Sukses

Tak Teruskan Bisnis Keluarga, Cucu Pendiri Raksasa Properti Hong Kong Pilih Jalan Karier Sendiri

Fung yang kini berusia 41 tahun ini merupakan salah satu cucu dari pedagang saham legendaris Fung King Hey, salah satu dari "Three Musketeers”, bersama dengan Lee Shau Kee dan Kwok Tak Seng yang ikut mendirikan Sun Hung Kai Properties di Hong Kong, salah satu perusahaan pengembang properti berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cucu dari pedagang saham legendaris Fung King Hey yang bernama Joseph Fung memberanikan diri untuk memilih jalan karier sendiri. Dia memilih untuk berjuang sendiri demi membangun bisnis yang berfokus pada industri yang sama sekali tidak berkaitan dengan ilmu kehidupan.

Fung yang kini berusia 41 tahun merupakan salah satu cucu dari pedagang saham legendaris Fung King Hey, salah satu dari "Three Musketeers”, bersama dengan Lee Shau Kee dan Kwok Tak Seng yang ikut mendirikan Sun Hung Kai Properties di Hong Kong, salah satu perusahaan pengembang properti berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Kesadaran inilah yang memberi Joseph keberanian untuk memetakan jalannya sendiri. Sementara keturunan Lee Shau Kee dan Kwok Tak Seng bertahan di real estat, Joseph mencoba mengukir namanya sendiri sebagai investor yang berfokus pada industri yang sama sekali tidak terkait dengan ilmu kehidupan.

“Ada tingkat kerendahan hati yang tinggi yang perlu diintegrasikan,” kata Joseph dalam sebuah wawancara seperti melansir Forbes, Senin (9/1/2023).

“Hanya karena Anda memiliki pengetahuan di satu sektor, tidak berarti Anda dapat dengan mudah bertahan atau bahkan maju hanya dengan modal murni di sektor lain.” kata dia.

Dia menambahkan, “Saya pikir itu sangat penting karena kadang-kadang ketika Anda tumbuh dengan sendok perak, Anda berpikir bahwa Anda dapat memanfaatkan modal itu untuk memastikan bahwa Anda memiliki hegemoni untuk terus menjadi pemain pasar terbesar di sektor itu.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berdirinya Sung Hung Kai Properti

Didirikan pada tahun 1963, Sun Hung Kai Properties bersama-sama mengembangkan dua gedung pencakar langit tertinggi di Hong Kong—Pusat Perdagangan Internasional dan Pusat Keuangan Internasional—serta properti lainnya termasuk hotel Four Seasons dan hotel Ritz-Carlton.

Pada tahun 1972, Sun Hung Kai Properties terdaftar di Hong Kong dengan kapitalisasi pasar HK USD 400 juta. Kapitalisasi pasarnya sekarang lebih dari HK USD 300 miliar (sekitar USD 40 miliar), menjadikannya perusahaan Hong Kong terbesar kedua di bursa saham kota setelah operator terdaftarnya, Hong Kong Exchanges & Clearing.

Setahun setelah IPO Sun Hung Kai Properties, Lee Shau Kee memulai pengembang properti lainnya, yaitu Henderson Land. Pada 2019, dia mengundurkan diri dari menjalankan perusahaan dan menyerahkan kendali kepada kedua putranya, Peter dan Martin, menjadikan mereka sebagai ketua bersama.

Sementara itu, beberapa anak dan cucu mendiang Kwok Tak Seng, yang meninggal pada tahun 1990 pada usia 79 tahun, ialah direktur Sun Hung Kai Properties, termasuk ketua Raymond (putra bungsu Kwok Tak Seng) dan putranya Edward dan Christopher .

Adapun Fung King Hey, dia meninggalkan Hong Kong ke Kanada pada tahun 1967 ketika kerusuhan pro-Komunis yang mematikan mengguncang Hong Kong. Saat itu merupakan koloni Inggris.

Kemudian Fung King Hey kembali ke Hong Kong pada tahun berikutnya yaitu 1969 dan mendirikan perusahaan pialangnya sendiri, Sun Hung Kai Securities, yang berkembang menjadi pialang milik orang Cina terbesar di kota itu.

