Sukses

Harga Minyak Tembus Lagi di Atas USD 80 per Barel

Harga minyak tembus di atas USD 80 per barel pada hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak tembus di atas USD 80 per barel pada hari Selasa dan mencatat kenaikan harian terbesarnya dalam lebih dari sebulan. Ini terjadi karena investor membeli aset berisiko setelah data AS menunjukkan perlambatan inflasi.

Pasar juga didukung oleh kekhawatiran tentang gangguan pasokan, termasuk penutupan yang sedang berlangsung dari pipa minyak mentah Keystone Kanada ke Amerika Serikat setelah kebocoran besar minggu lalu.

Dikutip dari CNBC, Rabu (14/12/2022), harga minyak mentah berjangka Brent menetap di USD 80,68 per barel, naik USD 2,69, atau 3,5 persen. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS di USD 75,39 per barel, naik USD 2,22, atau 3 persen. Kedua kontrak mencatat kenaikan harian terbesar sejak 4 November.

Indeks dolar AS jatuh pada hari Selasa setelah data menunjukkan bahwa inflasi harga konsumen AS yang mendasari naik kurang dari yang diharapkan bulan lalu, memperkuat harapan bahwa Federal Reserve akan memperlambat laju kenaikan suku bunga pada hari Rabu.

Dolar yang lebih lemah membuat minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, yang dapat meningkatkan permintaan.

"Tidak ada yang benar-benar melihat angka itu datang di bawah ekspektasi - kemungkinan peristiwa positif permintaan yang menempatkan tawaran di pasar," kata analis Mizuho Robert Yawger.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus Pasar

Fokus sekarang akan beralih ke bagaimana Federal Reserve AS menanggapi laporan CPI, tambah Yawger. Jeda kenaikan suku bunga bisa mendorong harga lebih tinggi.

Namun, para pedagang mengatakan kekhawatiran pasokan minyak telah ada selama beberapa hari, menunjukkan reli Selasa mungkin turun ke sentimen 'berisiko' yang lebih luas setelah data inflasi.

"Ini hanya reli luas berbasis dolar," kata Eli Tesfaye, ahli strategi pasar senior di RJO Futures. "Mengingat penurunan berkelanjutan di pasar, setiap berita positif akan mengangkat minyak, tetapi masih harus dilihat apakah aksi unjuk rasa ini akan bertahan."

Reli hari Selasa juga bisa disebabkan oleh pedagang yang menutup posisi jual - taruhan spekulatif bahwa harga komoditas akan turun - setelah kedua tolok ukur turun lebih dari 10% minggu lalu.

"Setelah menerima kekalahan mutlak minggu lalu, beberapa minat beli dan perburuan barang murah kembali ke kompleks minyak mentah," kata Matt Smith, analis minyak utama di Kpler.

 

3 dari 3 halaman

Prospek Permintaan

Pasar telah tenggelam akhir-akhir ini karena prospek permintaan yang pesimistis. Organisasi Negara Pengekspor Minyak pada hari Selasa memangkas perkiraan permintaan minyak absolut kuartal pertama dan mengatakan perlambatan ekonomi global menjadi nyata.

Para pemimpin China dilaporkan menunda pertemuan kebijakan ekonomi utama karena melonjaknya infeksi COVID-19, menambah kekhawatiran tentang pemulihan permintaan di importir minyak mentah terbesar dunia.

Keystone Pipeline TC Energy Corp, yang mengirimkan 620.000 barel per hari (bpd) minyak mentah Kanada ke AS, tetap ditutup setelah tumpahan minggu lalu, yang dapat mengurangi persediaan AS secara keseluruhan, terutama di hub Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk kontrak berjangka AS.

Persediaan minyak mentah AS diperkirakan turun 3,6 juta barel pekan lalu, menurut jajak pendapat Reuters.

Data industri dari American Petroleum Institute akan dirilis, diikuti oleh data pemerintah pada hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.