Sukses

Cuma Kerja 3 Bulan, Mantan Bos Disney Kantongi Gaji Miliaran Sehari

Mantan Chief Corporate Affairs Disney, Geoff Morrell menerima gaji USD 8,3 juta selama tiga bulan bekerja untuk perusahaan hiburan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa eksekutif perusahaan ternama bisa mengalami penurunan dalam posisi mereka. Hal itu tak terkecuali bagi mantan Chief Corporate Affairs Disney, Geoff Morrell.

Melansir CNN Business, Rabu (25/1/2023) Morrell menjadi Chief Corporate Affairs Disney pada 24 Januari 2022. Namun jabatan itu tak dipegangnya dalam waktu lama.

Pada April 2022, Disney mengumumkan Morrell dimundurkan dari jabatannya. 

Meski hanya bekerja selama tiga bulan untuk Disney, gaji harian Morell mencapai USD 150 ribu atau Rp. 2,2 miliar (asumsi kurs Rp. 15.500 per dolar AS). The Wall Street Journal adalah media pertama kali melaporkan rincian paket gaji sang eksekutif di perusahaan hiburan ternama itu.

Laporan itu menyebut, gaji dan bonus Morrell menembus USD 8,3 juta atau sekitar Rp. 124 miliar selama tiga bulan dia bekerja (Januari - April 2022), dan masih diupah hingga 30 Juni 2022.

Sementara itu, seorang sumber di Disney mengungkapkan kepada CNN bahwa Morrell mendapat sekitar USD 2 juta (Rp. 29,8 miliar) dari nilai kompensasi yang diajukan yaitu USD 8,3 juta.

Hal itu dikarenakan, ada sejumlah pembayaran berbasis kinerja yang tidak pernah diberikan mengingat masa kerjanya yang singkat.

Tetapi jumlah penerimaan pesangon itu belum termasuk biaya lainnya.

Disney dikabarkan membeli rumah Morrell seharga USD 4,5 juta atau sekitar Rp. 67,3 miliar lantaran belum terjual hingga Oktober 2022 lalu. Tetapi biaya pembelianr rumah tersebut tidak terdaftar dalam paket kompensasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perpindahan Geoff Morrell

Selain rejeki nomploknya dari Disney, Geoff Morrell telah mendapatkan pekerjaan barunya. 

Awal bulan ini, Morell diangkat sebagai presiden unit strategi dan komunikasi global Teneo, sebuah firma penasihat CEO global.

Sebelum masa jabatan singkatnya di Disney, dia telah bekerja sebagai staf hubungan masyarakat untuk BP selama 11 tahun, 17 bulan terakhir dia menjabat sebagai wakil presiden eksekutif hubungan masyarakat dan advokasi.

3 dari 5 halaman

3 Jurus Berhemat dan Jadi Kaya Meski Gaji Pas-pasan

Konsisten menabung dan menghemat uang demi membangun kekayaan terkadang terasa sulit. Terlebih ketika memiliki penghasilan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski begitu, sebesar apa pun pendapatan sebaiknya harus tetap menyisihkan uang berapa pun nominalnya agar mampu menciptakan kekayaan.

Dalam hal ini, milenial berada di urutan belakang generasi sebelumnya untuk menciptakan kekayaan. Bahkan menurut data dari Survei Master Your Money Invest & Thrive dari Business Insider dan Insider Intelligence menunjukkan bahwa banyak yang percaya pendapatan mereka adalah penghalang terbesar.

Secara total, 41 persen dari 2.020 responden survei (milenial, didefinisikan sebagai usia 21 hingga 38 tahun) mengatakan bahwa mereka tidak berinvestasi dalam produk keuangan apa pun.

Dari kelompok itu — ukuran sampel 837 — setengahnya mengatakan satu hal yang akan menyebabkan mereka mulai berinvestasi adalah menghasilkan lebih banyak uang.

