Sukses

Siapa Tulang Punggung Ekonomi Indonesia Hadapi Resesi Global?

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 menjadi salah satu yang terkuat di dunia

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Bagaimana tidak, di saat ekonomi dunia diambang resesi, Indonesia bisa konsisten tumbuh di atas 5 persen.

Pencapaian ini, menurut Guru Besar Sekolah Tinggi Intelijen Negara, AM Hendropriyono tidak terlepas dari peran gotong-royong yang dilakukan masyarakat Indonesia.

Di mana ketahanan ekonomi bisa tahan hadapi badai tidak hanya ditakar kondisi makro tetapi juga sektor riil. Dengan peran pengusaha ada di dalamnya.

“Kaum hartawan Indonesia justu merupakan tulang punggung ekonomi yang nyata di negara kita. Mereka adalah pejuang yang tangguh untuk menghadapi imperialisme kapitalis mancanegara di medan perang yang sama yaitu medan perang ekonomi-perdagangan,” kata dia dalam tulisannya, Sabtu (31/12/2022).

Menurutnya, di dalam negeri Indonesia jika mereka adalah pembayar pajak yang  terbesar, pembuka lapangan kerja yang terluas dan pencipta multiplier effect (efek berganda) dari setiap kegiatan-kegiatan usaha mereka.

Dia mencontohkan, ketika mereka membangun suatu pembangkit tenaga listrik, instalasi air minum, jalan-raya atau pelabuhan, maka para penjual besi beton, kayu, pasir, semen, makanan-minuman, bahkan pedagang asongan dan penjual berbagai macam barang dan jasa dengan serta-merta dapat ikut serta menikmati keuntungan.

“Infrastruktur fisik yang dibuat dengan investasi yang mahal, telah menghasilkan kecepatan bangkitnya ekonomi rakyat di sektor riel atau sektor mikro ekonomi,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketahanan Ekonomi Indonesia

Dia mengutip kajian Rhenald Kasali, ketahanan Indonesia dalam menghadapi badai krisis tidak dapat hanya dinilai dari indikator-indikator makro-ekonomi, tetapi lebih ditentukan oleh kekuatan ekonomi sektor riel.

Kesadaran tentang geo-politik menghadapi krisis global saat ini harus hadir di benak para pembuat aturan perundang-undangan, terutama sehubungan dengan Rencana KUHP baru yang akan segera diberlakukan sebagai hukum positip.

“Sinkronisasi peran pemerintah dan kaum hartawan sangat diperlukan untuk mengurangi semaksimal mungkin praktik Oligarchy dan Organized Crimes yang merupakan penyakit bawaan dari demokrasi liberal,” ujarnya.

Dengan demikian, dirinya berharap kekompakan antara pemerintah, hartawan dan masyarakat harus kompak demi ekonomi tetap kinclong di 2023.

3 dari 4 halaman

Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen pada 2023

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menuturkan, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia  mencapai 5,3 persen pada 2023.

"Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 mencapai 5,3 persen dan inflasi di kisaran 3 persen,” ujar Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada penutupan perdagangan bursa, Jumat (30/12/2022).

Untuk itu, pertama, Pemerintah akan fokus menjaga level konsumsi domestik dan daya beli masyarakat.

"Selain itu, hilirisasi, pemberdayaan UMKM, pengembangan ekonomi digital, serta pengembangan ekonomi hijau menjadi sangat penting untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan," kata dia.

Kedua, sektor keuangan sehat dan kuat. Pada sektor perbankan, rasio kecukupan modal yang kuat, rasio kredit bermasalah yang rendah dan dalam batas aman, serta pertumbuhan kredit perbankan mengindikasikan semakin meningkatnya kepercayaan dan optimisme pelaku usaha.

"Hadirnya Undang-undang Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan juga menjadi landasan kokoh bagi sektor keuangan Indonesia," kata Ma'ruf.

 

4 dari 4 halaman

Sinergi

Sinergi pemerintah, serta peran BI, OJK, dan LPS, menurut Ma’ruf semakin kuat dalam menjaga sektor keuangan. Perluasan peran LPS dalam penjaminan asuransi akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi nasional.

Ketiga, sektor UMKM mulai bangkit, melalui berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional, implementasi UU Cipta Kerja, dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.  

Keempat, sektor ekonomi dan keuangan syariah terus menunjukkan pertumbuhan. Perkembangan pasar modal syariah juga menggembirakan. 

Sepanjang 2022, Indeks Saham Syariah Indonesia tumbuh 9,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai sukuk korporasi juga meningkat 20,23 persen. Terakhir, penanganan kasus COVID-19 terkendali, dan cakupan vaksinasi maupun booster semakin luas. 

"Dengan demikian, aktivitas ekonomi di tahun 2023 diharapkan akan jauh lebih meningkat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.