Sukses

Harta 10 Miliarder Ini Anjlok selama 2022, Siapa Saja?

Karena ekonomi global yang sedang mengalami penurunan, Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut prospek ekonomi kian suram.

Liputan6.com, Jakarta Bank Dunia merilis data sebanyak 500 orang terkaya di dunia telah mengalami kerugian kumulatif hingga USD 1,4 triliun atau sekitar Rp 21,8 kuadriliun pada 2022. Sebagai perbandingan, jumlah tersebut sama dengan PDB Spanyol yang sebesar USD 1,43 triliun pada 2021.

Penurunan harga para miliarder dunia ini karena ekonomi global yang sedang mengalami penurunan. Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut prospek ekonomi kian suram. Bahkan orang-orang terkaya di dunia pun tidak luput dari kesengsaraan keuangan.

Jadi, kira-kira siapa saja miliarder yang kekayaan bersihnya paling banyak menurun di tahun ini? Sebagian besar mereka berasal dari perusahaan Big Tech, banyak di antaranya melaporkan pendapatan mengecewakan pada September dan Oktober kemarin.

Dilansir dari South China Morning Post, Kamis (10/11/2022), berikut daftar 10 miliarder  yang paling banyak mengalami kerugian sepanjang  2022:

10. Bill Gates dari Microsoft USD 27,3 miliar

Sementara banyak miliarder dalam daftar kehilangan uang dari saham yang jatuh, pendiri Microsoft dan mantan orang terkaya di dunia Bill Gates ini kehilangan uang karena alasan yang berbeda, yaitu untuk beramal.

Pada bulan Juli, Gates mengumumkan di Twitter, “Saya berencana untuk memberikan hampir semua kekayaan saya ke yayasan. Saya akan turun dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia.”

Menurut BBC, Gates memasangkan pengumuman itu dengan sumbangan USD 20 miliar untuk dana filantropinya, Bill & Melinda Gates Foundation.

9. Françoise Bettencourt Meyers dari L'Oréal USD 30,7 miliar

Françoise Bettencourt Meyers, yang dikenal sebagai cucu dari pendiri L'Oréal, mengalami kerugian bersih sebesar USD 30,7 miliar dari 33 persen sahamnya di L'Oréal. Salah satu kontributor utama kerugiannya adalah penurunan saham L'Oréal pada Oktober, yang dilaporkan Investing.com disebabkan oleh penguncian Covid-19 di China yang memengaruhi divisi produk mewah utama perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8. Filantropis MacKenzie Scott USD 31,7 miliar

Seperti Gates, MacKenzie Scott juga mengalami penurunan kekayaan bersihnya akibat dari upaya filantropisnya. Setelah perceraiannya dengan Jeff Bezos dari Amazon, Scott menerima 25 persen saham Bezos di Amazon atau sekitar 4 persen dari perusahaan.

Menurut Forbes, dia menandatangani Giving Pledge pada tahun 2019 dan berjanji untuk memberikan setengah dari kekayaannya selama hidupnya. Pada bulan Mei, USA Today melaporkan bahwa Scott telah memberikan USD 12 miliar ke berbagai badan amal sejak 2020.

7. Sergey Brin dari Google USD 38,1 miliar

Pendiri dan anggota dewan Google Sergey Brin kehilangan USD 38,1 miliar tahun ini. Hal itu karena perusahaan induk Google, Alphabet, meleset dari perkiraan untuk laba kuartal September karena bisnis periklanan digitalnya gagal memenuhi target, Investors.com melaporkan.

6. Bernard Arnault dari LVMH USD 38,2 miliar

Orang terkaya di dunia pada tahun 2021, Bernard Arnault dari LVMH menemukan dirinya dalam daftar miliarder dengan kerugian tertinggi dengan penurunan kekayaan bersih menyentuh USD 38,2 miliar. Pada bulan September saja, miliarder Prancis ini kehilangan USD 4,06 miliar karena efek dari data inflasi baru dan kenaikan suku bunga, menurut Pengusaha.

