Sukses

Erick Thohir Bagi Tips Supaya Usaha Langgeng, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir membagikan tips agar usaha bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kuncinya, adalah adanya pendampingan.

Baginya, memberi pendampingan adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan usaha dan membuat usaha tersebut bertahan. Sayangnya, menurut Erick, hal ini kerap dilupakan.

"Saya rasa, kalau kita bicara dunia usaha, pasti kan isunya pendanaan, akses pasar, tapi kadang-kadang dilupakan adalah pendampingan," kata dia melalui Instagram @erickthohir, ditulis Rabu (23/11/2022).

Erick menilai, secara umum pendampingan telah banyak dilakukan. Misalnya, adanya pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh berbagai lembaga. Langkah ini, menurutnya juga telah dilakukan oleh Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah.

"Pendampingan itu ada dua macam, satu, pendampingan yang memang yang kita sudah mulai yang namanya training," kata dia

"Nah justru ini yang kita ubah di BUMN. Jadi pendampingan bukan hanya memberi duit, memberi akses pasar, tapi pendampingan supaya ekosistem ini jalan," tambah Erick.

Pada kesempatan ini, Erick juga meminta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk membuat peta jalan dalam pengembangan usaha.

"Saya berharap, ayo Hipmi bikin blue print, supaya 50-100 tahun lagi kita udah punya model bisnis apa yang kita lakukan. Kalau tidak, kita hanya jadi penonton, bukan jadi pemain," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengetahuan Kelola Bisnis

Erick Thohir dalam keterangan unggahannya itu menekankan adanya pendampingan yang dilakukan di BUMN. Utamanya menyasar para kelompok UMKM.

"Kalo sebelumnya saya share video tips memulai usaha, kali ini saya menjawab pertanyaan: “Bagaimana agar usahanya tumbuh baik dan langgeng ketika sudah dimulai?”," tulis Erick.

"Kuncinya ada di pendampingan. Kami di BUMN secara aktif memberikan pendampingan dan pelatihan untuk UMKM," tambah dia.

Erick kembali menekankan kalau pemberian akses pasar maupun pendanaan jadi aspek penting dalam usaha. Namun, pengetahun pengelolaan bisnis menjadi modal yang tak kalah penting.

"Pemberian modal bisa jadi sangat membantu, namun pengetahuan mengelola bisnis menjadi sangat penting bagi para pengusaha," tutup Erick Thohir.

 

3 dari 3 halaman

Pesta Rakyat di Pernikahan Kaesang

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Mensesneg Pratikno kembali mengunjungi Pura Mangkunegaran.

Sebagaimana diketahui bahwa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar pernikahan pada 10-11 Desember 2022, dan menikah di 2 kota yakni Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa Kaesang dan Erina Gudono akan menggelar pesta besar-besaran yang dapat dinikmati masyarakat kota terkait.

Erick menyebut bahwa nantinya akan ada 9 panggung yang dibangun untuk menghibur masyarakat. Sehingga acara pernikahan Kaesang dan Erina dapat dikatakan sebagai pesta rakyat.

"Ada 9 panggung buat masyarakat agar kemeriahan pernikahan Kaesang dan Erina juga bisa dirasakan masyarakat Solo," kata Menteri BUMN Erick Thohir, dikutip dari Instagram Erick Thohir pada Selasa (22/11/2022)

Ketiga menteri tersebut mengecek revitalisasi istana Kadipaten yang sudah berusia 265 tahun ini. Istana yang dibangun Raden Mas Said ini akan jadi salah satu destinasi wisata.

Taman Mangkunegaran juga akan menyediakan tempat berjualan bagi UMKM, agar ekonomi masyarakat di kawasan ini semakin berkembang.

"Nanti juga akan digelar pesta rakyat untuk mengenalkan Pura Mangkunegaran yang baru. Buat yang suka foto-foto, jangan lupa mampir ke Pura Mangkunegaran karena banyak spot Instagramable" tulisnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS