Sukses

Nyaris Berbarengan, Erick Thohir Ajak Delegasi KTT G20 Nonton WSBK di Mandalika

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir berencana mengajak peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 hadir memeriahkan gelaran World Superbike atau WSBK Mandalika. Alasannya kedua helatan akbar ini dilaksanakan pada satu pekan yang sama di November 2022.

Untuk diketahui, WSBK 2022 akan dihelat pada 11-13 November 2022. Sementara KTT G20 akan dihelat pada 15-16 November 2022. Dari segi jarak, Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak terlalu jauh dengan Bali, sebagai lokasi KTT G20.

"Kita juga akan ada World SuperBike bulan November ini, ini sudah diputuskan sama kita semua ini jadi road to G20 karena kan 11-12 (November 2022) itu world super bike, habis itu langsung G20," ujarnya kepada wartawan di Gedung Sarinah, ditulis Kamis (20/10/2022).

Informasi, Erick telah bertemu dengan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan Carlos Ezpeleta sebagai Chief Sporting Director Dorna Sports. Poin pertemuannya membahas kesiapan Mandalika sebagai lokasi pelaksanaan WSBK 200 dan MotoGP 2023.

"Jadi sekarang kita lagi coba connect bagaimana juga yang ada di Bali bisa datang ke Mandalika karena itu week-nya satu minggu itu padet sekali semua," katanya.

Lebih lanjut, Erick menyebut kalau langkah ini jadi salah satu upaya untuk mensinergikan beberapa titik-titik wisata di Indonesia. Mengingat, Bali memiliki sejumlah titik wisata, begitupun Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak tempat wisata.

"Jadi ini kesempatan kita sinergikan beberpaa titik destinasi wisata. Karena tidak mungkin kalau kita membangun titik wisata ini sendiri-sendiri, enggak mungkin. Karena itu bisa menjadi salah satu bersambung satu dan lainnya, ini menjadi hal yang bagus," papar Erick Thohir.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kesiapan Gelar MotoGP

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Pertamina Mandalika International Circuit di Nusa Tenggara Barat akan jauh lebih siap saat menggelar balapan MotoGP tahun 2023. Ini terungkap pasca ia bertemu dengan pihak daei Dorna Sports, di Sarinah.

Erick menyatakan, segala hal yang dibutuhkan akan dimaksimalkan agar seri MotoGP pada musim keduanya di Indonesia itu berjalan lebih seru, menarik, dan memuaskan banyak pihak. Dengan pertemuan ini, berarti persiapan dimulai lebih lama, sekitar 1 tahun kedepan.

"Hari ini saya menerima kedatangan Dorna Sports sebagai bagian dari kepastian dan kesiapan kita untuk menjadi bagian dari seri MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika pada bulan Oktober. Sudah tentu kita akan siapkan yang terbaik, mulai dari aspalnya, lokasi parkir, dan perbesar tribun penonton agar jauh lebih memuaskan pebalap, sponsor, dan penonton," ujar Erick Thohir kepada wartawan di Gedung Sarinah, ditulis Kamis (20/10/2022)

 

3 dari 4 halaman

Bertemu dengan Dorna Sports

Untuk diketahui, Erick menyambut CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan Carlos Ezpeleta sebagai Chief Sporting Director Dorna Sports. Erick menambahkan pihak Dorna sangat puas atas penyelenggaraan tahun lalu yang mampu mendatangkan sekitar 60 ribu penonton.

"Oleh sebab itu, terkait penyelenggaraan event olahraga seperti MotoGP kita harus terus perbaiki dan tingkatkan kesiapan sehingga ajang ini tak hanya sekadar lomba balap motor, tapi juga menjadi destinasi wisata yang dinantikan banyak pihak sehingga akan banyak sektor terangkat, seperti ekonomi daerah, UMKM, perhotelan, dan sebagainya," lanjut Erick.

Maka, Erick berharap MGPA sebagai pengelola Sirkuit Mandalika terus meningkatkan kesiapan sirkuit dan sarana pendukungnya.

 

4 dari 4 halaman

35 BUMN Kembangkan Mandalika

Menteri BUMN Erick Thohir berharap BUMN sebagai agen pembangunan dapat terlibat membangun daerah Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mandalika merupakan salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) atau Bali Baru yang sempat jadi tuan rumah MotoGP 2022.

Sebagai inisiasi BUMN dalam mendukung pengembangan Mandalika, 35 perusahaan pelat merah berkolaborasi dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang diwujudkan melalui Bakti BUMN untuk Mandalika.

Erick Thohir menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara BUMN, Pemda dan Masyarakat NTB. Sehingga Program Bakti BUMN untuk Mandalika dapat terlaksana dengan baik.

"Pemerintah telah menetapkan Mandalika sebagai salah satu dari 5 DPSP dan untuk mewujudkannya BUMN telah membangun Sirkuit Mandalika dan telah melaksanakan berbagai even nasional dan internasional. Program Bakti BUMN Untuk Mandalika hadir sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat NTB, khususnya Mandalika," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022).

Erick menjelaskan, program TJSL terfokus pada 3 bidang prioritas yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK.

"Kesuksesan Bakti BUMN Untuk Mandalika ini adalah kolaborasi yang telah dijalankan oleh berbagai pihak baik itu BUMN, Pemerintah Daerah dan Masyarakat sekitar Mandalika. Semoga BUMN serta Pemda dan masyarakat Mandalika dapat terus bersama-sama mewujudkan Indonesia yang maju, makmur dan mendunia," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.