Sukses

Ternyata Inilah 12 K-Drama Berbiaya Produksi Termahal Sepanjang Masa, Pernah Nonton?

Dari drama Korea fantasi sejarah seperti Arthdal Chronicles hingga drama romantis fantasi ringan seperti The Legend Of The Blue Sea, inilah 12 drama korea termahal yang pernah dibuat.

Liputan6.com, Jakarta Drama korea atau orang-orang menyebutnya dengan drakor menjadi salah satu tontonan yang menarik perhatian di hampir seluruh negara. Sejak pertama kali muncul hingga saat ini ada banyak pilihan K-drama yang bisa dinikmati. Namun, kira-kira drama mana yang memakan biaya produksi termahal sepanjang masa?

Para pecinta drakor mungkin pernah bertanya-tanya terkait hal ini. Kualitas produksi yang sempurna untuk memastikan adegan aksi terbaik, pemeran bintang popular, dan kostum terbaik adalah alasan produksi K-drama begitu mahal.

Dengan bintang Korea bonafide, seperti Kim Soo-hyun yang mendapatkan bayaran sebesar USD 440.000 untuk One Ordinary Day (per episode) dan Song Joong-ki yang memperoleh USD 160.872 untuk Vincenzo (per episode), biaya produksinya begitu tinggi.

Dari drama Korea fantasi sejarah seperti Arthdal Chronicles hingga drama romantis fantasi ringan seperti The Legend Of The Blue Sea, inilah 12 drama korea termahal yang pernah dibuat seperti melansir laman lifestyleasia.com, Selasa (18/10/2022).

1. Arthdal Chronicles (2019)

Anggaran keseluruhan: 54 miliar won

Dengan berfokus pada fantasi sejarah, Arthdal Chronicles menjadi K-drama pertama yang biaya produksinya tinggi. Beberapa alasan di balik anggarannya yang besar itu karena adegan syuting yang dilakukan di dua negara yaitu Brunei dan Osan, CGI berteknologi tinggi, dan pemain bertabur bintang, seperti Song Joong-ki, Kim Ji-won dan Jang Dong-gun. Biaya produksi per episode dilaporkan 3 miliar won pada saat itu.

2.  Legend (2007)

Anggaran keseluruhan: 43 miliar won

Salah satu acara TV tertua yang dibuat dengan anggaran tinggi, The Legend adalah K-drama bersejarah dengan pemeran bintang besar termasuk Oh Kwang-rok, Choi Min-su, Moon So-ri dan Park Sang-won. Menurut berbagai laporan, pemeran bintang utama mengenakan biaya sekitar 250 juta won pada waktu itu secara total. Dan, total biaya produksi meroket tinggi karena set yang berat dan lokasi yang megah bersama dengan kostum dan efek khusus.

3. Bulgasal: Immortal Souls (2021)

Anggaran keseluruhan: 40 miliar won

Sebuah thriller sejarah yang memiliki aksi penuh kekuatan dan efek khusus di 16 episodenya, Bulgasal: Immortal Souls adalah salah satu K-drama termahal yang pernah dibuat.

Berbagai tema yang tidak biasa, seperti transformasi tubuh telah dieksplorasi dalam pertunjukan ini. Itulah sebabnya pembuatnya menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan visual yang benar.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kingdom 1 & 2 (2019-2020)

Anggaran keseluruhan: 35 miliar won

Drama sejarah yang termasuk dalam genre zombie-horror ini murni didasarkan pada visi luar biasa dari pendongeng populer Korea Selatan dengan sutradara film Kim Seong-hun dan penulis televisi Kim Eun-hee.

Ini awalnya merupakan seri delapan episode, tetapi dipotong menjadi enam episode karena masalah anggaran. Alasannya termasuk menciptakan kembali adegan dari periode Joseon bersama dengan unsur romansa dan kiamat zombie. Ia juga memiliki nama besar seperti Ju Ji-hoon, Bae Doona dan Ryu Seung-ryong. Sesuai laporan, biaya satu episode serial ini mencapai sekitar 3 miliar won.

