Sukses

10 Pemain Bola di Piala Dunia 2022 dengan Nilai Transfer Termahal dalam Sejarah

Liputan6.com, Jakarta - Demam sepak bola kembali menjadi tren terbaru menjelang akhir tahun ketika Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Para penggemar di seluruh dunia saat ini bersorak untuk tim dan pemain nasional favorit mereka saat mereka menonton pertandingan Piala Dunia yang disiarkan secara langsung di stasiun televisi di negara masing-masing.

Di dunia sepak bola, transfer pemain menjadi hal yang biasa terjadi karena klub berusaha memastikan mereka memiliki pemain yang tepat untuk memenangkan trofi, dengan biaya yang sangat bervariasi tergantung pada keterampilan setiap pemain.

Selama berlangsungnya Piala Dunia 2022, nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Kylian Mbappe tengah menjadi perhatian para penggemar sepak bola.

Berikut adalah nama-mana pesepak bola diPiala Dunia Qatar 2022 dengan transfer termahal dalam sejarah, seperti dilansir dari South China Morning Post, Senin (5/12/2022) : 

1.  Neymar 

Berlaga untuk Brasil di Piala Dunia 2022, Neymar sebelumnya sudah memegang rekor transfer pemain termahal, tetapi yang paling menguntungkan adalah pada tahun 2017 ketika ia pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan harga USD 230 juta, menurut laman Rarest.org.

Pria berusia 30 tahun itu juga memegang banyak rekor sepak bola termasuk Rekor Dunia Guinness untuk gol tercepat dalam sejarah Olimpiade, menurut BBC. Neymar juga menjadi atlet Brasil pertama yang tampil di sampul majalah Time pada Februari 2013.

2. Kylian Mbappé

Kylian Mbappé, yang membela Prancis di Piala Dunia 2022 menjadi berita utama pada tahun 2017 dengan menjadi remaja termahal dalam sepak bola, menurut Planet Football, ketika ia beralih dari Monaco ke klub Prancis Paris St Germain dengan harga transfer senilai USD 186 juta. 

Mbappé juga menjadi perhatian ketika mencetak empat gol di Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia, yang pertama juga menjadikannya pencetak gol Prancis termuda dalam sejarah Piala Dunia, menurut ESPN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Philippe Coutinho

Meski gagal memasuki skuad Brasil untuk berlaga di Piala Dunia 2022, Philippe Coutinho menjadi salah satu pesepak bola yang menerima transfer termahal dalam sejarah.

Coutinho menunjukkan potensinya yang luar biasa saat bermain untuk Brasil di Copa America pada 2015 dan Copa America Centenario pada tahun 2016. Dia melakukan debut Piala Dunia di Piala Dunia FIFA 2018 di mana dia mencetak dua gol dan mendapatkan tempat di Fifa World Cup Dream Team, menurut Rarest.org.

Kemudian pada 2018, Coutinho ditransfer dari Liverpool ke Barcelona dalam kesepakatan besar senilai USD 170 juta, menurut The Guardian.

Pemain berusia 30 tahun itu, yang sekarang bermain kembali di Inggris untuk Aston Villa, memiliki kekayaan bersih sebesar USD 60 juta, menurut Celebrity Net Worth.

4. Ousmane Dembélé

Membela skuad Prancis di Piala Dunia 2022, Ousmane Dembélé memulai karir profesionalnya pada tahun 2015 dan melakukan debut internasionalnya untuk tim senior Prancis hanya setahun kemudian saat bermain untuk Borussia Dortmund.

Barcelona kemudian membayarnya sekitar USD 150 juta untuk membawa Dembélé ke Spanyol, menurut ESPN. Dikatakan bahwa biaya dasarnya adalah USD 125 juta dengan add-on yang bernilai USD 25 juta atau lebih.

