Sukses

Inflasi Tahunan Agustus 2022 Tembus 4,69 Persen, Ini Biang Keroknya

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2022 terjadi inflasi sebesar 4,69 persen secara tahunan.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2022 terjadi inflasi sebesar 4,69 persen secara tahunan. Penyebab utamanya inflasi berasal dari makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,73 persen secara tahunan.

"Tingkat inflasi tahun kalender pada Agustus 2022 tercatat sebesar 3,63 persen, sementara itu tingkat inflasi tahunan dari tahun ke tahun pada Agustus 2022 sebesar 4,69 persen," kata Kepala BPS Margo Yuwono, dalam keterangan pers, Kamis (1/9/2022).

Jika dirinci komoditas yang dominan atau memberikan andil pada inflasi adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau diantaranya cabai merah, minyak goreng, rokok kretek filter, telur ayam ras, Ikan Segar, dan bawang  merah.

Margo menjelaskan, perkembangan inflasi pada Agustus 2022 ini kalau dilihat menurut komponen. Komponen inti memberikan andil sebesar 2 persen dan penyebabnya antara lain karena naiknya beberapa harga komoditas pada ikan segar, sewa rumah, dan mobil.

"Dilihat dari tren panjangnya untuk inflasi komponen inti menunjukkan tren terus meningkat. Komponen inti kurang lebih mencakup 711 komoditas. Dan dengan naiknya inflasi inti ini menunjukkan permintaan masih bagus dan mengindikasikan daya beli masyarakat masih baik," ujarnya.

Disisi lain sejak  Februari 2022, ini terlihat bahwa inflasi  pada komponen harga yang diatur Pemerintah ini konsisten mengalami tren peningkatan.

"Yang mengalami peningkatan yang konsisten itu adalah inflasi pada harga yang diatur oleh Pemerintah," ujarnya.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelompok Pengeluaran

Sementara itu, perkembangan inflasi pada Agustus 2022 dilihat berdasarkan kelompok pengeluaran, penyumbang utama deflasi pada Agustus  2022 berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,48 persen, dan berasal dari sektor transportasi sebesar 0,01 persen.

Kemudian, kalau dilihat penyebabnya pada kelompok ini berasal dari bawang merah yang memberikan andil pada inflasi sebesar 0,15 persen.  Cabai merah juga memberikan andil pada deflasi sebesar 0,12 persen, cabai rawit andil terhadap deflasi sebesar 0,07 persen.

"Dengan pulihnya pasokan ini menyebabkan harga bawang merah, cabe merah, cabe rawit di bulan Agustus harganya mengalami penurunan," ujarnya.

Rinciannya untuk sektor transportasi memberikan andil 0,01 persen terhadap deflasi. Penyebabnya, yaitu menurunnya tarif angkutan udara. Margo menegaskan, tarif angkutan udara ini memberikan andil deflasi sebesar 0,03 persen.

"Kalau dilihat penyebabnya kenapa tarif angkutan udara itu mengalami penurunan dan memberikan andil deflasi 0,03 persen, karena menurunnya harga Avtur dan ada kebijakan pemerintah yang menggratiskan tarif PNBP untuk jasa pendaratan, penempatan, dan penyimpanan pesawat udara di Bandara," pungkasnya. 

 

3 dari 5 halaman

Komoditas Penyumbang Deflasi Agustus 2022, Cabai hingga Minyak Goreng

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2022 terjadi deflasi sebesar 0,21 persen secara bulanan. Tercatat ada lima komoditas yang menjadi penyumbang utama deflasi.

"Komoditas utama penyumbang deflasi pada Agustus 2022 ini berasal dari bawang merah, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng dan daging ayam ras," kata Kepala BPS Margo Yuwono, dalam keterangan pers, Kamis (1/9/2022).

Rinciannya, berdasarkan hasil pemantauan BPS di 90 kota pada Agustus 2022 terjadi deflasi sebesar 0,21 persen atau terjadi penurunan indeks harga konsumen atau IHK dari 111,80 pada Juli 2020 menjadi 111,57 pada Agustus 2022. Deflasi tersebut merupakan terdalam sejak September 2019.

"Secara month to month pada bulan Agustus terjadi deflasi sebesar 0,21 persen ini merupakan yang terdalam sejak September 2019, di mana pada September 2019 terjadi deflasi sebesar 0,27 persen," katanya.

Sedangkan tingkat inflasi tahun kalender pada Agustus 2022 tercatat sebesar 3,63 persen, sementara itu tingkat inflasi tahunan dari tahun ke tahun pada Agustus 2022 sebesar 4,69 persen.

Adapun perkembangan inflasi di bulan Agustus jika diamati di 90 kota, terdapat 79 kota di Indonesia yang mengalami deflasi. Inflasi  tertinggi ada di Ambon yaitu 0,82 persen, sedangkan deflasi terdalam di bulan Agustus itu terjadi di Tanjung Pandan yaitu sebesar 1,65 persen.

"Kalau kita perhatikan sebagai ringkasan saja yang saya bacakan menurut Pulau. Pertama, di Sumatera itu di kota-kota yang dihitung inflasinya itu semua mengalami deflasi, dan deflasi terdalamnya ada di tanjungpandan yaitu 1,65 persen," ujarnya.

Lanjut,  kota-kota di Pulau Jawa ada yang mengalami deflasi ada yang mengalami inflasi. Deflasi terdalamnya terjadi di Sumenep yaitu sebesar 1,13 persen, sedangkan inflasi tertinggi terjadi di kota Surabaya sebesar 0,26 persen.

4 dari 5 halaman

Bali dan Nusa Tenggara

Kemudian, di Bali dan Nusa Tenggara Barat maupun Timur, juga mengalami inflasi dan deflasi. Deflasi terdalam ada di Singaraja yaitu sebesar 1,48 persen.

Di Kalimantan, yang mengalami deflasi terdalamnya ada di Sintang sebesar 0,96 persen, kemudian yang mengalami inflasi dan posisi tertinggi nya ada di Palangkaraya  0,28 persen.

Di Sulawesi deflasi terdalam ada di kota bau-bau yaitu 0,71 persen dan yang mengalami inflasi tertinggi ada di Luwuk sebesar 0,54 persen. Terakhir, di kelompok Pulau Maluku dan Papua.

"Di sana (Maluku dan Papua) juga ada yang mengalami deflasi ada juga yang terjadi inflasi. Deflasi terdalam ada di Tual sebesar 0,91 persen dan inflasi tertinggi itu ada di Kota Ambon sebesar 0,82 persen," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Komponen Harga

Margo menjelaskan, perkembangan inflasi pada Agustus ini kalau dilihat menurut komponen, bahwa di bulan Agustus terjadi deflasi sebesar 0,21 persen secara bulanan.

Hal ini disebabkan karena deflasi pada komponen harga bergejolak, sementara itu untuk komponen inti dan komponen harga yang diatur oleh pemerintah masih mengalami inflasi.

"Pada komponen harga yang bergejolak ini memberikan andil kepada deflasi di bulan Agustus sebesar 0,51 persen, dan kalau dilihat penyebab utamanya itu berasal dari Komoditas bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit," ujarnya.

Namun demikian pada komponen harga bergejolak masih terdapat komoditas yang mengalami inflasi utamanya, adalah beras dan telur ayam ras.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini