Sukses

Erick Thohir: Mimpi Jadi Wirausaha Tak Bisa Diremehkan

Menteri BUMN Erick Thohir menyinggung soal pentingnya mimpi untuk menjadi wirausaha

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menyinggung soal pentingnya mimpi untuk menjadi wirausaha. Dia nenyebut kalau mimpi itu tak bisa diremehkan.

Pasalnya, satu mimpi untuk menjadi wirausaha bisa menjadi kekuatan besar ketika terwujud nantinya. Apalagi, dengan bersatunya kekuatan lainnya.

Poin ini, jadi satu hal yang dikutip Erick Thohir dari mendiang ayahanda, almarhum H Muhammad Thohir. "Kita tidak boleh menganggap remeh mimpi kita. Karena apabila mimpi kita diwujudkan, itu bisa menjadi kekuatan yang besar pengaruhnya," kata dia dalam sambutanny secara virtual di Talenta Wirausaha BSI 2023, Kamis (19/1/2023).

"Terlebih lagi ketika mimpi-mimpi yang lain juga ternyata berjodoh dengan mimpi kita. Maka dampak kekuatannya bisa jadi lebih besar lagi," sambung Erick.

Sebagai contoh, ketika satu orang menjadi wirausaha, lalu bisa bertemu dengan wirausahawan lainnya, maka ada peluang untuk kerja sama atau bermitra. Selain itu, ketika berhasil membuka usaha, dan bertemu dengan orang yang ingin bekerja, bisa mewujudkan satu ekosistem usaha.

"Seperti ketika kita punya mimpi menjadi wirausaha itu akan bertemu mimpi orang lain yang ingin bekerja sama, atau bermitra atau mimpi generasi muda yang ingin bisa bekejra, sehingga dari satu mimpi saya dapat membangun kekuatan bersama," urainya.

Lebih jauh lagi, Erick memandang kalau perhatian terhadap wirausaha ini bisa menjadi satu cara mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indoneisa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merdeka Berdaulat

Salah satu muaranya, kata Erick Thohir, adalah membuat Indonesia menjadi bangsa yang merdeka berdaulat. Titik beratnya ada pada kekuatan wirausaha yang tercipta.

"Visi untuk memperkuat dan mencetak wirausaha lokal kebih banyak, juga sejalan dengan cita-cita kita untuk mengisi kemerdekaan yang kita punya, dengan menjadikan Indonesia yang merdeka berdaulat," bebernya.

"Yaitu Indonesia yang dari dalam negeri saja sudah kompak dan kuat sebab wirausahanya maju, mampu bekerja sama dan menggarap manfaat pasar Indonesia untuk kembali memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia," pungkas Erick Thohir.

 

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Ingin Dikenang Jadi Pengusaha

Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan dirinya dikenang sebagai seorang pengusaha di masa depan. Baginya, label itu dikatakan lebih bermanfaat untuk negara.

Hal ini diungkapkannya usai menghadiri peluncuran buku biografi dirinya dengan judul '(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir'. Dia mengaku lebih senang disebut sebagai seorang pengusaha atau entrepreneur.

"Saya selalu bangga sebagai seorang entrepreneur," kata dia, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

 

4 dari 4 halaman

Peran Penting

Erick yang memiliki latar belakang pengusaha sejak muda ini mengisahkan kalau pengusaha memiliki peran penting dalam membangun bangsa. Apalagi label suatu negara disebut sebagai negara maju ada pada jumlah pengusahanya.

"Karena dalam memabngun sebuah bangsa kita bisa lihat negara-negara maju itu ketika jumlah pengusahanya itu banyak, kurang lebih kaya Singapura itu 9 persen dari total penduduk, kita itu masih 3 persen," ujarnya.

Berdasar pada itu, Erick menginginkan jika Indonesia menuju ke kelas negara maju, maka perlu lebih banyak pengusaha. Alasannya, pembukaan lapangan kerja tak bergantung pada kebijakan dari pemerintah pusat semata.

"Karena itu pihak swasta, pihak dsripada perushaaan-perusahaan kecil-kecil itu jadi sumber penyerapan tenaga kerja, jadi kita harus mendorong sebanyak-banyaknya," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.