Sukses

Ucapan Idul Adha 2022 dari Erick Thohir, Doa dan Harapan

Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah sejumlah ucapan Idul Adha 2022 dengan berbagai pesan dan doa.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di Tanah Air baru saja menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H pada Sabtu (9/7) dan Minggu kemarin (10/7). 

Berbagai ucapan Idul Adha 2022, disertai dengan doa dan harapan datang di berbagai platform media sosial. 

Dalam menyambut hari besar tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengunggah sejumlah ucapan Idul Adha 2022 dengan berbagai pesan dan doa.

"Air wudhu membasuh wajah. Menunaikan haji dan kurban adalah ibadah. Di hari raya Idul Adha, semoga berkah selalu melimpah,"  tulis Erick Thohir di laman Instagramnya, dikutip Senin (11/7/2022). 

"Insyaallah kita dipertemukan dengan Idul Adha di tahun berikutnya. Mohon maaf lahir dan batin," tambahnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Dalam postingan lainnya, Erick Thohir mengatakan Idul Adha mengajarkan kasih dan keikhlasan, seperti kisah teladan Nabi Ibrahim.

"Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahil Hamd. Selamat Hari Raya Iduladha 1443 H. Semoga momen ini juga menjadikan kita umat yang lebih bertawakal, banyak bersyukur, dan juga saling tolong menolong," tulis Erick Thohir.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 2022. Semoga ibadah kurban bermanfaat bagi sesama, sehingga mempertebal ketaqwaan kita kepada Allah SWT," demikian isi postingan foto @erickthohir.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Dalam postingan selanjutnya, Erick Thohir pun turut membagikan potret momen dirinya melaksanakan sholat ied di Masjid Istiqlal Jakarta bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Alhamdulillah, pagi ini Saya dan Istri beribadah salat Ied di Masjid Istiqlal Jakarta bersama Bapak Presiden Jokowi, Ibu Iriana, dan rekan-rekan menteri. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H," tuturnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmikan Masjid di Lampung jadi Cara Erick Thohir Wujudkan Cita-Cita Sang Ayah

Banyak kegiatan positif yang dilakukan sejumlah pejabat pemerintah pada momentum hari Raya Idul Adha. Yang paling umum adalah sholat berjamaah di masjid raya lalu menyerahkan hewan kurban ke masyarakat.

Erick Thohir memilih cara berbeda dalam melewati momen Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Menteri Negara BUMN di pemerintahan Jokowi ini memilih pulang kampung ke tanah kelahiran ayahnya di Gunung Sugih, Lampung.

Selain melewati takbiran bersama dan melaksanakan kurban, Erick juga meresmikan Masjid At-Thohir dan Rumah Keluarga Besar Thohir. Pengusaha yang digadang-gadang sebagai calon wakil presiden paling potensial pada Pilpres 2024 ini tiba di Provinsi Lampung pada Sabtu 9 Juli 2022 sore.

Masjid At-Thohir Lampung merupakan masjid At-Thohir keempat yang didirikan keluarga Erick Thohir dalam mengenang jasa almarhum sang ayah, Haji Muhammad Teddy Thohir. Sebelumnya ada Masjid At-Thohir di Kalimantan, Depok, dan Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

"Ini untuk mengingat jasa almarhum yang tidak hanya sebagai tokoh Lampung tetapi tokoh nasional," ujar Erick dengan mata berkaca kaca, didampingi Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad

Erick Thohir bersyukur dapat mewujudkan cita-cita almarhum untuk mendirikan masjid. Erick berharap langkah ini menjadi ladang amal bagi almarhum Haji Muhammad Teddy Thohir.

Masjid At Thohir di Gunung Sugih, Lampung, awalnya adalah sebuah mushola yang berdiri sejak tahun 1987. Selama 35 tahun telah digunakan warga sekitar sebagai pusat ibadah dan aktivitas sosial. Keluarga Thohir kemudian merenovasinya menjadi sebuah masjid dengan daya tampung jamaah lebih besar.

"Karena renovasi sudah selesai, masjid ini sudah bisa digunakan masyarakat untuk melaksanakan rangkaian kegiatan ibadah Idul Adha,” kata pengurus DKM Masjid At-Thohir Gunung Sugih.

3 dari 3 halaman

Himbara Salurkan 300 Sapi Kurban, Erick Thohir: Semoga Sebar Kebahagiaan ke Masyarakat

Untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 2022, Himpunan Bank Milik Negara  (Himbara) menyalurkan 100 sapi untuk kurban di wilayah Jawa Barat dan Banten dan 200 sapi untuk kurban di Jawa Timur. Langkah kolaborasi Himbara ini mendapat apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir.  

Ia mengatakan, BUMN memiliki banyak peran penting bagi negara dan masyarakat. Tugas utama adalah untuk menjaga pertumbuhan dan keseimbangan ekonomi nasional. Namun tidak kalah penting adalah dari sisi sosial adalah membangun masyarakat. 

Oleh karena itu, langkah Himbara menyalurkan 300 sapi kurban ke masyarakat ini merupakan langkah penting dalam merayakan Idul Adha 2022.

"BUMN harus hadir di tengah-tengah masyakarat. Hal ini yang ditunjukan bank Himbara, seperti Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang bersama-sama menyalurkan sapi kurban untuk masyarakat di Jawa Barat (Jabar) dan Banten," ujar Erick pada Minggu (10/7).

Meski secara jumlah mungkin tidak banyak, Erick berharap penyaluran daging kurban dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat. Bagi Erick, penyaluran daging kurban lewat program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) tak sekadar menunaikan kewajiban, melainkan bentuk komitmen BUMN dalam membangun ekonomi kerakyatan dan keumatan.

Erick menyampaikan Himbara menyerap sapi dari para peternak di Jabar dan Banten. Tak hanya membeli, lanjut Erick, himbara juga dibantu anggota holding BUMN pangan atau ID Food, PT Berdikari, yang memeriksa setiap sapi telah terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Jadi tidak hanya masyarakat penerima kurban yang bergembira, para peternak lokal pun ikut senang. Prinsipnya, dari masyarakat kembali lagi untuk masyarakat," lanjut Erick.

Erick sendiri terus mendorong BUMN mengedepankan ekonomi kerakyatan dengan merangkul masyarakat, UMKM, peternak, hingga petani. Erick menyebut para peternak juga terdampak pandemi lantaran menurunnya daya beli masyarakat dan kini menghadapi penyebaran PMK.

Para pelaku ekonomi kerakyatan seperti peternak itu terus berjuang dengan cucuran keringat untuk mendapatkan penghasilan guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Masak kita BUMN yang katanya sepertiga kekuatan ekonomi diam saja, tentu tidak. Kita harus hadir untuk mereka," kata Erick menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.