Sukses

Literasi Keuangan Diharap Tumbuhkan Kebiasaan Menabung

 

Liputan6.com, Jakarta Esta Corporations menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat, memacu minat, dan membuka kesempatan masyarakat dalam mengakses produk jasa keuangan.

Kegiatatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung Bulan Inklusi Keuangan yang digelar setiap bulan Oktober. Ini sesuai POJK 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan/atau Masyarakat.

Melalui tiga anak usahanya yaitu PT Esta Dana Ventura, PT Esta Kapital Fintek, dan PT BPR Kredit Mandiri Indonesia, Esta Corporations turut ambil bagian dalam mendukung Bulan Inklusi Keuangan. Mereka merancang program kegiatan sesuai dengan model bisnis dan kebutuhan konsumen serta masyarakat.

Sejumlah program dimaksud adalah #TabunganUsahaEsta, yang diberikan PT Esta Dana Ventura kepada debitur melalui edukasi dan pelatihan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan menabung sekaligus membantu para debitur dari kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sehingga, mereka dapat mencapai tujuan finansial yang diinginkan serta mendukung pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan ketersediaan sarana digital dan dapat diakses secara mudah. 

Dari program yang sudah berjalan selama satu bulan tersebut, PT Esta Dana Ventura telah mengedukasi sebanyak 18.989 nasabah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Program Tabungan Usaha Esta ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan kami yang berkelanjutan,” tutur Melivia, Direktur Bisnis Esta Dana Ventura dikutip Jumat (2/12/2022).

Sebelumnya, lanjut Melivia, untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan para debitur, Esta Corporations sudah memberikan pembinaan keterampilan pembuatan tas rajut dan strategi pemasaran secara digital. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pembinaan dan Pelatihan

Diharapkan, dari pembinaan dan pelatihan tersebut para debitur dapat menjadi pelaku usaha yang produktif, kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing tinggi. “Melalui program #TabunganUsahaEsta, kami juga berharap para debitur dapat mencapai kemerdekaan finansialnya sendiri,” imbuhnya. 

Berbeda dengan PT Esta Dana Ventura, yang memberikan edukasi melaui pertemuan tatap muka, program PT BPR Kredit Mandiri Indonesia dan PT Esta Kapital Fintek justru disiarkan secara online melalui platform media sosial. Kedua anak usaha Esta Corporations ini menggelar program literasi keuangan dengan kosep talkshow.

Dengan mengangkat tema “Talkshow Bulan Inklusi Keuangan 2022”, PT BPR Kredit Mandiri Indonesia mengkampanyekan pentingnya mengelola keuangan dengan baik di era digitalisasi serta menabung untuk masa depan lebih baik. Selain itu, dalam talkshow juga menyampaikan informasi seputar dunia perbankan.

“Dengan kegiatan  talkshow yang diisi oleh Direktur Bisnis dan Manager Funding BPR Kredit Mandiri Indonesia diharapkan dapat memberikan pandangan lebih luas terkait produk jasa keuangan di dunia perbankan kepada masyarakat,” terang Melivia.

 

3 dari 3 halaman

Inklusifitas Keuangan

Adapun untuk literasi keuangan tentang produk jasa keuangan peer to peer lending, PT Esta Kapital Fintek mengangkat tema “The Power of P2P Lending: Kembangkan Dana Berdampak Sosial”. Talkshow yang disiarkan di media sosial ini berkolaborasi dengan Dani Rachmat, seorang Financial Planner. 

Selain itu, untuk mendukung inklusifitas keuangan sekaligus mendorong ketertarikan masyarakat dalam menggunakan peer to peer lending, Esta Kapital juga memberikan promo khusus selama Bulan Inklusi Keuangan 2022.

Sementara itu, Direktur Utama PT Esta Kapital Fintek Yefta Surya memandang bahwa aktivitas literasi keuangan di Indonesia menjadi tantangan tersendiri, karena harus dilakukan secara rutin. Sementara, hingga kini masih banyak masyarakat yang belum mengenal dan memahami produk-produk jasa keuangan. 

“Banyak faktor yang menyebabkan masyarakat takut untuk mencoba produk jasa keuangan. Ini menjadi tugas bersama, memberikan Informasi sebaik-baiknya terkait jasa keuangan kepada masyarakat, sehingga mereka benar-benar paham,” pungkas Yefta Surya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS