Sukses

Peternak Mengeluh, Harga Ayam Anjlok di Bawah Harga Produksi

Kelompok peternak dari Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) menyebut harga ayam hidup terus mengalami penurunan sejak 26 Desember 2022 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok peternak dari Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) menyebut harga ayam hidup terus mengalami penurunan sejak 26 Desember 2022 lalu. Kondisi yang berlanjut hingga saat ini, disebut belum mendapati solusi yang tepat.

Ketua KPUN Alvino Antonio menuturkan kalau para peternak ayam mandiri banyak yang kesulitan imbas dari murahnya harga ayam di tingkat peternak. Sehingga, mengganggu usahanya masing-masing.

Mengutip salinan surat permohonan penyerapan ayam ke Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga ayam hitup sempat menyentuh Rp 15.000 per kilogram di Jawa Tengah. Dampaknya meluas ke harga di Jawa Barat yang menyentuh Rp 17.000 per kilogram.

Padahal, harga pokok produksi (HPP) di peternak mandiri berkisar Rp 19.500-20.500 per kilogram. Artinya, ada kerugian antara Rp 2.000-5.000 yang dialami peternak ayam mandiri tersebut.

"Harga di bawah HPP ini bertahan hingga saat ini, jadi, Jawa Tengah ini tsunami ayam broiler yang berdampak bagi wilayah lain, terutama ayam yang disuplai ke Jabodetabek. Penurunan harga dibawah HPP sudah terjadi cukup lama," paparnya kepada Liputan6.com, Sabtu (21/1/2023).

Sementara itu, mengutip Panel Harga Badan Pangan Nasional, harga ayam ras hidup secara rata-rata nasional sebesar Rp 20.700 per kilogram. Harga paling rendah terjadi di Sumatera Selatan dengan Rp 17.150 per kilogram, dan harga tertinggi ada di Kalimantas Selatan dengan Rp 29.500 per kilogram.

Kemudian, untuk harga telur ayam ras secara rata-rata nasional Rp 24.420 per kilogram di tingkat produsen. Harga tertinggi ada di Sulawesi Utara dengan Rp 29.000 per kilogram dan terendah di Sumatera Utara dengan Rp 22.720 per kilogram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak yang Gulung Tikar

Sekelompok peternak dari Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) masih mengeluhkan rendahnya harga jual ayam di pasaran. Harga ini mempengaruhi pendapatan para peternak mandiri, hingga terpaksa untuk gulung tikar.

Ketua KPUN Alvino Antonio menerangkan, penurunan harga terjadi sejak awal tahun, termasuk sejak dia dan kelompoknya menggelar aksi demonstrasi di Kementerian Perdagangan. Pasca aksi tersebut, Alvino diminta bersurat sebagai permohonan audiensi, hanya saja hingga saat ini tak kunjung berbalas.

"Kondisi peternak mandiri UMKM hari ini semakin menderita karena 4 hari setelah demo harga ayam setiap hari turun terus, peternak banyak yang bangkrut," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (21/1/2023).

Dia menyebut sudah ada ribuan peternak yang bangkrut karena masalah ini. Utamanya karena masalah serupa terjadi berangsur-angsur hingga akhirnya terus mengikis jumlah peternak mandiri.

"Sejak 10 tahun kebelakang sudah ribuan peternak mandiri yang bangkrut," kata dia.

Alvino menyebut, saat ini harga ayam hidup terus mengalami penurunan, bahkan di Jawa Tengah telah menyentuu Rp 15.000 per kilogram. Kendati harga telur ayam masih berada di posisi yang cukup stabil sesuai dengan Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 Tahun 2022.

Turunnya harga ini, disebut jadi sebab banyaknya peternak yang bangkrut. Sebab, harga jual yang lebih rendah dari harga pokok produksi.

"Karena harga jual ayam hidup dikandang lebih sering di bawah harga pokok produksi peternak UMKM mandiri," terangnya.

 

3 dari 4 halaman

Tuntutan

Alvino sebelumnya mengungkapkan tingkat kerugian dari para peternak mandiri secara kolektif mencapai Rp 3,2 triliun di 2022. Sederet tuntutan juga disebut sudah disampaikan ke Kemendag dan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Ada 3 poin inti yang jadi tuntutan Alvino dan kelompoknya. Pertama, tegakkan Perbadan No 5 Tahun 2022 tentang Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras. Kedua, beri sanksi bagi yang melanggar Perbadan Nomor 5 Tahun 2022.

"Ketiga, Membuka jalan agar produk olahan peternak mandiri UMKM bisa disalurkan ke perusahaan BUMN atau negara seperti garuda indonesia, pelni, KAI, hotel-hotel BUMN, perusahaan tambang, perusahaan daerah darma jaya, bansos dan lain-lain," terangnya.

"Dan juga menyalurkan ke luar pulau jawa karena diluar pulau Jawa khusunya Indonesia timur, harga daging ayam stabil tinggi minimal Rp 45.000 per kg," pungkas Alvino Antonio.

 

4 dari 4 halaman

Janji Mendag

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menanggapi keluhan peternak ayam mandiri soal kerugian hingga Rp 3,2 triliun sepanjang 2022. Guna menindaklanjuti hal itu, Mendag akan memanggil pengusaha terkait.

Diketahui, Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) mengeluhkan kerugian kolektif tersebut. Di sisi lain, peternak ayam juga mengeluhkan anjloknya harga ayam di awal tahun ini.

Mendak Zulkifli Hasan menegaskan akan memanggil pengusaha terkait. Tujuannya mencari jalan tengah atas persoalan yang terjadi.

"Oh iya nanti kita tindak lanjuti, kita undang pengusaha-pengusaha terkait, seperti kemarin," kata dia saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Selasa (10/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.