Sukses

Jokowi Curhat Tak Pernah Diajak Menteri Nyanyi-Nyanyi

Saat para menteri sedang bersenang-senang selalu melupakan Jokowi. Hal ini ia ungkapkan dalam acara Outlook Ekonomi Indonesia 2023 di Hotel Ritz Calton, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir para menteri dalam acara Outlook Ekonomi Indonesia 2023 di Hotel Ritz Calton, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022). Jokowi mengatakan bahwa para menteri hanya ingat akan dia di saat susah saja. 

"Kalau yang masalah, yang problem, menteri-menteri itu mesti menghadap ke saya," kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Kebalikanya, saat para menteri sedang bersenang-senang selalu melupakannya. "Kayak kemarin nyanyi-nyanyi, makan-makan, tidak pernah ngajak saya," tambah dia. 

Dalam acara tersebut, Jokowi juga membahas kolaborasi hillirisasi dengan penyediaan energi hijau. Strategi hiirisasi harus dibuat dalam sebuah ekosistem tang besar dengan didukung penggunaan energi hijau yang murah.

"Ini akan menjadikan produk premium yang kita akan bisa bersaing dengan negara-negara lain. Energi hijau harus murah," kata dia.

Saat ini energi hijau masih mahal yakni sekitar 8-12 sen, padahal sumbernya dari PLTA. Menurutnya dengan potensi sungai-sungai yang ada seperti Sungai Kayan dan Sungai Mamberamo, energi yang dihasilkan harusnya jauh lebih murah. Apalagi jika sungai-sungai yang lain juga digunakan untuk menghasilkan energi yang sama.

"Hitung-hitungan yang saya pakai, kalkulator yang saya pakai, enggak tahu mungkin yang dipakai bapak ibu berbeda, semuanya ini bsa mencapai harga 2-4 sen. Ini jauh lebih murah dari yang batu bara," kata dia.

Dua hal tadi akan bisa membantu pengembangan hilirisasi. Namun dia menyadari hal ini tidak mudah dalam pelaksanananya.

"Sulitnya adalah pelaksanaan tapi yang pusing-pusing biasanya diberikan kepada saya," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Ingatkan Dulu Indonesia Masuk Kategori Negara Rentan Terpuruk

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bila Indonesia masih termasuk kategori negara yang rentan terpuruk kurun tahun 2014-2015. Posisi Indonesia bersama dengan 5 negara lainnya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam seminar outlook perekonomian Indonesia 2023 dengan tema resiliensi ekonomi melalui transformasi struktural, di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

"Kita tahu di 2014-2015 kita ini masih masuk dalam fragile, kita masih dimasukkan ke dalam negara rentan untuk terpuruk bersama lima negara yang lain," kata Jokowi.

Kala itu, kata Jokowi, dunia sedang menghadapi taper tantrum. Dimana suatu keadaan gejolak ekonomi ketika bank sentral Amerika serikat memperketat kebijakan moneternya.

"Kalau kita ingat saat itu ada tapper tantrum dan kalau kita lihat angka detail di tahun 214-2015 defisit transaksi kita berada di angka USD 27,5 miliar di tahun 2014. Kemudian di tahun 2015 di angka USD 17,5 miliar," ujar Jokowi.

Kemudian jika dilihat lebih detail lagi neraca perdagangan Indonesia masih mengalami defisit sebesar USD 2,2 miliar di 2014.

"Oleh sebab itu, saya sampaikan kepada para menteri kita harus berani merubah ini, mereformasi struktural kita. Agar hal-hal yang membahayakan ekonomi makro bisa kita lakukan termasuk SBN," ujarnya.

SBN saat itu 38,5 persen di kuasai oleh asing, sekarang tinggal 14,8 persen yang dikuasai asing. Sebab, jika lebih banyak dikuasai asing maka nantinya ketika ekonomi makro Indonesia goyah, mereka akan berbondong-bondong menarik SBN.

3 dari 3 halaman

Kondisi Berubah

Kondisi berbalik saat ini. "neraca transaksi berjalan kita, kuartal ketiga 2022 sudah surplus USD 8,9 Miliar, ini 0,9 persen dari PDB kita. Artinya, perbaikan-perbaikan itu betul-betul nyata dan kelihatan dalam angka-angka," jelas Jokowi.

Dia mengaku selalu meminta update terbaru kepada para Menterinya, terkait perkembangan pertumbuhan ekonomi Indonesia berupa angka-angka.

"Saya selalu minta dalam angka, pak ini sudah lebih baik, ya angkanya berapa. Angkanya pasti saya minta. Dari berapa dan sekaramg berapa karena itu penting sekali," tegasnya.

Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang terus membaik. Namun, situasi yang dihadapi sekarang ini bukan situasi yang gampang. 

"Situasinya sangat sulit diprediksi, sulit dihitung dan teori-teori standar semuanya sudah sulit untuk kita pakai lagi, karena tidak semuanya sekarang keluar berdasarkan pakem-pakem yang ada. Betul-betul sotuasi yang sangat sulit," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.