Sukses

Inilah 11 Kampus Pencetak Miliarder Dunia

Liputan6.com, Jakarta Perguruan tinggi di Amerika berhasil mendidik mahasiswanya hingga mampu menjadi miliarder dunia. Pada akhirnya mereka pun berhasil masuk dalam Forbes 400.

Meski secara keseluruhan Forbes menemukan miliarder yang masuk dalam Forbes 400 ada di lebih dari 150 universitas di seluruh dunia, tetap ada segelintir sekolah yang ternyata lebih sukses daripada yang lain dalam menghasilkan miliarder.

Menurut pemeringkatan Forbes, tidak ada institusi yang memiliki lebih banyak alumni sarjana yang telah mencetak miliarder dunia selain University of Pennsylvania. Terkenal dengan Wharton School-nya, institusi Philadelphia memiliki 17 lulusan dalam daftar Forbes, naik dari 14 tahun lalu.

“Saya mengambil banyak kursus keuangan di Wharton,” kata Donald Trump tentang pendidikannya seperti dilansir Forbes, Senin (3/10/2022).

“Pertama mereka mengajari Anda semua aturan dan peraturan. Kemudian mereka mengajari Anda bahwa aturan dan peraturan itu benar-benar dimaksudkan untuk dilanggar,” sambungnya.

Trump telah berhasil membawa Penn kembali ke puncak setelah absen selama satu tahun. Adapun yang lainnya termasuk pendiri D1 Capital Partners Daniel Sundheim dan ketua eksekutif C&S Wholesale Grocers Rick Cohen.

“Bagi saya, Penn sangat penting,” kata Presiden dan COO Blackstone Jon Gray. Dia mengatakan bahwa pendidikan seni liberal yang ia ikuti mengajarinya keterampilan analitis dan komunikasi, mempersiapkannya dengan baik untuk berkarier di bidang bisnis.

Selain itu, dia juga akhirnya bisa bertemu dengan siswa lain yang termotivasi dan menjalin hubungan yang langgeng, seperti bertemu istrinya Mindy Gray, di kelas puisi romantis.

“Baik seni liberal dan keuangan memungkinkan saya untuk bertemu dengan semua orang luar biasa ini dan benar-benar menciptakan batu loncatan selama sisa hidup saya,” kata Gray. “Baik Mindy dan saya merasakan hutang budi yang sangat besar ini.”

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Universitas Pencetak Miliarder Dunia

University of Pennsylvania, ada Harvard yang berhasil mencetak miliarder terbanyak kedua. Namun sayangnya, di tahun ini jumlahnya menurun. Ada tiga alumni keluar dari peringkat.

Tak ketinggalan ada Stanford yang menjadi sekolah terpopuler ketiga tahun lalu dari daftar Forbes 400. Namun, tahun ini justru turun ke urutan kelima.

Di samping itu, jangan selalu beranggapan setiap miliarder yang kini sukses itu sudah menyelesaikan pendidikannya. Sebab, ada setidaknya 37 orang kaya dalam daftar tersebut putus kuliah. Harvard, misalnya, memiliki empat dropout di The Forbes 400, terbanyak dari universitas mana pun. Di dalamnya termasuk Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Ada pula Universitas New York yang memiliki tiga orang putus sekolah, termasuk salah satu pendiri Twitter dan Block, Jack Dorsey.

Selain itu, ada 20 orang terkaya di Amerika hanya memiliki ijazah sekolah menengah. Bahkan ada pula yang tidak pernah menyelesaikan sekolah menengah, salah satunya Todd Christopher, pendiri dan CEO perusahaan produk perawatan rambut Vogue International.

Lantas, universitas mana saja yang kini menjadi orang terkaya di dunia? Berikut daftarnya seperti melansir Forbes.

 

3 dari 7 halaman

1. Universitas Pennsylvania: 17 lulusan

Penn merebut kembali gelarnya sebagai alumni terbanyak dalam daftar Forbes tahun ini, setelah menempati posisi kedua pada tahun 2021 dan pertama pada tahun 2019. Perguruan tinggi ini menjadi almamater orang terkaya di Amerika. Salah satu yang paling dikenal adalah Elon Musk, yang lulus pada tahun 1997 dengan gelar fisika dan ekonomi.

Alumni Penn lainnya termasuk investor dan janda salah satu pendiri Apple Steve Jobs, Laurene Powell Jobs–yang kembali ke Penn pada tahun 2021 untuk menyampaikan pidato kelulusan–dan alumnusnya yang paling terkenal. Selain itu, ada Donald Trump, yang memperoleh gelar sarjana bisnis pada tahun 1968 setelah pindah dari Universitas Fordham. Trump kembali ke The Forbes 400 tahun ini menempati posisi ke-343 setelah jatuh dari daftar tahun lalu.

Empat anggota keluarga Lauder, pewaris kekayaan Estée Lauder, juga termasuk di antara alumni Penn. Mereka ialah saudara Ronald dan Leonard, putri Ronald Aerin, dan putra Leonard William. Penn's Lauder Institute of Management and International Studies dan Lauder College House menyandang nama keluarga tersebut.

 

 

4 dari 7 halaman

2. Universitas Harvard: 11 lulusan

Harvard tergelincir dari posisi teratas seperti tahun lalu, tetapi tidak jatuh terlalu jauh. Pemilik Los Angeles Clippers dan mantan CEO Microsoft Steve Ballmer adalah lulusan Harvard terkaya dalam daftar, dia menempati peringkat kedelapan di The Forbes 400. Ada pun Nathan Blecharczyk, salah satu pendiri dan chief strategy officer Airbnb, salah satu dari hanya 10 anggota 400 di bawah 40 tahun.

Pendiri dan CEO Citadel, Ken Griffin, menempati urutan teratas dalam daftar di posisi 21. Dia tidak menunggu sampai mendapatkan gelarnya untuk mulai berinvestasi. Sejak masih berkuliah, dia membeli opsi put di Jaringan Belanja Rumah dan membuat beberapa ribu ketika runtuh. Dia juga memasang parabola di atap asramanya untuk mendapatkan harga saham secara real-time.

Dari beberapa anggota Forbes 400 yang sudah mendapat gelar sarjana ada yang masih bertahan demi melanjutkan sekolah pascasarjana. Salah satunya eksekutif minyak George Kaiser; Wakil Ketua Eksekutif Blackstone Hamilton “Tony” James; CEO Pershing Square, Bill Ackman; dan ketua investasi swasta Two Sigma J. Tomilson Hill semuanya mendapat gelar MBA dari Harvard.

5 dari 7 halaman

3. Universitas Yale: 11 lulusan

Hampir setengah dari lulusan Yale di The Forbes 400 berasal dari dua keluarga. The Marses, dari raksasa makanan hewan dan permen Mars Inc., ada tiga orang dalam daftar: John Mars yang menjadi ketua perusahaan, dan keponakannya Valerie dan Victoria Mars. Ada lagi keluarga Bass yang kaya minyak memiliki dua saudara: Robert dan Sid Bass.

Bahkan Stephen Schwarzman yang menjadi salah satu pendiri dan CEO The Blackstone Group berhasil menyelesaikan pendidikan dan lulus dari Yale pada tahun 1969. Ada pula Ketua Liberty Media John Malone dan CEO General Atomics Neal Blue termasuk di antara alumni Yale lainnya di The Forbes 400.

4. Universitas California Selatan: 10 lulusan

George Lucas sang pencipta waralaba Star Wars dan Indiana Jones memperoleh gelar sarjana seni rupa di USC sebelum menjadi donatur utama universitas tersebut. Lucas memberikan USD 175 juta untuk sekolah bioskop USC, pada saat itu sumbangan tunggal terbesar dalam sejarah USC.

Alumni lainnya termasuk Rick Caruso, pengembang real estat yang mencalonkan diri sebagai walikota Los Angeles dalam pemilihan 2022, dan co-CEO Salesforce Marc Benioff, yang sekarang duduk di dewan pengawas USC.

5. Universitas Stanford: 9 lulusan

Stanford menempati peringkat kedua setelah Massachusetts Institute of Technology pada peringkat Forbes ' 2022 America's Top Colleges, yang menganggap jumlah alumni di The Forbes 400 sebagai bagian dari metodologinya.

Stanford menghitung sejumlah pengusaha teknologi di antara lulusannya, termasuk co-creator Snapchat Evan Spiegel dan Bobby Murphy, salah satu pendiri PayPal Peter Thiel dan salah satu pendiri Roblox David Baszucki.

 

 

6 dari 7 halaman

6. Universitas Princeton: 8 lulusan

Princeton membanggakan empat alumni di 40 teratas The Forbes 400. Orang terkaya kedua di Amerika, Jeff Bezos, belajar teknik elektro dan ilmu komputer di Princeton. Bahkan mantan istrinya pun MacKenzie Scott lulus dengan gelar bahasa Inggris.

Ada pula mantan CEO Google Eric Schmidt dan investor Carl Icahn masing-masing menempati peringkat 34 dan 36 dalam daftar.

7. Universitas Columbia: 7 lulusan

Robert Kraft, CEO Grup Kraft dan pemilik New England Patriots, adalah alumnus terkaya di Columbia, dengan kekayaan sekitar USD 10,6 miliar. Rocco Commisso, CEO Mediacom, adalah nama stadion sepak bola Columbia; dia bermain sepak bola sebagai sarjana dan menjadi kapten bersama tim pria universitas tahun 1970, skuad Columbia pertama yang bersaing di turnamen sepak bola pria NCAA.

Ada juga yang termasuk dalam daftar yaitu Daniel dan Dirk Ziff, saudara laki-laki yang mewarisi kekayaan penerbitan keluarga mereka. Saudara mereka yang lain, Robert, kuliah di Harvard.

8. Universitas Cornell: 7 lulusan

Salah satu keluarga terkaya di Amerika memiliki ikatan mendalam dengan Cornell. Dia adalah saudara kandung H. Fisk dan S. Curtis Johnson dan Helen Johnson-Leipold, pewaris kekayaan SC Johnson. Almarhum ayah mereka, Samuel Curtis Johnson, Jr., dan kakek, Herbert Fisk Johnson, Jr., juga lulusan Cornell. Sumbangan USD 150 juta dari keluarga itu mengukir nama mereka di sekolah bisnis Cornell, memperkuat warisan mereka di universitas.

Alumni terkaya Cornell adalah David Duffield, salah satu pendiri PeopleSoft dan Workday, dan Robert F. Smith, pendiri Vista Equity Partners.

 

7 dari 7 halaman

9. Universitas Michigan: 7 lulusan

Satu-satunya perguruan tinggi negeri di 10 besar, alumni Universitas Michigan termasuk orang Amerika terkaya keenam, dialah pendiri Google Larry Page. Page menyampaikan pidato pembukaan sekolah pada tahun 2009 dan menerima gelar doktor kehormatan.

Juga ada yang berada di urutan teratas yaitu Stephen Ross, seorang pengembang real estat yang telah menjadi satu-satunya donor paling produktif untuk universitas. Sekolah bisnis Michigan menyandang namanya, menyusul sumbangan USD 100 juta pada tahun 2004. Sejak itu, ia memberikan USD 200 juta lagi pada tahun 2013 dan USD 50 juta lagi pada tahun 2017.

10. Dartmouth College: 6 lulusan

Alumni terkaya Dartmouth, investor Leon Black, telah diganggu oleh kontroversi selama beberapa tahun terakhir karena hubungannya dengan Jeffrey Epstein atas tuduhan penyerangan seksual. Pusat seni Dartmouth menyandang nama Black, meskipun anggota komunitas Dartmouth telah memprotes, meminta universitas untuk mengganti namanya.

Investor William Conway dan Steven Mandel; pewaris kekayaan keluarga Hyatt Hotel Anthony Pritzker; dan co-CEO perusahaan ekuitas swasta TPG Jim Coulter juga termasuk di antara alumni Dartmouth yang sangat kaya.

11. Universitas New York: 6 lulusan

Sekolah bisnis NYU dinamai Leonard Stern yang menempati peringkat 100 terkaya di Amerika, setelah donasi USD 30 juta pada 1988. Stern memberikan USD 50 juta lagi pada Juli 2021 untuk mendanai beasiswa sarjana. Tiga minggu sebelumnya, sesama anggota Forbes 400 William Berkley juga menyumbangkan USD 50 juta untuk mendanai beasiswa. Berkley menjabat sebagai ketua Dewan Pengawas NYU.

Ada lagi yang jadi lulusan terkaya NYU dialah Israel Englander, pendiri perusahaan hedge fund Millennial Management.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.