5. Snowdrop (2021)

Anggaran keseluruhan: 32 miliar won

Drama lain dalam daftar drama Korea termahal, seri ini memiliki beberapa nama besar di industri yang menjadi headline, seperti Jung Hae-in, Jisoo Kim dari band K-pop BLACKPINK, Yoo In-na, Jang Seung-jo dan Kim Hye Yoon. Selain itu, urutan aksi terbaik juga mahal untuk dipotret.

6. The King: Eternal Monarch (2020)

Anggaran keseluruhan: 30 miliar won

Dibintangi oleh Lee Min-ho, salah satu aktor Korea Selatan dengan bayaran tertinggi saat ini, drama ini didasarkan pada royalti. Serial ini sangat dibicarakan karena melihat kembalinya Lee setelah wajib militer. Ini mengumpulkan banyak buzz karena anggarannya yang tinggi, tampilan kostum dan perhiasan yang kaya, dan tentu saja aktor utamanya yang dikenal dengan biaya sekitar 70 juta won untuk setiap episode.

7. Mr.Sunshine (2018)

Anggaran keseluruhan: 40 miliar won

Pembuat drama bersejarah ini mengikat Lee Byung-hun sebagai pemeran utama. Total biaya satu episode, termasuk gaji pemeran utama, adalah 1,5 miliar won per episode.

Drama ini menceritakan tentang senjata dan kejayaan dan didasarkan sekitar tahun 1871 di Korea. Drama ini memiliki banyak adegan pertempuran yang dikoreografikan dengan baik, menambah anggarannya yang tinggi.

 

3 dari 3 halaman

8. Jirisan (2021)

Anggaran keseluruhan: 30 miliar won

Aksi, sensasi, dan misteri adalah tema utama pertunjukan drama ini. Adegan aksi, CGI, dan gaji pemeran utama Ju Ji-Hoon, Jun Ji-hyun dan Oh Jeong-Se adalah beberapa alasan utama di balik anggarannya yang tinggi.

Petualangan di gunung Jiri ditangkap menggunakan efek khusus seperti yang dikonsep oleh sinematografer Choi Sang-mook dan sutradara terkenal Lee Eung-bok. Serial ini telah dikembangkan oleh Studio Dragon yang memastikan kualitas terbaik dan urutan aksi yang luar biasa.

9. Sweet Home (2020)

Anggaran keseluruhan: 30 miliar won

Pertunjukan horor-thriller Sweet Home disutradarai oleh Lee Eung-bok yang telah memimpin pertunjukan drama beranggaran besar lainnya, seperti Jirisan dan Mr Sunshine. Drama dengan sepuluh episode ini telah diadaptasi dari webtoon dan memiliki efek CGI berteknologi tinggi untuk menciptakan monster yang menyebabkan anggarannya meroket. Sekitar 3 miliar won dihabiskan per episode pada waktu itu.

10. Vagabond (2019)

Anggaran keseluruhan: 25 miliar won

Drama aksi ini telah difilmkan di luar negeri di lokasi, seperti Maroko dan Portugal, salah satu alasan utama berkontribusi terhadap anggarannya yang tinggi untuk menjadikannya salah satu drama Korea termahal yang ditayangkan. Serial ini dibintangi oleh Bae Suzy, Lee Seung-gi dan Shin Sung-rok dalam peran utama juga.

11. Squid Game (2021)

Anggaran keseluruhan: 22 miliar won

Aktor brilian termasuk Lee Jung-jae, Park Hae-soo dan Heo Seong-tae menciptakan sejarah dengan serial drama ini berdasarkan permainan anak-anak. Drama ini dirilis di raksasa streaming Netflix dan menjadi salah satu acara yang paling banyak ditonton bahkan di pasar internasional. Pembuatnya memulihkan modal yang diinvestasikan dengan cepat karena pertunjukan itu menghasilkan keuntungan besar.

12. Legend of the Blue Sea(2016-2017)

Anggaran keseluruhan: 25 miliar won

Drama romantis ini memiliki bintang Korea Selatan yang paling dicintai Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun, dan merupakan salah satu drama Korea termahal yang pernah dibuat. Pertunjukan diatur dalam dunia fantasi dan memiliki visual yang menarik dan efek khusus. Ini telah difilmkan di lokasi eksotis di Korea Selatan dan lokasi internasional lainnya seperti Spanyol. Jun dilaporkan memperoleh sekitar 100 juta won untuk proyek ini pada waktu itu.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.