Sukses

Kartu Prakerja dan Kelas.com Gelar Seri Temu Raya Alumni di Aceh

Liputan6.com, Aceh Seri Temu Raya Alumni Kartu Prakerja terus bergulir. Dimulai Juni lalu di Sentul International Convention Center menghadirkan 8 ribu alumni, berlanjut ke Sintang, Bontang, Madiun, Surabaya, dan Yogyakarta, kali ini acara serupa berlangsung di Banda Aceh, Aceh.

Salah satu mitra lembaga pelatihan dalam Program Kartu Prakerja, Kelas.com, menjadi motor Kartu Prakerja Fest-Mini Temu Raya Aceh untuk ratusan peserta yang terdiri dari alumni Kartu Prakerja maupun masyarakat umum di Aceh.

"Ini sejalan dengan visi misi Kelas.com dan Program Kartu Prakerja yang bertujuan menciptakan sumber daya manusia berkualitas. Salah satunya dengan pelatihan Kelas.com yang bisa dibeli menggunakan Kartu Prakerja," kata CEO dan Founder Kelas.com William Sutrisna di Amel Convention Hall, Banda Aceh, Rabu (23/11/2022).

Kartu Prakerja Fest-Mini Temu Raya Aceh bakal diisi dengan seminar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Aceh Siap Naik Kelas, dan Persiapan Karir untuk Alumni Kartu Prakerja dan Masyarakat.

William menambahkan, dengan seminar ini, Kelas.com dan Kartu Prakerja sangat berharap agar masyarakat Aceh menjadi sumber daya yang mengetahui berbagai solusi dan problematika dalam menjalankan UMKM. Mulai dari administrasi, regulasi, hingga hal-hal eksternal yang berpengaruh.

"Selain itu, diharapkan masyarakat Aceh bisa menciptakan kemandirian dengan tidak hanya menjadi pencari kerja, tapi juga menciptakan lapangan kerja," kata William.

William pun mengajak masyarakat Aceh dan sekitarnya untuk mendaftarkan diri melalui link bit.ly/kelastemurayaaceh sebelum 23 November 2022.

"Jangan lewatkan kesempatan ini, segera daftarkan diri kamu di ‘Kartu Prakerja Fest-Mini Temu Raya Aceh’ sekarang juga," pungkas William.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sisa 8 Hari, Buruan Beli Pelatihan Kartu Prakerja sebelum 30 November

Tersisa delapan hari lagi, batas pembelian pelatihan pertama penerima Kartu Prakerja gelombang 47 akan ditutup pada 30 November 2022. Untuk itu, penerima Kartu Prakerja dihimbau untuk segera membeli pelatihan pertama.

"Panggilan untuk seluruh penerima Kartu Prakerja tahun 2022, khususnya untuk kamu penerima gelombang 47 yang belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sebelum 30 November 2022," dikutip dari Instagram @prakerja.go.id, Rabu (23/11/2022).

Jika penerima Kartu Prakerja gelombang 2022 belum menggunakan saldonya untuk pembelian pelatihan pertamanya, maka kepesertaannya akan dicabut, sehingga peserta tidak bisa mendapatkan insentif.

"Jangan menyia-nyiakan saldo pelatihan yang diberikan dan kesempatan mendapatkan insentif tunai dari Kartu Prakerja. Jika sampai 30 November 2022 kamu belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaanmu akan dicabut dan tidak bisa membeli pelatihan serta mendapat insentif," katanya.

Berdasarkan laman resmi Kartu Prakerja, Kamu dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Pintar, Karier.mu, Kemnaker, dan Pijar.

Ada banyak ragam jenis pelatihan yang bisa kamu beli dengan Kartu Prakerja, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha.

Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Cek jenis-jenis pelatihan yang tersedia di situs Platform Digital.

3 dari 3 halaman

Syarat Pembelian Pelatihan

Selain itu, kamu juga dapat membeli lebih dari satu pelatihan. Namun, kamu hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama kamu. Pastikan kamu masih mempunyai sisa saldo yang cukup.

Jika saldo pelatihan kamu tidak cukup untuk membeli pelatihan yang kamu mau, berarti kamu hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu kamu. Jadi, pastikan saldo kamu cukup ya untuk membeli pelatihan yang kamu mau.

Selanjutnya, jika kamu tidak tahu pelatihan mana yang harus beli. Kamu bisa mengunjungi situs Digital Platform untuk mencari pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi pelatihan di dashboard kamu. Atau kamu juga bisa langsung memilih rekomendasi pelatihan yang tersedia di beberapa mitra Platform Digital.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS