke drop off tidak bisa langsung ke race venue karena ini agak sulit lalulintasnya harus satu arah dan sebagainya," ujar Maya.

Adapun Maya mengungkapkan terdapat tiga tiga lokasi atau viewing point F1 Powerboat Lake Toba, di Sumatera Utara, pada 24-26 Februari mendatang.

Untuk viewing points pertama di Lapangan Sisingamangaraja di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu. Disediakan 2000 tempat duduk yang dibagi menjadi tiga tribun, yakni Grand stand A, grand stand B, dan grand stand C. Harga tiket di lokasi ini dijual Rp 500 ribu untuk dua hari (qualification day dan race day).

 

9 dari 9 halaman

9. Bisa Nonton di Warung

Viewing points kedua terletak di bukit Pahoda yang ditargetkan bisa menampung 1.500 penonton. Tiket yang dijual untuk lokasi ini sebesar Rp 50 ribu untuk dua hari (qualification day dan race day).

Maya menyebut pemandangan di bukit tersebut sangat bagus dan bisa melihat keseluruhan ajang balap F1 Powerboat. Selain itu, viewing points di Bukit Pahoda mengusung konsep piknik, karena pihaknya tidak menyediakan tempat duduk dan tribun tetapi bisa nonton di warung-warung.

"Memang ini konsepnya piknik, tapi bisa melihat race dari bukit Pahoda. Jadi Kami tidak menyediakan seat atau tribun tapi kami menyediakan Space dan juga food and beverage UMKM dan sebagainya. Ini mungkin piknik terbesar di Indonesia yang akan diadakan di Indonesia di bukit Pahoda sebanyak 1500 orang," jelasnya.

Terakhir, Viewing points ketiga terletak di Lapangan Mini Soposurung. Disini diadakan Toba Festival atau pesta rakyat yang akan menampilkan berbagai hiburan hingga parade produk-produk UMKM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.