Sukses

KA Bandara YIA Tambah Kapasitas Penumpang Jadi 120 Persen

Liputan6.com, Jakarta Kereta Api Bandara yang melayani rute ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menambah kapasitas angkut pee 6 Agustus 2022. Sehingga daya angkutnya mencapai 120 persen dari kapasitas.

PT Railink sebagai pengelola menyebut penumpang dapat menggunakan 240 tempat duduk dan diperbolehkan berdiri dengan kapasitas 20 persen untuk satu kali perjalanan.

Direktur Utama PT Railink, Anggoro Triwibowo menyampaikan KA Bandara YIA merupakan salah satu moda transportasi dari dan ke bandara yang banyak diminati masyarakat baik bagi para pelaku bisnis maupun perjalanan wisata ke kota Yogyakarta.

“Kami berharap dengan naiknya kapasitas menjadi 120 persen, kami dapat melayani lebih banyak penumpang dan masyarakat semakin antusias dalam menggunakan transportasi umum sebagai penunjang untuk melakukan mobilitas sehari-hari,"kata dia dalam keterangannya, Sabtu (6/8/2022).

"Namun, kami juga menghimbau kepada pengguna KA Bandara YIA untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dengan mematuhi marka yang sudah disediakan dan scan pedulilindungi saat memasuki area stasiun KA Bandara YIA,” tambahnya.

Saat ini KA Bandara YIA melayani 20 perjalanan setiap harinya. Penumpang dapat menikmati layanan di Stasiun KA Bandara Yogyakarta, Stasiun KA Bandara Wates dan Stasiun KA Bandara YIA.

Jadwal keberangkatan dari Stasiun KA Bandara Yogyakarta pukul 05.00 WIB, 07.20 WIB, 08.09 WIB, 08.59 WIB, 10.19 WIB, 10.55 WIB, 12.55 WIB, 14.02 WIB, 16.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Sedangkan keberangkatan dari Stasiun KA Bandara YIA pukul 06.11 WIB, 08.07 WIB, 09.25 WIB, 10.07 WIB, 11.10 WIB, 11.57 WIB, 14.00 WIB, 15.10 WIB, 17.50 WIB dan 19.15 WIB.

 

2 dari 4 halaman

Harga Tiket

Tiket KA Bandara dapat dibeli melalui seluruh kanal pembelian tiket baik secara online maupun offline. Pembelian secara online di Aplikasi KA Bandara, Website Railink, dan KAI Acces.

Sedangkan pembelian secara offline dapat dilakukan di vending machine, meja informasi stasiun dengan metode pembayaran secara tunai dan non tunai.

“Harga tiket masih tetap sama yaitu Rp 20.000,- untuk relasi Stasiun KA Bandara Yogyakarta – Stasiun KA Bandara YIA atau sebaliknya dan untuk relasi Stasiun KA Bandara YIA – stasiun wates maupun sebaliknya. Sedangkan untuk relasi Stasiun KA Bandara Wates - Stasiun KA Bandara Yogyakarta atau sebaliknya adalah Rp.10.000,-” papar Anggoro.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kereta Bandara

Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) mulai dioperasikan secara terbatas. Hal ini ditandai dengan Soft Launching pengoperasian KA Bandara YIA pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan KA Bandara YIA ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya tetap dilanjutkan di tengah pandemi.

Sesuai Visi Misi Presiden yang harus kita laksanakan bahwa di masa pandemi ini kita tetap bergerak menyelesaikan pembangunan infrastruktur transportasi,” jelas Menhub.

Menhub mengungkapkan, dengan kehadiran KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA menjadi hanya 40 menit. Lebih lanjut Menhub mengatakan, setelah dilakukan soft opening akan segera dilanjutkan dengan pengoperasian secara komersial dan akan disiapkan tarif promosi bagi pengguna jasa KA Bandara YIA.

Sementara itu, Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Kemenhub yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan Ka Bandara YIA di tengah masa pandemi Covid-19. Menko Luhut mengatakan, kehadiran KA Bandara ini diharapkan membantu meningkatkan perkonomian dan membantu aksesibilitas masyarakat yang ramah lingkungan.

“Yogyakarta adalah kota pelajar dan menjadi tujuan destinasi wisata strategis nasional. Sehingga KA Bandara ini disiapkan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini,” ungkap Menko Luhut.

 

4 dari 4 halaman

Transportasi Massal

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan KA Bandara YIA dalam rangka meningkatkan kapasitas penumpang transportasi massal di masa yang akan datang.

“Terima kasih kepada Kemenhub yang telah memberikan investasi infrastruktur yang besar untuk pembangunan Bandara YIA dan KA Bandara YIA. Kami melalui PT AP I dan PT KAI akan melaksanakan penggunaan sarananya dan akan terus meningkatkan pelayanannya,” ujar Wamen BUMN.

Pada kesempatan yang sama Gubernur DIY Hamengkubuwono X menuturkan, kehadiran KA Bandara YIA ini akan menjadi transportasi kebanggaan masyarakat Yogyakarta dan berharap pandemi segera berakhir agar keberadaan Bandara dan KA Bandara YIA ini dapat segera melayani penerbangan internasional dan dapat menjadi salah satu moda transportasi pilihan para wisatawan baik domestik maupun asing, untuk menikmati kota Yogyakarta yang merupakan kota budaya dan pariwisata.