3 dari 4 halaman

5. João Félix

Bersaing untuk Portugal di Piala Dunia 2022, Atletico Madrid merogoh kocek USD 130 juta untuk mendatangkan Félix dari Benfica pada 2019, menurut Euro Sports. Ini adalah harga tertinggi kedua yang pernah dikeluarkan untuk pesepakbola remaja, menurut Rarest.org.

6. Antoine Griezmann 

Antoine Griezmann, pemain untuk Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 bergabung dalam daftar 10 teratas untuk kepindahannya dari Atletico Madrid ke Barca pada 2019.

ESPN melaporkan bahwa transfer tersebut menelan biaya sebesar USD 125 juta, tetapi Atlético mengklaim bahwa pembayaran Barcelona kurang dari USD 83 juta dari harga yang disepakati.

7. Jack Grealish 

Pemain Timnas Inggris, Jack Grealish memecahkan rekor Pogba sebelumnya untuk biaya transfer tertinggi yang dibayarkan oleh klub Inggris ketika Manchester City membayar USD 120 juta untuknya pada tahun 2021, menurut Sky Sports.

Setelah pindah dari Aston Villa, pemain berusia 27 tahun itu bisa menikmati kemenangan gelar Liga Inggris keempat Man City pada Mei 2022.

Sebagai salah satu pemain berpenghasilan tertinggi di skuat Man City, Grealish telah melihat kekayaannya tumbuh, dengan dukungan fashion, termasuk dengan Gucci, menambah kekayaan bersihnya sebesar USD 12 juta, menurut laporan First Sportz.

4 dari 4 halaman

8. Cristiano Ronaldo

Ketika pesepakbola Portugal Cristiano Ronaldo pindah dari Real Madrid ke Juventus pada 2018, Juventus membayar sekitar USD 117 juta, menurut DW.

Menurut Rarest.org, jumlah ini adalah yang terbesar yang pernah dibayarkan kepada pemain berusia di atas 30 tahun oleh tim Italia.

Setelah bergabung dengan Juventus, Ronaldo kemudian memenangkan Serie A dan Supercoppa Italiana di musim penuh pertamanya di Turin, menurut FotMob.

Pria berusia 37 tahun itu adalah pesepak bola terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan bersih sekitar USD 500 juta, menurut Celebrity Net Worth. Dia dilaporkan memperoleh kekayaan ini melalui karir atletiknya, modeling dan dukungan merek.

9. Romelu Lukaku 

Pada Juni 2022 menurut Eurosport, Lukaku bergabung kembali dengan Inter Milan dengan status pinjaman sebesar USD 8,3 juta kurang dari setahun setelah menandatangani kontrak dengan Chelsea sebesar USD 116 juta.

Lukaku menyalip rekor dunia Neymar untuk biaya transfer gabungan tertinggi ketika ia menerima USD 350 juta per Februari, menurut laporan Football Transfers.

Pesepakbola Belgia berusia 29 tahun itu telah ditransfer antara Anderlecht, Chelsea (dua kali), Inter Milan dan Manchester United.

Transfer ini telah membantu kekayaan bersihnya tumbuh menjadi USD 60 juta pada tahun 2022, menurut Sportskeeda.

10. Paul Pogba 

Pesepakbola Prancis berusia 29 tahun, Paul Pogba meninggalkan Manchester United pada tahun 2012 karena kurangnya waktu bermain, dan bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer.

Setelah memimpin Prancis meraih kemenangan di Piala Dunia FIFA U-20 2013 dan terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut, Manchester United mengonfirmasi penandatanganan bintang tersebut pada tahun 2016 dengan transfer yang memecahkan rekor sebesar USD 110 juta, menurut laporan The Guardian.

Hingga 2021, ini tetap menjadi biaya transfer tertinggi yang dibayarkan oleh tim asal Inggris.

Pogba sendiri kini mengantongi kekayaan bersih yang sangat besar senilai USD 125 juta, menurut Celebrity Net Worth.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS