Sukses

Landasan Bandara Halim Perdanakusuma Terkelupas, 40 Menit Kelar Diperbaiki

Bandara Halim Perdanakusuma pernah direvitalisasi pada awal 2022 lalu. Salah satu yang diperbaiki adalah landasan pacu atau runway.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) langsung gerak cepat memperbaiki landasan pacu di Bandara Halim Perdanakusuma yang terkelupas. Menyusul, informasi tersebut yang terjadi pada Senin, 16 Januari 2023 lalu.

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Darat Mokhamad Khusnu menerangkan informasi itu didapat pada Senin, 16 Januari 2023, pukul 08.05 WIB pagi. Pengelupasan landasan pacu terjadi di sisi selatan.

"Segera setelah diterima laporan langsung dilakukan pembersihan dan koordinasi antara pihak terkait termasuk kontraktor, khususnya untuk persiapan material dan peralatan untuk perbaikan," ujar dia dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Dia menuturkan, perbaikan itu dilakukan sekitar 40 menit sejak penerimaan laporan soal kerusakan landasan pacu. Sehingga pada pukul 8.45 WIB kemarin, landas pacu telah kembali beroperasi kembali.

"Dirjen Perhubungan Udara meminta agar semua stakeholder penerbangan selalu mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, serta selalu meningkatkan pelayanan guna kenyamanan para pengguna jasa transportasi udara," pintanya.

Berdasarkan catatan Liputan6.com, Bandara Halim Perdanakusuma pernah direvitalisasi pada awal 2022 lalu. Salah satu yang diperbaiki adalah landasan pacu atau runway.

Secara umum, revitalisasinya melingkupi penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama, renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Penerbangan Internasional

Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur kembali dibuka untuk penerbangan dari luar negeri. Penerbangan dari dan ke luar negeri yang dilayani Bandara Halim Perdanakusuma ini adalah untuk kepentingan penerbangan tidak berjadwal dan bukan niaga luar negeri.

Hal ini tertuang dalam Addendum SE No.25 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19 pada Senin, 24 Oktober 2022.

"Setelah melakukan perbaikan dan renovasi untuk memaksimalkan pelayanan bandara internasional, Bandara Halim Perdanakusuma siap menerima kembali penerbangan angkutan udara niaga tidak berjadwal dan bukan niaga luar negeri," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Selasa (25/10/2022).

Sebelumnya, menurut SE No. 25 Tahun 2022, hanya terdapat 15 pintu masuk internasional yakni Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, Bandara Ngurah Rai, Bandara Hang Nadim, Bandara Sam Ratulangi, Bandara Zainuddin Abdul Madjid, dan Bandara Kualanamu.

Selain itu juga Bandara Sultan Hasanuddin, Bandara Yogyakarta, Bandara Sultan Iskandar Muda, Bandara Minangkabau, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Bandara Kertajati, dan Bandara Sentani.

Meskipun begitu, pemerintah menegaskan bahwa penerbangan internasional yang beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma hanya bagi peraturan penerbangan tidak berjadwal dan bukan niaga luar negeri.

Penerbangan yang dimaksud adalah untuk medical evacuation, VIP Flight, dan penerbangan pribadi untuk kebutuhan bisnis dan investasi.

"Hal ini dilakukan demi pemulihan ekonomi nasional yang maksimal khususnya kepada angkutan udara yang tidak berjadwal dan bukan niaga" ujar Wiku.

3 dari 3 halaman

Diresmikan Jokowi

 

Sebelumnya, Bandara Halim Perdanakusuma selesai direvitalisasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan terminal VVIP bandara tersebut. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus tinjauan singkat di terminal baru ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, desain terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma mengusung kearifan lokal dengan sentuhan modern. Terminal baru VVIP ini akan menambah kepercayaan diri Indonesia sebagai tuan rumah ketika menyambut tamu-tamu penting negara dalam Presidensi Indonesia pada KTT G20.

"Bangunan ini tidak besar tetapi tetap cantik dan nyaman untuk ruang tunggu tamu-tamu penting negara. Kami dibantu rekan-rekan arsitek untuk mendesain dengan nuansa tradisional. Ruangan-ruangan di dalam terminal diberi nama Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Ini menunjukkan Pandawa Lima adalah suatu representasi budaya Indonesia," tutur Menhub dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.