Sukses

Tenang, Harga Cabai dan Bawang Merah Turun Mulai Juli

Kemendag memprediksi harga cabai dan bawang merah akan mengalami penurunan mulai bulan bulan depan

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan memprediksi harga cabai dan bawang merah akan mengalami penurunan mulai bulan bulan depan.

Diketahui, harga cabai rawit merah di wilayah DKI Jakarta sempat menyentuh Rp140 ribu per kilogram.

"Cabai dan bawang merah sebentar lagi ritmenya nanti sekitar Juli, Agustus 2022 itu turun (harga)," ujar Oke di Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022).

Oke sendiri tidak merinci secara detail terkait faktor yang mempengaruhi penurunan harga dua komoditas favorit masyarakat tersebut. Namun, dia mengatakan faktor cuaca murni menjadi pendorong utama kenaikan harga cabai dan bawang merah.

"Masa sekarang petani lagi terganggu panennya terpaksa harus jual tinggi," terang Oke.

Berkaca pada situasi tersebut, Kementerian Perdagangan tetap berkomitmen untuk tidak melakukan impor cabai dan bawang merah. Hal ini demi melindungi kesejahteraan petani lokal di tengah turunnya produksi akibat cuaca buruk.

"Cabai atau bawang memang dari Vietnam itu murah. Tapi kita harus bertahan (tidak impor), karena petani kita sedang terganggu," tutupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Cabai Selangit

Sebelumnya, harga cabai di wilayah DKI Jakarta kian pedas. Melansir dari laman infopangan.jakarta.go.id Senin (20/6), harga rata-rata cabai rawit merah di pasar tradisional wilayah Jakarta dibanderol Rp 108.404 per kilogram (kg).

Harga cabai rawit tertinggi berada di Pasar Paseban mencapai Rp140.000 per kg pada data terakhir Minggu (19/6). Angka ini naik Rp40.000 per kg dari harga sebelumnya Sabtu (18/6).

 

3 dari 3 halaman

Pasar Pluit hingga Cipete

Kemudian, harga cabai rawit mahal juga dijumpai di Pasar Pluit, Pasar Koja Baru, Pasar Kalibaru, Pasar Pal Merah, Pasar Pos Pengumben, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Tebet Barat yang masing-masing dijual Rp120.000 per kg.

Adapun, harga cabai rawit merah di Pasar Cipete, Pasar Johar Baru, Pasar Ujung Menteng, Pasar Cijantung dijual lebih murah mencapai Rp 95.000 per kg. “Harga terendah di Pasar Anyer Bahari Rp85.000 per kg,” tulis infopangan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.