Memang, berinvestasi bukanlah keharusan bagi siapa pun, menurut perencana keuangan bersertifikat Eric Roberge. Akan tetapi, jika tidak berinvestasi di pasar saham itu berarti membuat Anda harus lebih bekerja keras menabung untuk mencapai kesejahteraan di masa tua atau ketika pensiun.

Responden yang memiliki tujuan keuangan — ukuran sampel 1.807 — 54 persennya mengatakan bahwa salah satu hambatan utama untuk mencapai tujuan adalah keterbatasan karier atau gaji.

Ketika ditanya apa yang paling membuat mereka percaya diri dalam menghadapi ketidakpastian keuangan, 28 persen dari total ukuran sampel 2.020 mengatakan gaji yang lebih tinggi, jawaban yang paling banyak dikutip di balik memiliki lebih banyak tabungan.

Jadi, melansir Business Insider, Jumat (23/12/2022), berikut ini tiga strategi yang bisa membantu menghemat lebih banyak uang meskipun penghasilan terlalu rendah.

4 dari 5 halaman

1. Sertakan tabungan dalam 'rencana pengeluaran'

Tabungan dan pengeluaran saling terkait. Perencana keuangan bersertifikat dan wakil presiden strategi perencanaan keuangan di People's United Advisors Zuzana Brochu bahwa setiap "rencana pengeluaran" harus dimulai dengan item baris untuk ditabung.

Jika Anda berpikir perlu mendanai rekening tabungan darurat atau berkontribusi ke rekening pension, tetapi Anda tidak merasa memiliki cukup pendapatan untuk melakukannya, coba balikkan proses berpikir itu. Mulailah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan yang tidak dapat dinegosiasikan (makan, perumahan, dll.) dan tambahkan jumlah tabungan, meskipun kecil.

Kurangi total dari penghasilan bulanan Anda. Dengan cara ini, tabungan diperlakukan seperti pengeluaran rutin dan Anda tidak akan merasa seperti menghabiskan uang untuk bersenang-senang nantinya.

Jika Anda tidak memiliki apa-apa atau berakhir dengan kerugian saat Anda menggunakan strategi ini untuk menghemat uang, mungkin inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali pengeluaran yang Anda anggap perlu. Kemungkinan ada ruang untuk melakukan beberapa pemotongan anggaran pengeluaran.

2. Mengotomatiskan tabungan dan investasi

Transfer dan penyetoran otomatis adalah dua alat terbesar dalam pengelolaan uang modern.

Putuskan satu kali dan kemudian lakukan secara berkala, misalnya kapan harus menabung dan berapa banyak yang harus dihemat.

Idealnya, Anda dapat mengatur pemotongan langsung dengan penyedia penggajian Anda untuk menyetor sebagian dari setiap gaji ke rekening pensiun. Jika itu tidak memungkinkan, atur agar ada transfer secepat mungkin setelah gaji Anda masuk ke rekening giro. Dengan begitu, Anda tidak memiliki kesempatan untuk membelanjakan uang terlebih dahulu.

Jika Anda sedang membangun cadangan kas, gunakan strategi yang sama dengan rekening tabungan Anda .

 

5 dari 5 halaman

3. Buatlah rencana saat dapat rejeki nomplok

Jika Anda cukup beruntung untuk mendapatkan bonus tahunan atau triwulanan, atau warisan, ini adalah peluang sempurna untuk menambah tabungan.

Terkadang rejeki nomplok terjadi secara tidak terduga. Luangkan beberapa menit dari sekarang untuk memikirkan cara terbaik menggunakan uang tersebut yang mungkin Anda peroleh dalam enam hingga 12 bulan ke depan.

Mungkin setengahnya akan langsung masuk ke rekening tabungan atau investasi dan setengahnya akan digunakan untuk membayar tagihan di muka, atau bahkan perayaan.

Bagaimanapun Anda memutuskan untuk memecahnya, memiliki rencana sebelum uang masuk ke saku Anda diharapkan akan mengurangi godaan untuk menghabiskan uang dengan sembrono.

Merupakan hak istimewa untuk mendapatkan rejeki nomplok finansial, jadi lakukan apa yang Anda bisa untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.