Namun, kekayaan bersihnya mungkin masih bangkit kembali karena Reuters melaporkan bahwa penjualan LVMH tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya, sebagian berkat peningkatan daya beli konsumen Amerika.

5. Larry Page Google USD 39,2 miliar

Page, yang ikut mendirikan Google dan berbagi 12 persen saham Alphabet dengan Sergey Brin, mengalami penurunan kekayaan bersih yang serupa dengan salah satu pendirinya. Kerugiannya mencapai USD 39,2 miliar. Itu kemungkinan juga karena target yang terlewatkan oleh Alphabet dan penurunan pendapatan iklan YouTube dalam laporan bulan September.

3 dari 4 halaman

4. Jeff Bezos dari Amazon USD 65,7 miliar

Pendiri dan ketua eksekutif Amazon Bezos telah melihat penurunan kekayaan bersihnya untuk sementara waktu sekarang. New York Post melaporkan bahwa kekayaan bersihnya telah turun lebih dari USD 90 miliar sejak Juli 2021.

Tahun ini, ia merugi lagi sekitar USD 65,7 miliar dan bahkan merugi sebanyak USD 23 miliar pada 27 Oktober setelah perusahaan ritel online-nya memperkirakan penjualan lebih lambat untuk liburan. Namun, harga saham rebound pada bel pembukaan hari berikutnya, mengurangi kerugian semalam menjadi USD 7,5 miliar.

3. Elon Musk dari Tesla USD 66,4 miliar

Musk, CEO Tesla, baru-baru ini membuat berita tentang pembelian Twitternya yang penuh gejolak. Dia berulang kali berubah pikiran untuk mendorong kesepakatan itu, sebelum akhirnya membeli platform media sosial itu seharga USD 44 miliar.

Akuisisi tersebut menyebabkan Musk mengalami penurunan kekayaan bersih senilai USD 9 miliar, menurut majalah Time. Dia sekarang menghadapi beberapa tantangan keuangan dalam mengubah bisnisnya. Hal itu karena Twitter telah gagal menghasilkan keuntungan tahunan dalam tiga dari lima tahun terakhir.

Menurut Forbes, Musk juga menghadapi kerugian finansial di awal tahun, ketika saham Tesla turun 8 persen pada Mei.

2. Changpeng Zhao dari Binance USD 72,6 miliar

Pendiri dan CEO Binance Zhao, yang pada satu titik bernilai USD 96 miliar, telah mengakumulasi kerugian sebesar USD 72,6 miliar. Itu dipengaurhi oleh kecelakaan cryptocurrency yang menyebabkan mata uang digital kehilangan nilainya sebesar USD 2 triliun.

Binance merilis sebuah laporan pada bulan September yang mengumumkan bahwa “pasar crypto sedang runtuh”. Kecelakaan itu dikaitkan dengan faktor ekonomi makro, karena dolar AS menunjukkan peningkatan kekuatan versus bitcoin, cryptocurrency paling terkenal.

 

 

4 dari 4 halaman

1. Mark Zuckerberg dari Facebook USD 87,3 miliar

Kerugian bersih terbesar tahun ini terjadi di pendiri Facebook dan CEO Meta, Zuckerberg. Sejak September 2021, pria berusia 38 tahun itu telah kehilangan lebih dari setengah kekayaannya. Hal itulah yang menyebabkan dia keluar dari daftar 10 orang terkaya di AS, daftar yang dia ikuti sejak 2015, lapor Forbes.

Penurunan tajam itu disebabkan oleh saham Meta. Menurut Forbes, saham Meta anjlok 57 persen sejak Forbes 400 tahun lalu dari periode waktu yang sama. Penurunan ini terutama disebabkan oleh kerugian pendapatan iklan karena perubahan kebijakan privasi oleh Apple, serta persaingan dari sesama aplikasi media sosial TikTok. Laba operasinya juga dipengaruhi oleh investasi besar perusahaan di metaverse.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.