Sukses

Kebakaran di Plaza Senayan, Simak Himbauan Pengusaha Mal

Peristiwa kebakaran terjadi di mall Plaza Senayan pada Rabu kemarin (27/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Mall Plaza Senayan mengalami kebakaran pada Rabu kemarin (27/7/2022). Insiden itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

Menurut keterangan pengunjung di lokasi, sumber kebakaran di Plaza Senayan berasal dari salah satu tenant di lantai 1. "Sumber di lantai 1, tenant kafe," kata Teguh, salah satu pengunjung di lokasi, dikutip Kamis (28/7/2022).

Kemudian menurut Komandan Pleton (Danton) Grup A Pemadam Kebakaran Sektor Tanah Abang Dwi Hantoro, api di Mall Plaza Senayan sudah padam. Menurut dia, api sudah padam sekitar pukul 10.32 WIB.

"Sudah (padam) 10.32 WIB," ujar Dwi saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat.

Dwi menjelaskan, api padam setelah tiga unit mobil dengan 12 personil dikerahkan ke lokasi.

Menanggapi peristiwa kebakaran di mall Plaza Senayan, Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus menyampaikan pentingnya pusat Perbelanjaan mengutamakan aspek keamanan dan kebersihan. 

"Pusat Perbelanjaan sebagai salah satu fasilitas publik wajib mengutamakan aspek keamanan dan kebersihan. serta pada saat pandemi ini ditambah lagi  ngan aspek kesehatan," kata Alphon dalam pesan singkat kepada Liputan6.com, Kamis (28/7/2022).

Lebih lanjut, Alphon mengatakan, pengelola Pusat Perbelanjaan juga wajib melakukan pemeriksaan ataupun pengecekan rutin secara berkala atas berbagai peralatan dan perlengkapan yang memiliki fungsi kelistrikan.

Hal ini tak terlepas dari SOP yang dimiliki semua Pusat Perbelanjaan untuk terus diperhatikan.

"Semua Pusat Perbelanjaan telah memiliki SOP pemeliharaan ataupun perawatan berbagai peralatan dan perlengkapan gedung yang dimaksudkan bukan hanya untuk menghindari kerusakan tetapi juga untuk memastikan dari sisi keamanan," jelas Alphon.

"Pengelola Pusat Perbelanjaan dihimbau untuk melakukan pengecekan rutin secara berkala dan jika memang diperlukan dapat meningkatkan frekuensi pemeriksaan menjadi lebih sering," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Fakta Terkait Insiden Plaza Senayan Kebakaran

Berikut sederet fakta terkait Plaza Senayan kebakaran pada Rabu (27/7/2022) dihimpun Liputan6.com:

1. Berhasil Padam Usai Tiga Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Komandan Pleton (Danton) Grup A Pemadam Kebakaran Sektor Tanah Abang Dwi Hantoro memastikan, api di Mall Plaza Senayan sudah padam.

Menurut dia, api sudah padam sekitar pukul 10.32 WIB.

"Sudah (padam) 10.32 WIB," jelas Dwi saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Rabu (27/7/2022).

Dwi merinci, api dapat padam usai tiga unit mobil dengan 12 personil dikerahkan ke lokasi.

2. Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Masih Diselidiki, Mall Sudah Kembali Dibuka

Menurut dugaan sementara, asal mula api bersumber dari korsleting listrik dari salah satu tenant cafe di dalam mall.

"Diduga sementara dari trafo dari kasir, itu ada laptop, nah itu (diduga titik awal api), informasinya dari salah satu cafe (tkp)," ucap Dwi.

Hingga saat ini, Dwi belum dapat memastikan terkait penyebab terjadinya kebakaran. Namun menurut informasi dari pihak pengelola gedung, saat ini operasional mall sudah kembali berjalan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

3. Pihak Mall Minta Maaf soal Insiden Kebakaran

Dikonfirmasi terpisah, pihak pengelola mal juga mengatakan hal senada. Mereka pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat insiden pagi hari tadi.

"Operasional Mall hari ini dimulai sejak pukul 12 siang karena ada gangguan operasional dan akan beroperasi sampai pukul 10 malam nanti. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Instagram resmi @plaza_senayan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.