Sukses

Pemkot Tangerang Rutin Gelar Virtual Job Fair, 9.000 Orang Sudah Ditempatkan Kerja

Liputan6.com, Tangerang - Selama pandemi Covid-19, Pemkot Tangerang rutin menggelar pameran bursa kerja secara online atau virtual. Selama itu pula, Pemkot Tangerang mengklaim, sudah 9.000 lebih para pencari kerja (Pencaker) yang telah mendapatkan pekerjaan.

"Berdasarkan data di bulan Mei 2022, sebanyak 9.478 orang sudah diterima di berbagai tempat. Setelah mengikuti job fair yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang," ujar Sachrudin, Wakil Wali Kota Tangerang, Jumat (1/7/2022).

Virtual job fair juga menjadi solusi dan inovasi bersama antara Pemkot Tangerang, sektor swasta, dan masyarakat sebagai pencari kerja, dengan ditunjang teknologi yang terintegrasi melalui aplikasi Tangerang Live dan Tangerang Cakap Kerja.

"Masyarakat bukan hanya mudah mencari informasi lapangan kerja, tapi juga mengakses informasi layanan ketenagakerjaan lainnya. Seperti pelatihan berbasis kewirausahaan dan juga layanan kartu kuning," kata Sachrudin.

Disnaker Kota Tangerang kini sedang gencar-gencarnya menggelar virtual job fair. Hari ini, virtual job fair edisi Juni 2022 digelar dengan jumlah 19 perusahaan yang membuka lowongan.

Sementara, Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra mengungkapkan, dalam acara virtual job fair Juni 2022 terdapat sebanyak 1.255 lowongan pekerjaan, dengan formasi jabatan yang tersedia sebanyak 85 posisi.

"Untuk kualifikasi pendidikan untuk S1 sebanyak 158 orang, Diploma 3 sebanyak 164 orang, SMA sederajat 923 orang dan SMP 10 orang," pungkas Ujang.