Sukses

Mengenal Beragam Varietas Kelapa Genjah, dari Salak hingga Pandan Wangi!

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menanam 1 juta kelapa genjah di lahan tidak produktif sebagai salah satu cara mengantisipasi krisis pangan. Hal tersebut diungkap oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan penanaman bibit kelapa genjah di Desa Giriroto, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng).

"Ini baru dimulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang kelapa itu bisa tumbuh baik akan kami tanami. Targetnya kurang lebih 1 juta kelapa genjah," kata Jokowi, Kamis (11/8/2022). 

Kelapa genjah adalah salah satu jenis kelapa yang bisa berbuah lebih cepat. Kelapa ini pada umumnya mulai berbunga sejak ditanam relatif muda atau sekitar 3 sampai 5 tahun.

Dikutip dari Laman Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Buleleng, tanaman kelapa genjah jika dipelihara dengan benar, umurnya mampu mencapai 50 tahun dengan masa produktif 25 tahun.

Warna buah bisa bervariasi dari Kuning, hijau dan jingga. Ukuran buah kecil, antara 1,5 kilogram (kg) hingga 2 kg, daging buah beratnya 0,50 kg dan air sekitar 200 cc.

Sedangkan kopra yang dihasilkan setiap butir kelapa menghasilkan kopra 150 gram dan minyak 68 persen.

Manfaat kelapa genjah sangat banyak. Bisa sebagai sarana untuk upacara keagamaan, di Bali pada umumnya tidak pernah lepas dengan kelapa, selalu mendapat tempat yang utama, selain itu kelapa mempunyai peranan dalam ilmu pengobatan, bisa dijadikan VCO (virgin coconut oil), bisa dibuat jadi sabun.

Secara umum, semua bagian dari kelapa dapat digunakan untuk bahan industri. sebagai keset, tali, kayu bahan bangunan, dan lain sebagainya.

Kelapa ini  sangat cocok ditanam di halaman rumah petani atau di daerah pesisir pantai yang dekat dengan daerah pariwisata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Berbagai Varietas Kelapa Genjah di Indonesia

Dikutip dari laman Pusat Perpustakaan dan Penyebaran teknologi Pertanian Kementerian Pertanian, varietas kelapa genjah yang sudah dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai berikut:

Kelapa Genjah Salak

Kelapa genjah ini berasal dari Kalimantan Selatan dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 80-120 buah dengan berat daging buah dapat mencapai 165 gram. Kadar minyak mencapai 65 persen.

Tanaman kelapa genjah Salak ini mulai panen pada umur 3 tahun.

Kelapa Genjah Kuning Bali

Kelapa genjah ini memiliki keunggulan jumlah buah dalam satu pohon per tahun mencapai 60-110 buah, berat daging buah dapat mencapai 177 gram dengan kadar minyak mencapai 61 persen. Tanaman kelapa genjah Kuning Bali ini mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Kuning Nias

Kelapa genjah ini memiliki keunggulan antara lain potensi dalam satu pohon pertahun dapat mencapai 60-120 buah, berat daging buah dapat mencapai 159 gram dengan kadar minyak mencapai 62 persen. Tanaman kelapa genjah Kuning Nias ini mulai panen pada umur 4 tahun.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Kelapa Genjah Raja

Kelapa genjah ini berasal dari Maluku Utara dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 70-120 buah dan berat daging buah dapat mencapai 167 gram dengan kadar minyak mencapai 66 persen. Tanaman kelapa genjah Raja ini mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 80-150 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 4 buah.

Tanaman kelapa genjah Coklat Kopyor ini toleran terhadap kekeringan < 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 120 sd 140 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 3,89 buah. Tanaman kelapa genjah Hijau Kopyor ini toleran terhadap kekeringan < 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

 

4 dari 5 halaman

Kelapa Genjah Kuning Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 100 sd 120 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 3,16 buah.

Tanaman kelapa genjah Kuning Kopyor ini toleran terhadap kekeringan < 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Entog Kebumen

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 95 buah dengan jumlah buah per tandan sebanyak 6-7 buah.

Tanaman kelapa genjah Entog Kebumen ini memiliki kadar kemanisan air buah 6 persen brix, berat daging buah 437 gram dan mulai panen pada umur 4 tahun.

 

5 dari 5 halaman

Kelapa Genjah Pandan Wangi

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa muda dan memiliki keunggulan antara lain kadar kemanisan air buah 6,25  persen brix. Selain itu aroma air dan daging buah muda wangi pandan, rasa air dan daging buah bercitarasa pandan. Jumlah buah dalam satu pohon sebanyak 151 butir per pohon pertahun. Tanaman kelapa genjah Pandan Wangi mulai panen pada umur 3 tahun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS