Sukses

Kimia Farma Bawa Wirausahawan Naik Kelas Lewat UMKM Academy 3.0

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, Kimia Farma kembali melaksanakan Program Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ke-3 kalinya.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, Kimia Farma kembali melaksanakan Program Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ke-3 kalinya.

Hal ini diwujudkan melalui Grand Opening UMKM Academy 3.0 yang diresmikan oleh M. Rony Hidayat selaku General Manager Umum dan Teknologi Informasi PT Kimia Farma Tbk.

Selain itu turut hadir Riana Setia selaku analis perdagangan Kementerian Perdagangan RI dan Ria Andriana selaku CEO Sushi Street sebagai narasumber dalam agenda CEO Talk yang membahas mengenai kisah sukses perjalanan bisnisnya.

UMKM Academy 3.0 merupakan program pendampingan UMKM yang menitikberatkan pada upaya peningkatan daya saing dengan pendekatan aspek manajerial UMKM yang dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, dengan melibatkan mentor UMKM profesional.

Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen Kimia Farma yang sejalan dengan target SDGs nomor 8 yaitu untuk menyediakan pekerjaan layak dan peningkatan ekonomi.

“UMKM Academy telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dengan total jumlah peserta selama tiga tahun mencapai 120 mitra binaan dan menghasilkan 16 UMKM naik kelas dari aspek peningkatan omset, peningkatan kapasitas produksi, serta penyediaan fasilitas legalitas berupa Perseroan Terbatas (PT), Commanditaire Vennootschap (CV), perizinan BPOM dan Halal MUI”, ujar M. Rony Hidayat selaku General Manager Umum dan Teknologi Informasi PT Kimia Farma Tbk, Rabu (2/11/2022).

Alur program UMKM Academy 3.0 dimulai dari webinar, prainkubasi, inkubasi, post inkubasi berupa pendampingan, presentasi final naik kelas dan graduation. Inkubasi dilakukan selama empat minggu berupa pelatihan teknis dan pendampingan mentor terlatih secara online.

Post inkubasi dilakukan dengan evaluasi dan improvement dari para UMKM, sehingga program ini kurang lebih akan terlaksana dalam empat bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Metoda UMKM Academy

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta UMKM Academy 3.0 kategori intermediate mayoritas berasal dari peserta tahun lalu yang telah ter-upgrade.

Sehingga di tahun ini metoda UMKM Academy dibagi menjadi dua kategori pendekatan yaitu kategori basic yang diperuntukan untuk UMK tahap dasar dengan skala produksi yang masih kecil, belum memiliki brand identity dan belum paham mengenai pembukuan laporan keuangan, sedangkan kategori intermediate diperuntukkan kepada UMK binaan Kimia Farma yang dianggap sudah berada di level yang lebih baik dalam brand identity, pembukuan keuangan, dan jangkauan pemasaran.

Dengan adanya perbedaan kriteria tersebut, pendekatan pembelajaran materi pada UMKM Academy 3.0 menjadi berbeda sesuai kategorinya.

“Dari 376 pendaftar terdapat 40 UMKM yang lolos seleksi menjadi peserta UMKM Academy 3.0. Peserta tersebut terdiri dari 30 mitra binaan kategori basic dan 10 mitra binaan kategori intermediate untuk dipersiapkan naik kelas. Semoga melalui UMKM Academy 3.0 ini menjadi wadah pembelajaran bagi pelaku usaha UMKM dalam mengimplementasikan manajerial UMKM yang mapan” tutup M. Rony Hidayat.

3 dari 3 halaman

Kimia Farma Gandeng Bank Mandiri Permudah Akses Layanan Kesehatan

Sebagai upaya memperkuat digitalisasi di lingkungan bisnis, PT Kimia Farma Tbk bersama Bank Mandiri bersinergi membangun bisnis yang sustainable.

Proses digitalisasi Kimia Farma meliputi produk digital milik Kimia Farma yaitu Kimia Farma Mobile yang terintegrasi dengan aplikasi Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, Pelayanan Payment Point Online Bank (PPOB) di semua jaringan Apotek Kimia Farma, serta kerjasama penyediaan solusi value chain financing untuk ekosistem healthcare Kimia Farma.

Perwujudan kemitraan bisnis tersebut ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kimia Farma dengan Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (4/10/2022) kemarin.

Penandatanganan kerjasama ini juga dihadiri oleh Direktur Utama Kimia Farma David Utama beserta Jajaran Direksi serta Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi bersama Direktur Treasury and Internasional Banking Bank Mandiri Panji Irawan.

“Melalui kerjasama ini, layanan yang berbasis mobile digital platform milik Kimia Farma yaitu Kimia Farma Mobile dan Livin’ by Mandiri, akan menjadi platform andalan setiap masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan,” ujar Direktur Utama Kimia Farma David Utama, dikutip Rabu (4/10/2022).

Kimia Farma Mobile nantinya akan dapat diakses melalui Livin’ di fitur Sukha, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk lebih mudah memenuhi kebutuhan produk dan layanan kesehatan sehari-hari, mempermudah bertransaksi serta mempermudah pembayaran tanpa perlu berpindah ke aplikasi lain dengan menerapkan konsep one stop solution for all your lifestyle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.