Sukses

Silmy Karim Dilantik Jadi Dirjen Imigrasi Awal Januari 2023

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim akan dilantik menjadi Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI pada Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim akan dilantik menjadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI pada Januari 2023. Menyusul penetapan dirinya sebagai sosok yang lulus seleksi terbuka pejabat tinggi madya Kemenkumham tersebut.

Kabar ini dibenarkan langsung Silmy Karim saat dikonfirmasi Liputan6.com. Melalui pesan singkat, dia juga membenarkan terpilih dari serangkai seleksi yang dilalui.

"Awal Januari (pelantikan Dirjen Imigrasi)," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (26/12/2022).

Kabar pelantikan ini sebelumnya disampaikan sumber Liputan6.com. Sumber itu menyebut kalau pelantikan memang dilakukan pada waktu yang sama, Januari 2023.

Selain mengonfirmasi soal waktu pelantikan, Silmy menyebut kalau proses ini juga sudah ia laporkan ke Kementerian BUMN. Dengan begitu, saat dia dilantik menjadi Dirjen Imigrasi, sekaligus melepas jabatannya sebagai Dirut Krakatau Steel.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim terpilih jadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Diketahui, dia menjadi salah satu yang mendaftar beberapa waktu lalu.

Kabar ini sempat beredar di media sosial pada Senin (26/12/2022) siang. Dari sumber Liputan6.com menyatakan bahwa kabar tersebut benar adanya.

"Kita tunggu saja proses formalnya," ujarnya sumber tersebut kepada Liputan6.com, Senin (26/12/2022).

Dari informasi yang dihimpun Liputan6.com, Silmy akan dilantik menjadi Dirjen Imigrasi Kemenkumham pada Januari 2023, bulan depan.

Kabar terpilihnya Silmy Karim diketahui lewat ucapan selamat yang didapat Liputan6.com. "Selamat atas terpilihnya bapak Silmy Karim sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI," seperti tertulis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lolos Seleksi

Sebelumnya, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim diketahui mendaftar menjadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Dia masuk dalam daftar seleksi bersama dengan 29 orang lainnya.

Nama Silmy Karim berada di daftar paling atas dari dokumen yang diterima Liputan6.com. Nama dia terdaftar di calon Dirjen Imigrasi dengan nomor registrasi 1-013.

Daftar itu adalah merujuk pada Pengumuman dengan Nomor SEK-KP.03.03.704 tentang Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022.

Silmy Karim mendaftar sebagai Dirjen Imigrasi dari jalur Non-ASN. "Berdasarkan rujukan tersebut di atas, bersama ini disampaikan daftar peserta yang dinyatakan LULUS Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Direktur Jenderal Imigrasi bagi kalangan Non-PNS," tulis dokumen tersebut, Kamis (20/10/2022).

Dengan total 30 orang yang lulus seleksi tadi, Silmy Karim dijadwalkan untuk melakukan uji konpetensi bidang atau penulisan makalah. Agenda itu bakal digelar pada Jumat 21 Oktober 2022 di Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

 

3 dari 3 halaman

Penghargaan Silmy Karim

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim dan perusahaannya pernah meraih penghargaan Anugrah BUMN 2022 di Hotel JW Marriot, Jakarta. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2022 Dr. Tanri abeng, MBA.

Krakatau Steel mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan BUMN Terbaik II Kategori Strategi Tumbuh dan Bertahan, Terbaik II Kategori Transformasi Organisasi

Sedangkan Silmy Karim meraih penghargaan The Best CEO in Change Leadership sebagai pimpinan perusahaan BUMN yang berhasil melakukan perubahan besar dalam membenahi perusahan.

Silmy pada Anugerah BUMN tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai The best CEO on Turn Around tahun 2020 dan The Best CEO in Strategic Alliance tahun 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.