Fung King Hey meninggal pada tahun 1985 dan anak bungsunya Tony mengambil alih perusahaan tersebut. Pada tahun 1996, keluarga Fung menjual 33,18 persen saham di rumah pialang ritel terhormat kepada Allied Group milik raja properti Malaysia Lee Ming Tee seharga USD 96 juta.

Sementara itu, putra sulung Fung King Hey Thomas, sedang membangun kerajaan bisnisnya sendiri di Kanada.

Thomas, istrinya, dan putranya, Joseph, pindah kembali ke Kanada pada tahun 1984 dan menetap di Vancouver. Pada awal 1990-an, dia membantu merintis pusat perbelanjaan bergaya Asia (megamalls seperti yang ada di distrik perbelanjaan Causeway Bay Hong Kong) di Vancouver ketika penduduk Hong Kong mulai beremigrasi karena kekhawatiran tentang penyerahan koloni Inggris ke pemerintahan China.

Sekarang, Thomas menjadi salah satu pengusaha paling menonjol di Vancouver, dengan Grup Fairchild-nya yang memiliki real estat, restoran, dan stasiun TV berbahasa Mandarin di seluruh Kanada.

 

3 dari 3 halaman

Kebebasan Memilih Karier

Melihat keberhasilan pengasuhan laissez-faire, Thomas memberikan kebebasan yang sama kepada anak tunggalnya.

“Dari pihak ayah saya, dia tidak pernah benar-benar diberi tekanan bahwa dia harus mengambil alih bisnis dan menjalankannya persis seperti yang dia inginkan. Dia diizinkan untuk mengeksplorasi dan memahami kemampuannya sendiri dan memvalidasinya,” kata Joseph.

“Demikian juga, untuk diri saya sendiri dalam nada yang sangat mirip, saya tidak pernah mendapat tekanan dan bahkan tidak pernah benar-benar mempertimbangkan sepenuhnya bahwa saya perlu mengambil alih bisnis keluarga kapan pun dalam hidup saya,” tambah dia.

Setelah mendapatkan gelar ekonomi dari Universitas Cornell, Joseph bekerja di bagian keuangan di Citigroup dan Morgan Stanley sebelum bergabung dengan PCCW milik miliarder Hong Kong Richard Li, saat itu dia membantu komunikasi dan akuisisi konten grup media. Setelah lebih dari satu dekade bekerja untuk orang lain, Joseph meluncurkan firma modal venturanya sendiri, Saltagen Ventures, pada tahun 2017.

“Saya mampu membangun reputasi saya sendiri, cara belajar saya sendiri dan membangun rasa percaya diri terhadap kegagalan saya sendiri dan pencapaian saya sendiri tanpa mencoba membandingkannya dengan anggota keluarga saya,” tutur Joseph. "Jadi kami diberi lebih banyak kebebasan untuk gagal, dan saya pikir itu sangat penting."

Berbasis di Hong Kong dan Vancouver, Saltagen berfokus pada investasi tahap awal di bidang sains dan teknologi. Selama lima tahun terakhir, Saltagen telah menginvestasikan lebih dari USD 18 juta di 20 perusahaan rintisan secara global, termasuk di Australia, Kanada, Denmark, Hong Kong, dan AS

Portofolio perusahaannya di Hong Kong termasuk Fano Labs, startup AI yang dipisahkan dari University of Hong Kong dan didanai oleh Horizons Ventures Li Ka-shing , dan Cathay Photonics, pembuat film perlindungan layar berbasis safir untuk tampilan yang didukung oleh Hong Kong Miliarder Kong Tang Yiu's ParticleX .

Fano Labs adalah salah satu dari 16 perusahaan rintisan Hong Kong yang masuk dalam Forbes Asia 100 to Watch tahun lalu , daftar perusahaan kecil dan rintisan terkemuka yang sedang naik daun di kawasan Asia-Pasifik.

https://www.forbes.com/sites/johnkang/2023/01/05/grandson-of-hong-kong-property-giant-sun-hung-kai-cofounder-forges-his-own-path-as-a-tech-investor/?sh=f37adff5020d

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.