Sukses

Website Magenta BUMN Tak Bisa Diakses Saat Pendaftaran Dibuka, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah membuka program magang bagi mahasiswa dan fresh graduate tahun ini. Program magang tersebut bernama Magang Generasi Bertalenta atau Magenta BUMN.

Namun berdasarkan pantauan Liputan6.com pada Selasa hari ini, (17/1), situs resmi MAGENTA BUMN tidak bisa diakses. Saat dibuka, website dengan alamat magenta.fhcibumn.com itu mengatakan "Sedang Dalam Pemeliharaan".

"Terima kasih atas antusiasmenya. Saat ini Web sedang kami perluas kapasitasnya untuk memberikan kesempatan mendaftar yang lebih baik kepada seluruh peserta MAGENTA," tulis laman magenta.fhcibumn.com, dikutip Selasa (17/1/2023).

Di sisi lain, pendaftaran MAGENTA BUMN sudah dibuka sejak Senin 16 Januari 2023, sampai dengan 22 Januari 2023. Adapun jadwal seleksi dan pengumuman MAGENTA BUMN ditetapkan pada 23 Januari - 27 Januari 2023.

Errornya laman website pendaftaran MAGENTA BUMN membuat akun Instagram FHCI BUMN dibanjiri komentar warganet. Mereka terlihat mulai mengeluhkan masalah tersebut sejak 20 jam lalu.

"Downnya lebih parah dari pada rekrutmen bersama BUMN batch 1 dan 2 yg masih bisa diakses setiap beberapa saat. Nah ini sama sekali gak masuk ke halamannya," ujar seorang pengguna Instagram. 

"Sabar guys kalo ga bisa dibuka berarti yang buka websitenya overload, coba buka di jam lain," ucap warganet lain.

"Webnya error yaa Min?, sedang dalam pemeliharaan yaa?, dari kemarin malam belum bisa dibuka," tanya mereka.

2 dari 4 halaman

Sudah Dibuka, Daftar Program Magang MAGENTA BUMN di magenta.fhcibumn.com

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan telah membuka pendaftaran program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) di lingkungan kementeriannya.

Pendaftaran MAGENTA BUMN dapat diakses melalui link https://magenta.fhcibumn.com.

Registrasi MAGENTA BUMN dijadwalkan pada 16 Januari sampai dengan 22 Januari 2023, serta seleksi dan pengumuman ditetapkan pada 23 Januari - 27 Januari 2023.

"Pendaftaran Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN sudah resmi dibuka," tulis akun Instagram FHCI BUMN, dikutip Selasa (17/1/2023).

Sebagai informasi, MAGENTA BUMN merupakan program magang terpadu bagi mahasiswa dan fresh graduate agar dapat mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di dunia perkuliahan. serta merasakan langsung pengalaman bekerja di BUMN dengan budaya kerja AKHLAK yang profesional, jelas FHCI BUMN.

"Selain mendapatkan peluang mengembangkan soft skill dan hard skill, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat eksklusif yang ditandatangani oleh Menteri BUMN dan Ketua Umum FHCI, loh Sob," tulisnya. 

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa program MAGENTA BUMN merupakan salah satu upaya membuka peluang yang luas bagi generasi muda di Indonesia.

"Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN merupakan upaya dari Kementerian BUMN untuk membuka ruang seluas-luasnya bagi generasi muda dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan pembangunan ke depan, dengan teribat dan merasakan langsung budaya keria AKHLAK vang profesional di BUMN," kata Erick Thohir, dalam unggahan terpisah FHCI BUMN di Instagram.

3 dari 4 halaman

Harapan BUMN dengan Kehadiran Program Magang MAGENTA

Adapun Deputi Bidang SDM, Teknologi dan informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata yang mengatakan bahwa "MAGENTA sUMN meniadi salah satu cara untuk menjawab tantangan link and match antara dunia industri dan dunia pendidikan. Program ini juga diharapkan memberikan magang experience yang lesih baik melalui sistem informasi digital yang terintegrasi, serta memberikan peserta kesempatan untuk balajar, bertumbuh, dan berkontribusi untur Indonesia".

"Transformasi SDM merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, program MAGENTA BUMN hadir dengan harapan menjadi sarana bagi para mahasiswa dan fresh graduates untuk dopat mengembangkan kapasitas dirinya, baik dari aspek soft skill maupun hard skill serta memperoleh experience berkarya," kata Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar. 

4 dari 4 halaman

Lowongan Kerja 2023 BUMN di Taspen, Intip Posisi dan Kualifikasinya

Lowongan kerja 2023 di BUMN kali ini datang dari PT Taspen (Persero). Perusahaan asuransi ini membuka peluang berkarier bagi lulusan S1 berpengalaman.

Mengutip informasi dari laman karier perusahaan di rekrutmen.taspen.co.id, Senin (16/1/2023), PT Taspen buka lowongan pekerjaan untuk posisi Legal Division Head dan Accounting Division Head. Akan tetapi, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pelamar jika ingin mengisi posisi tersebut.

Sebelum mengetahui kualifikasinya, sekilas mengenai perusahaan, PT Taspen (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bdiang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara.

Bagi yang tertarik bergabung dengan perusahaan asuransi ini dan memenuhi persyaratan, silakan mendaftarkan diri melalui laman karier perusahaan.

Adapun kualifikasi lowongan kerja yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia;

2. Pendidikan Minimal Strata 1 (S1);

3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;

4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai/Karyawan di suatu Instansi, baik Instansi Pemerintah maupun Instansi Swasta;

5. Tidak memiliki catatan kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);

6. Tidak memiliki hubungan sebagai berikut:

a. Ayah/ibu/anak/adik/kakak/menantu dengan Direksi dan Dewan Komisaris PT TASPEN (Persero);

b. Anak/menantu dari Karyawan PT TASPEN (Persero) yang masih memiliki masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun dari Batas Usia Pensiun (BUP) saat penerimaan Karyawan;

c. Adik/kakak dari Karyawan PT TASPEN (Persero).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.