Sukses

Tiga Bentuk Komitmen BAF Dukung Pelestarian Lingkungan

Salah satu wujud dukungan BAF dalam mendukung pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)

Liputan6.com, Jakarta PT Bussan Auto Finance (BAF) merupakan perusahaan yang salah satu fokus bisnisnya memberikan fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor. Hal inilah yang membuat BAF memiliki andil untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dalam menjalankan bisnisnya yang tahun ini telah memasuki usia ke-25, BAF terus berkomitmen untuk mengambil langkah penerapan keuangan berkelanjutan (sustainable finance). 

Selain itu, BAF juga berupaya berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), dengan salah satu fokusnya terhadap aspek pelestarian lingkungan hidup. 

Berkaitan dengan hal tersebut, BAF melakukan tiga hal untuk mendukung pelestarian lingkungan, yaitu: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bangunan Ramah Lingkungan

BAF membangun gedung kantor pusatnya, BAF Plaza, yang berlokasi di Jalan Raya Tanjung Barat No. 121, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada 2019. Sejak dibangun, gedung tersebut mengusung konsep bangunan yang ramah lingkungan, termasuk sistem pengelolaan air, pencahayaan, hingga rasio ruang terbuka hijau yang memadai.

Sistem pengolahan air bilasan (ReUse) dan air hujan di BAF Plaza dimanfaatkan kembali untuk penyiraman tanaman. BAF juga mendukung program pemerintah untuk penyerapan kembali air tanah dengan pembuatan sumur resapan. 

Selain itu, BAF Plaza juga membangun struktur bangunan menggunakan sistem balok Post Tension (Tahan Gempa) dan façade bangunan Module Precast. Dengan begitu, bangunan BAF Plaza diklaim mampu bertahan dalam kondisi gempa hingga 10 SR sesuai standar yang berlaku. 

Agar lebih hemat energi, gedung BAF Plaza menggunakan AC & lampu hemat energi (LED) dan sensor otomatis padam dalam rentang 30 menit. Di tahun 2022 ini, BAF juga mengambil langkah dalam mengurangi jejak karbon melalui pemasangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap berkapasitas 31,86 kWp. Pemasangan panel surya ini diresmikan sebagai wujud nyata BAF dalam menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan. Instalasi sistem PLTS pada kantor pusat BAF menggunakan panel surya dengan kapasitas per panel sebesar 540 Wp. 

3 dari 4 halaman

2. Green Movement

Pencemaran udara sudah lama menjadi perhatian berbagai kalangan. Apalagi emisi gas buang kendaraan bermotor berkontribusi terhadap tingginya tingkat pencemaran udara, terutama di kota-kota besar. Melihat hal ini, BAF menginisiasi Gerakan Penghijauan BAF ECO Move yang dilakukan sejak tahun 2021. BAF ECO Move diwujudnyatakan dengan mendonasikan bibit pohon di kota-kota besar untuk mengurangi emisi gas buangan kendaraan bermotor. 

Bibit pohon ini merupakan sumbangsih dari karyawan, rekanan, maupun konsumen BAF yang mengajukan pembiayaan di BAF. Lebih dari 115.500 bibit pohon sudah didonasikan BAF per September 2022 di 12 kota di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Palembang, Depok, Cirebon, Yogyakarta, Sidoarjo, dan Palu. 

Selain itu, di tahun ke-4 penyelenggaraannya, charity run BAF Lions Run 2022 juga mengangkat tema Run for Environment yang sukses diikuti lebih dari 3.000 pelari. 

Donasi dari BAF dan para pelari akan digunakan oleh Yayasan Lions Indonesia (YLI) untuk penanaman bibit pohon, pelatihan pengolahan barang bekas yang dapat didaur ulang, pelatihan pembuatan eco enzyme yang disertai dengan kegiatan edukasi dengan target anak-anak usia sekolah di seluruh Indonesia.

4 dari 4 halaman

3. Green Campaign

Salah satu wujud dukungan BAF dalam mendukung pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya dengan menciptakan nilai keberlanjutan. Caranya dengan menumbuhkan budaya keberlanjutan melalui pengembangan green initiatives, termasuk melakukan green campaign. 

Beberapa budaya keberlanjutan yang dilakukan BAF, mulai dari pemilahan sampah di BAF Plaza dan mengampanyekan penggunaan tumbler untuk mengurangi penggunaan botol minum plastik sekali pakai. Selain itu, BAF juga melakukan beberapa kampanye, seperti efisiensi penggunaan kertas, penghematan penggunaan air, dan transformasi digital. 

Ke depannya, BAF akan terus berkomitmen untuk mewujudkan program-program pelestarian lingkungan berkelanjutan setiap tahunnya. Semoga langkah kecil yang dilakukan BAF dapat membawa dampak besar bagi lingkungan dan masa depan generasi bangsa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.