Sukses

7 Brand Lokal Indonesia Bakal Tampil di New York Fashion Week, Mendag: Produk RI Tak Kalah Saing

Mendag mengatakan sangat tepat mengikuti New York Fashion Week, sebab ajang tersebut dilaksanakan di AS, yang merupakan tujuan ekspor nomor satu Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan 7 merek asal Indonesia akan mengikuti Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 dalam kegiatan New York Fashion Week (NYFW) yang akan diselenggarakan pada 13 Februari 2023.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sangat mendukung talenta desainer muda asal Indonesia yang hendak menampilkan karyanya di NYFW Februari mendatang. Menurutnya, karya desain muda tidak kalah saing dengan desain luar negeri.

"Kita ingin agar desain-desain muda yang karyanya tidak kalah dengan karya desainer dari mana pun, kita mempunyai keunggulan yang luar biasa. Tentu tidak akan diterima begitu saja tanpa ikhtiar dan promosi dari kita semua," kata Mendag dalam mediabriefing tentang keikutsertaan JMFW 2024 dalam kegiatan New York Fashion Week (NYFW) di Kementerian Perdagangan, Selasa (31/1/2023).

Adapun dalam gelaran NYFW nanti akan melibatkan 7 brand asal Indonesia, diantaranya Buttonscarves, KAMI, Zeta Prive, Anggia Mawardi, Lenny Hartono, Nada Puspita dan Ayu Dyah x BT Batik Trusmi. Nantinya, masing-masing brand tersebut akan mempersembahkan koleksi yang terdiri dari 10 look di dalam fashion show NYFW Autum/Winter 2023.

"Saya terimakasih kepada Buttoncarves kemudian Ayudiah Andari berkolaborasi dengan BT Batik Trusmi, kemudian AM by Anggiasari yang sudah punya buyer di Amerika, Zeta Prive, dan Lenny Hartono, Nada Puspita. Keren-keren dan muda-muda," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Ekspor Nomor 1 Indonesia

Mendag mengatakan sangat tepat mengikuti NYFW, sebab ajang tersebut dilaksanakan di Amerika Serikat, yang mana negara tersebut merupakan tujuan ekspor nomor satu Indonesia.

Dia percaya, dengan mengikuti NYFW maka produk fashion Indonesia bisa semakin dikenal, karena Amerika Serikat merupakan pusat modest dunia. Disisi lain, bisa memperluas jejaring bisnis, sehingga para desainer muda tersebut bisa mengembangkan usahanya.

"Kita ingin mendukung sekuat yang kita bisa walauun ga banyak agar karya-karya anak muda kita ini desainnya bisa mendunia. Kok new York Fasion week? selain event nya di kenal luas di dunia, Amerika itu tujuan ekspor kita nomor satu, penduduknya kaya-kaya dan menajdi pusat modest dunia, oleh karena itu kita ingin sekali teman-teman bisa ikut," ungkap Mendag.

 

3 dari 3 halaman

Masa Depan Cerah

Mendag optimis bahwa masa depan Indonesia di bidang fashion akan cerah. Lantaran, produk Indonesia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Hal itulah yang menjadi daya tarik dunia terhadap produk Indonesia.

"Kita punya masa depan yang cerah di bidang fashion ini saya kira, juga kita pernah pameran Jakarta Muslim Fashion week, penggemarnya luar biasa, juga ada Jakarta Fashion Week yang diikuti beberapa pemain kelas dunia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.