Sukses

Penonton WSBK Mandalika Lampaui Donington, Erick Thohir: Angin Segar bagi Indonesia

Kejuaraan motor World Superbike (WSBK) dan World Supersport (WSSP) yang berlangsung pada 12-13 November 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit telah tuntas.

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan motor World Superbike (WSBK) dan World Supersport (WSSP) yang berlangsung pada 12 - 13 November 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit telah tuntas.

Satu hal yang menarik perhatian adalah laporan dari Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2022 Jamaluddin Maladi bahwa jumlah penonton di Mandalika melampaui jumlah penonton WSBK di Sirkuit Donnington, Inggris.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas pencapaian tersebut. Tingginya jumlah penonton tersebut merupakan pembuktian banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya, serta Indonesia.

Menurut Erick, membludaknya penonton menunjukkan kepercayaan publik terhadap keamanan Sirkuit Mandalika yang baru dua kali menjadi tuan rumah WSBK. Publik juga menaruh kepercayaan terhadap kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika.

Erick juga menggarisbawahi bahwa suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia setinggi WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat.

"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," ujar Erick.

Para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK maupun WSSP dapat menjadi duta Indonesia dimata dunia.

"Mereka akan menyebarkan kabar baik tentang Indonesia di luar negeri," ungkap Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hari Terakhir WSBK Mandalika 2022, Penonton Tampak Lebih Ramai

Penononton mulai menunjukkan peningkatan pada hari ketiga WSBK Mandalika, Minggu (13/11/2022). Tribun-tribun yang sebelumnya sepi, mulai ramai sejak pagi hari.

Pantauan Liputan6.com, kursi-kursi di tribun A dan B mulai terisi. Pemandangan ini berbeda dibanding hari kedua saat race 1 WSBK berlangsung. Saat itu, tribun beratap itu nyaris tanpa penonton.

Suasana pelatran parkir di depan pintu masuk utama juga lebih ramai dari biasanya. Dari informasi yang didapat, tiket terjual untuk hari ketiga WSBK Mandalika 2022 mencapao 30 ribu lembar.

Di hari terakhir, para pembalap WSBK 2022 akan menjalani dua sesi perebutan poin di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Satu lewat balapan Superpole dan satu lagi adalah Race 2.

Pembalap Aruba.it, Alvaro Bautista masih memimpin klasemen dengan 527 poin. Sementara posisi kedua ditempati pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu dengan 450 poin.

Keduanya kini hanya terpaut 77 poin setelah Toprak berhasil mengalahkan Bautista di Race 1. Pada balapan ini, Toprak finis pertama dan Bautista di tempat kedua.

Peningkatan jumlah penonton sebelumnya telah diprediksi Direktur utama MGPA, Priandhi. Menurutnya, puncak keramaian WSBK Mandalika terjadi pada hari terakhir, Minggu (13/11).

"Untuk para penggemar balap biasanya sukanya datang di Sabtu atau Minggu ya. Puncaknya mungkin baru Minggu di hari terakhir," katanya, Sabtu (12/11).

3 dari 4 halaman

Sapu Bersih Seluruh Race di WSBK Mandalika 2022, Toprak Razgatlioglu: Alhamdulillah, Ini Akhir Pekan Terbaikku

Meski gagal mempertahankan gelar juara dunia, Toprak Razgatlioglu tetap menyambut positif keberhasilannya menyapu bersih seluruh balapan pada WSBK Mandalika 2022. Pembalap Pata Yamaha itu bangga karena bisa mempersembahkan tiga kemenangan di hadapan penonton Indonesia. 

Toprak memenangkan seluruh balapan WSBK yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, 11-13 November 2022. Setelah finis pertama di Race 1, Toprak juga merebut balapan superpole dan Race 3 pada hari terakhir, Minggu (13/11/2022). Sayang, hasil ini tidak cukup menghentikan langkah pembalap Aruba.it, Alvaro Bautista untuk mengunci gelar juara dunia WSBK 2022. 

Bautista saat ini memimpin dengan 553 poin. Sementara Toprak berada di urutan kedua dengan 487 poin, disusul Jonathan Rea dari Kawasaki di tempat ketiga. Meski masih menyisakan satu seri lagi di Sirkuit Phillip Island, Australia, Bautista dipastikan tidak bisa tergusur lagi dari puncak klasemen. 

"Pekan ini kami mengawalinya dengan sangat baik dan kalian tahu, kalau saya selalu mengatakan saya butuh tiga kemenangan di sini karena ini kesempatan terakhir saya. Saya sudah berikan segalanya untuk akhir pekan ini, terutama di race terakhir," kata Toprak dalam jumpa pers usai lomba. 

Pada Race kedua yang berlangsung, Minggu (13/11/2022), Toprak memang sempat mendapat perlawanan ketat dari Jonathan Rea dan Alvaro Bautista. Kedua pembalap itu secara bergantian sempat menggusur Toprak dari urutan pertama. Namun pada akhirnya, Toprak berhasil merebutnya lagi. 

Dia akhirnya menyelesaikan 21 lap di posisi pertama. "Tentu saja saya tetap senang karena di negara muslim ini saya bisa menang 3 kali. Ini luar biasa bagi saya. Dan benar, kami kehilangan gelar juara. Tapi seperti kita tahu, saya tidak mengejar itu. Saya hanya berusaha untuk menang," katanya.

4 dari 4 halaman

Terpacu Kehadiran Penonton

Pada kesempatan yang sama, Toprak juga mengaku senang melihat penonton yang kembali memadati tribun di hari terakhir WSBK Mandalika 2022. Dia mengaku, kehadiran mereka menambah semangatnya untuk memberikan hasil terbaik, khususnya pada Race 3, Minggu (13/11/2022).      

"Alhamdulillah, kami bisa bisa merebut tiga kemenangan. Ini adalah akhir pekan terbaikku tahun ini dan terima kasih kepada seluruh fans karena kemarin, saya tidak lihat banyak fans tapi hari ini ada banyak yang datang. Terima kasih telah datang. Melihat banyak orang, saya lebih bertenaga karena kalian tahu, saya juga muslim. Dan itu memberi energi bagiku, jadi terima kasih sudah datang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.