Sukses

Mendag: Setelah Maret 2023, Tak Boleh Lagi Impor Beras

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan panen padi perdana tahun 2023 di sawah agro wisata organis Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan panen padi perdana tahun 2023 di sawah agro wisata organis Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Zulkifli Hasan yang juga Menteri Perdagangan tersebut menerangkan panen di Kota Bogor ini baru panen awal.

"Panen di Mulyaharja Kota Bogor ini adalah awalan, kita baru akan panen raya perkiraan Maret nanti," jelas Menteri yang akrab disapa Zulhas saat panen didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Sabtu (14/1/2022)

Untuk itu lanjut Zulhas, pemerintah telah menetapkan batas terakhir impor beras adalah Maret.

"Setelah maret, saat sudah panen raya tidak boleh lagi impor beras," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional tersebut.

Kepada Bima Arya, Zulhas pun memuji karena di Kota Bogor masih ada agro eduwisata organik Mulyaharja yang tidak hanya mendukung ketahanan pangan namun juga bisa menjadi objek wisata serta perdagangan produk lokal.

"Ini indah sekali, bersyukur kita di Kota Bogor ada surga tempat seindah agro eduwisata Mulyaharja,"

"Di sini ada sawah, ada kebun sayur mayur, ada kolam ikan, buah-buahan, bahkan ada juga coffeeshop dan produk kreatif sepatu karya warga lokal," pungkasnya.

Giatkan Olahraga, Zulkifli Hasan Birukan Lapangan Sempur Bogor Lewat Senam Sehat

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senam Sehat

Zulhas sendiri sebelumnya datang ke acara Senam Sehat Birukan Langit Indonesia di Lapangan Sempur Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023), pagi.

Zulhas mengatakan Senam Sehat Birukan Langit Indonesia merupakan kampanye gaya hidup sehat, terutama dengan melakukan aktivitas olah raga senam untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, sekaligus kampanye lingkungan hidup.

“Birukan Langit Indonesia, kita alam yang satu, bumi yang satu mesti dijaga, lingkungannya (dan) kebersihannya. Ini penting karena jika lingkungannya bagus, alamnya sehat, orangnya juga olahraga sehat semuanya bahagia dan tentu itu menghemat cost dan kita menjadi produktif,” ujar Zulhas di Lapangan Sempur Kota Bogor.

Saat menghadiri konser Birukan Langit, tampak Zulhas yang memakai topi dan baju dengan nomor urut 12 itu sangat antusias berolahraga mengikuti gerakan instruktur sambil sesekali menyalami dan berswafoto bersama warga Kota Bogor.

Gaya hidup sehat, menjadi salah satu konsen dari Partai Amanat Nasional. Untuk mengajak masyarakat bergaya hidup sehat, PAN menginisiasi kampanye hidup sehat dengan senam bersama warga.

 

 

3 dari 4 halaman

Panen Februari 2023, Mendag Janji Beli Beras Petani Berapa pun Harganya

Petani padi bakal memasuki musim panen beras pada Februari 2022 mendatang. Setelahnya, pemerintah komitmen menyerap hasil panen secara optimal untuk pemenuhan stok cadangan beras pemerintah (CBP).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk menyerap hasil panen beras petani, berapa pun harganya.

"Berapa pun ada. Berapa saja hasil, asal ada barangnya dibeli. Dan, dengan harga tinggi, bukan harga murah. Jadi kalau beras harga di pasar Rp 10.000 (per kg), Bulog akan beli Rp 10.000, tapi jualnya tetap Rp 8.200 (per kg)," ujarnya di Kabupaten Tangerang, Kamis (12/1/2023).

Untuk beras medium, pemerintah sendiri disebutnya sudah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) Rp 9.450 per kg.

"Nanti ada pedagang, pengecer, harga paling tinggi jualnya Rp 9.450 (per kg). Jadi ada subsidi (kompensasi untuk Bulog). Kalau Bulog belinya Rp 11.000 (per kg), jualnya tetap segitu," kata Mendag.

Mendag menyebut, pemerintah sendiri sudah merubah ketentuan soal penyerapan harga gabah dari tingkat petani. Bila tadinya sesuai harga tertinggi, maka sekarang dibeli dengan harga terendah.

"Sekarang beli beras itu sudah dirubah aturannya. Dulu kan Bulog beli gabah harga paling tinggi. Jadi harga paling tinggi Rp 4.450 (per kg). petaninya miskin dong, marah dong orang. Beli beras harga paling tinggi Rp 8.200 (per kg). enggak impor juga marah, wong harganya murah," urainya.

"Sekarang udah diubah atas usulan kemendag, presiden perintahkan langsung, Bulog beli gabah bukan paling tinggi, paling murah Rp 4.450 (per kg). Jadi bisa beli Rp 5-6 ribu (per kg), terserah," pungkas Mendag.

4 dari 4 halaman

Harga Beras Masih Tinggi, Mendag: Impor Baru Masuk 70.000 Ton

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan angkat bicara soal harga beras yang masih terpantau tinggi, meskipun Perum Bulog telah melaksanakan impor beras mulai Desember 2022.

Mendag mengatakan, jumlah impor beras yang turun ke pasaran baru sekitar 70.000 ton untuk operasi pasar.

"Nah ini yang baru masuk 70.000 ton, kita kasih kesempatan sampai Januari. Berapa yang masuk, dihabisin terus untuk operasi pasar," ujar Mendag Zulkifli Hasan saat berkunjung ke PT Long Teng Iron and Steel Product di Kabupaten Tangerang, Kamis (12/1/2023).

Kendati begitu, ia menyatakan harga beras medium di pasar induk beras kini masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yakni tidak berada di atas Rp 9.450 per kg. Stok cadangan beras pemerintah (CBP) itu didapat langsung dari gudang Bulog.

"Tapi kalau ibu-ibu yang ingin harga Rp 9.450 (per kg), dimanapun di mana aja ada dari Bulog, tapi yang medium," imbuh Mendag.

"Memang yang premium ini tidak naik (harganya), tapi tidak turun. Ini kita coba banjiri lagi, mudah-mudahan bisa turun," tegas dia.

Adapun sebelumnya, Perum Bulog mengklaim telah menyelesaikan proses impor beras 500 ribu ton hingga Februari 2023, dimana 200 ribu ton di antaranya sudah keluar dari negara asal di akhir 2022. Namun rupanya, kebijakan itu belum sukses menurunkan harga beras yang masih tinggi di pasaran.

Sekjen Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) Ngadiran mengatakan, harga beras baik medium maupun premium saat ini masih terus melonjak.

"Untuk hari ini harga masih bertengger, belum turun stabil. Harga beras juga cukup lumayan, yang medium naik Rp 700-800 per kg, premium naik sampai dengan Rp 1.000 per kg," ujarnya kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.