Sukses

PNM Sebar Pembiayaan Rp 52,3 Triliun per November 2022

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 52,29 triliun per November 2022.

Liputan6.com, Jakarta PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 52,29 triliun per November 2022.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, jumlah nasabah PNM hingga kuartal III 2022 mencapai 13,2 juta orang.

"Angka tersebut tumbuh 21,48 persen secara tahunan dibandingkan tahun lalu sebesar 10,83 juta nasabah," jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (13/11/2022).

Selain itu, ia menambahkan, PNM juga telah melakukan pemberdayaan usaha mikro dan ultra mikro, dengan memiliki 13 juta nasabah aktif perempuan prasejahtera melalui PNM Mekaar.

Kemudian, PNM juga telah menyalurkan pembiayaan kepada 193.000 nasabah melalui ULaMM. Tercatat, Unit mekaar ada sebanyak 3.509 di seluruh Indonesia dengan jumlah pendamping 56.000.

“Optimalisasi pemberdayaan usaha mikro dan ultra mikro bersama holding ultra mikro berhasil memberdayakan 13 juta nasabah aktif perempuan prasejahtera melalui PNM Mekaar dan 193 ribu pelaku UMK melalui ULaMM pada triwulan III 2022," papar Arief.

Tak sampai di situ, PNM dalam program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) telah melakukan pelatihan dan pendampingan sebanyak 11.494 kegiatan di seluruh Indonesia.

Adapun hingga 31 Oktober 2022, PNM telah menyalurkan total pembiayaan sebesar Rp 156,79 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,2 juta orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PNM Catat 12,8 Juta Nasabah di Oktober 2022

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) pada 11 Oktober 2022 mencatat jumlah nasabah PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) hingga 12,871,635 di seluruh Indonesia.

Total penyaluran dalam program PNM Mekaar ini pun mencapai Rp 145,43 triliun.

Di Provinsi Bali, nasabah program PNM Mekar mencapai 67.579 pengusaha, dan dan 1.133 untuk Program ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro).

“Hingga akhir tahun kita targetkan bisa mencapai 13 juta nasabah jadi masih ada hampir satu juta lagi yang bisa kita akuisisi untuk tiga bulan kedepan,” ungkap Kepala divisi pengembangan kapasitas usaha PNM, Dicky Fajrian di Bali, dikutip Jumat (14/10/2022).

Namun di tengah adanya kenaikan suku bunga, Dicky memperkirakan hal ini akan berdampak kepada kemampuan nasabah dalam membayar cicilan.

“Artinya memang kalau dibilang terdampak pasti, tapi kita bisa bangkit kembali. Saya salut dengan ibu-ibu anggota peogram sejahtera, dan pengusaha mikro yang bertahan di tengah pandemi,” jelasnya.

“Dalam menggenjot pembiayaan, PNM juga mencoba untuk terus meningkatkan produktivitas dan penambahan jaringan layanan ke daerah daerah yang punya potensi bisnis,” bebernya.

Sebagai informasi, PNM memfasilitasi program pemberian modal bagi perempuan yang ingin memulai usaha melalui program PKU (Pengembangan Kapasitas Usaha).

3 dari 3 halaman

2 Program Khusus

Adapun dua program khusus yaitu pinjaman PNM Mekaar dan PNM Mekaar Plus.

"PNM Mekaar khusus hadir untuk perempuan prasejahtera, ibu-ibu juga diberi kesempatan mendapat dana modal usaha tanpa jaminan,"tutur Dicky.

Modal awal yang ditawarkan dalam program ini melalui limit Rp 2 juta. Limit ini kemudian akan ditambah menjadi Rp 5 juta seiring berjalan waktu.

Sementara untuk program PNM Mekaar Plus, limit modal pinjaman awal sebesar Rp 15 juta dan bisa menjadi Rp 25 juta limit tambahannya.

Setelah modal awal dikucurkan, PNM akan memberikan pembinaan usaha ke nasabahnya.

"Selama 2 pekan setelah modal awal cair, tidak langsung kita lepas. Tapi PNM akan memberikan pembinaan usaha," terang Dicky.

"Fluktuatif tingkat bunga tetap terjaga. Dari bunga tersebut nasabah mendapat pendampingan, pelatihan dan memajukan usaha. Nasabah mendapat selain aspek finansial, juga mendapat modal sosial dan modal intelektual," jelas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.