Sukses

Baru Diluncurkan 3 Minggu, Aplikasi KitaLulus Versi iOS Sudah Diunduh Puluhan Ribu Pengguna

Aplikasi KitaLulus kini telah tersedia di App Store. Sebelumnya, KitaLulus hanya tersedia di Play Store sehingga hanya pengguna Android saja yang dapat menggunakannya.

 

Liputan6.com, Jakarta Akhirnya, aplikasi KitaLulus kini telah tersedia di App Store. Sebelumnya, KitaLulus hanya tersedia di Play Store sehingga hanya pengguna Android saja yang dapat menggunakannya. Kini, pengguna iOS bisa menikmati berbagai fitur terbaik dari aplikasi pencarian kerja KitaLulus.

“Dengan adanya aplikasi KitaLulus versi iOS, diharapkan bisa menjangkau lebih banyak pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan,” ujar Stevien Jimmy, selaku Co-Founder PT KitaLulus Internasional.

Aplikasi KitaLulus Menjawab Kebutuhan Jobseeker

Peluncuran aplikasi KitaLulus versi iOS ternyata mendapat sambutan luar biasa dari para user. Hal tersebut dibuktikan dengan puluhan ribu user yang sudah mengunduh aplikasi ini dalam jangka waktu 3 minggu sejak peluncuran. 

“Setelah soft launching tanpa marketing sama sekali, aplikasi KitaLulus versi iOS sudah menjadi top 3 apps di App Store (Kategori Bisnis). Ini menunjukkan bahwa kebutuhan lowongan kerja memang sangat besar di Indonesia,” ungkap Stevien Jimmy.

Tingkat pengangguran di Indonesia memang tergolong tinggi. Meskipun Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa tingkat pengangguran terbuka per Agustus 2022 turun sebesar 5,86% dibanding data Agustus 2021, tetapi jumlahnya masih besar. Sebanyak 8,42 juta orang masih mencari kerja dan kebanyakan merasa kesulitan mendapatkan informasi loker.

Memiliki misi untuk membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia, PT Kita Lulus Internasional menciptakan aplikasi pencarian kerja dengan penggunaan yang mudah dan aman. Pada akhir 2020, di tengah pandemi Covid-19 di mana tingkat pengangguran meningkat karena adanya proses PHK yang tinggi, KitaLulus meluncurkan aplikasi versi Android di Play Store.

Kini, setelah sukses di versi Android, dengan 3.000.000+ lamaran pekerjaan di setiap bulannya dan bahkan diberikan penghargaan sebagai Aplikasi Terbaik versi Google Play tahun 2022, aplikasi KitaLulus akhirnya hadir untuk pengguna iOS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Canggih

Aplikasi KitaLulus Dilengkapi dengan Sistem Canggih

Sama seperti versi Android, aplikasi KitaLulus versi iOS juga dilengkapi dengan sistem profesional dan berteknologi canggih. Sistem ini digunakan untuk melakukan kurasi ketat terhadap perusahaan yang ingin memasang lowongan kerja di aplikasi KitaLulus.

Dengan begitu, KitaLulus menjamin bahwa pengguna akan terbebas dari modus penipuan perusahaan bodong yang kerap memasang loker palsu dan merugikan jobseeker.

KitaLulus dan komitmennya terhadap sistem keamanan aplikasi yang tinggi dibuktikan dengan janji untuk memberikan reward sebesar Rp1.000.000 bagi pengguna pertama yang menemukan loker penipuan di aplikasi.

Sistem Canggih Juga Hadir untuk HR dan Pemilik Bisnis

KitaLulus membuat sistem canggih dengan Asisten Artificial Intelligence (AI) untuk para HR dan pemilik bisnis. Asisten AI mempersingkat waktu skrining kandidat hingga 92% dengan merekomendasikan pelamar terbaik untuk pemberi kerja.

Biasanya para HR dan pemilik usaha mencari pelamar terbaik di antara ratusan pelamar secara manual dan ini dapat memakan waktu lebih dari 3 jam untuk setiap loker. Oleh karena itu, KitaLulus mengembangkan sistem canggih ini guna membuat pekerjaan perekrutan kandidat jadi lebih mudah.

“Waktu sangat berharga bagi pemilik bisnis dan HR. Dengan adanya Asisten AI ini, pemilik bisnis dan HR dapat fokus mengembangkan bisnisnya”, ujar Stevien Jimmy.

 

3 dari 4 halaman

Melamar Kerja Anti Ghosting

Aplikasi KitaLulus dapat menghubungkan para Pejuang Kerja dengan HRD perusahaan* via WhatsApp. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pelamar untuk berkomunikasi baik serta mengirimkan CV dan lamaran secara langsung kepada HRD. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir lamarannya diabaikan oleh perusahaan.

Para pengguna juga dapat memantau lamarannya dengan mudah karena terdapat notifikasi yang akan ter-update secara otomatis ketika lamaran diproses oleh perusahaan, baik itu saat lolos ke tahap interview, lolos, maupun ditolak.

Alhasil pelamar mendapatkan informasi secara real time dan mengurangi frekuensi  ghosting dari perusahaan seperti yang kerap terjadi di luar sana.

*Bagi HRD perusahaan yang menerima lamaran kerja via WhatsApp.

Pilihan Kategori Kerja yang Beragam

Hingga saat ini, KitaLulus telah dipercaya oleh lebih dari 70.000 perusahaan dari berbagai bidang dan industri dalam mencari karyawan berkualitas. Jumlah lowongan kerja aktif yang tersedia di dalam aplikasi pun berjumlah puluhan ribu dan tersebar di lebih dari 70 kota di Indonesia.

Lowongan kerjanya bervariasi, mulai dari lowongan kerja untuk SMA/SMK, fresh graduate S-1, hingga yang sudah berpengalaman. Selain itu, pengguna juga dapat mencari pekerjaan dengan sistem full time, part time, kontrak, remote working, freelance, atau internship untuk para mahasiswa aktif.

 

4 dari 4 halaman

Lamar Pekerjaan Impianmu di Aplikasi KitaLulus

Dengan peluncuran resmi aplikasi KitaLulus di Apple Store tentu saja menjadi kabar gembira bagi pengguna iOS. Setelah selama ini melamar kerja di KitaLulus hanya bisa melalui website, kini lebih mudah dengan berbagai fitur di aplikasi.

Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menginstal aplikasi KitaLulus di iPhone adalah sebagai berikut.

- Unduh aplikasi KitaLulus di Apple Store.

- Setelah terpasang di smartphone kamu, isi seluruh data profil dengan lengkap, mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, jenjang pendidikan, hingga riwayat pekerjaan.

- Jika data sudah di-update dengan baik, cari lowongan kerja yang kamu inginkan.

- Ketikkan nama posisi, nama perusahaan, atau kota domisili yang kamu ingin tuju.

- Nantinya kamu akan mendapatkan daftar lengkap lowongan yang bisa kamu lamar.

- Pilih posisi yang kamu inginkan, baca syarat yang ditentukan, lalu lamar jika kamu memenuhi kualifikasinya.

- Tunggu kabar dari HRD perusahaan terkait lamaran yang kamu submit. Sembari menunggu, kamu bisa gabung dengan berbagai komunitas di KitaLulus untuk mendapatkan tips mempersiapkan wawancara kerja.

Sebagai informasi, kamu bisa melakukan filter loker dengan mudah. Filter tersebut berupa jenjang pendidikan, jenis kelamin, bidang pekerjaan dan industri, hingga kisaran gaji yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah memilih posisi sesuai bidang dan preferensi.

Kini, aplikasi KitaLulus ada untuk semua versi, baik Android maupun iOS. Harapannya ini akan memberikan jobseeker kemudahan akses terhadap lowongan kerja yang aman. Wujudkan mimpi untuk mendapatkan karir impian bersama KitaLulus mulai sekarang!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.