Sukses

Perjalanan Karir Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Baru Pengganti Sofyan Djalil

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil.

Hadi Tjahjanto sebelumnya menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada tahun 2017 dan 2021. Ia lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu sempat menempati beberapa jabatan strategis di TNI AU, salah satunya adalah Perwira Menengah Dinas Administrasi dan Personel TNI AU. Sebelum menjadi Panglima TNI, Hadi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Dikutip dari beberapa sumber, Rabu (15/6/2022), karir dari Suami Nanik Istumawati ini mulai menanjak saat mendapat tugas sebagai Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo Boyolali, Jawa Tengah, pada 2010-2011. Ia kemudian menjabat Direktur Operasi dan Latihan Basarnas juga pernah diembannya pada 2011-2013.

Kariernya berlanjut dengan menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI AU pada 2013-2015. Bapak dari Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika Relangga Bima Yogatama itu kembali memimpin Pangkalan Udara sebagai Danlanud Abdulrahman Saleh, Malang, pada 2015.

Hadi mendapat pangkat marsekal muda dan langsung menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015-2016. Kedekatan Hadi dengan Jokowi tak hanya saat menjabat Sekmilpres. Sebelumnya, Hadi pernah menjabat sebagai Komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo, pada 2010-2011, bertepatan saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Terakhir, Hadi Tjahjanto dipindahtugaskan sebagai Irjen Kemenhan serta kenaikan pangkat menjadi marsekal madya pada 2016 sebelum kemudian diangkat Presiden sebagai KSAU. Pengangkatan Hadi sebagai KSAU berdasarkan Keputusan Presiden No 2 TNI tahun 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sisi Lain Marsekal Hadi Tjahjanto

Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan Panglima Tentara Nasional Indonesia antara tahun 2017 hingga 2021. Selama berkarier di TNI, telah banyak pencapaian yang ia raih. Selain itu, banyak sisi-sisi lainnya yang belum terungkap. Sisi lain itulah yang diungkap dalam buku “Mengabdi Untuk Rakyat” karya penulis Herik Kurniawan.

Dikutip dari ANTARA, Herik menceritakan tantangan yang harus dihadapi Marsekal Hadi seperti membantu pengamanan pemilu serentak, pengamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON), serta menjaga kondusifitas selama pandemi COVID-19. Sebelum kemudian ia digantikan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Kita melihat kenyataannya bahwa Panglima menghadapi banyak persoalan yang dapat diselesaikan. Ini adalah contoh bagus dan saya pikir bisa menjadi inspirasi semua orang, bahwa bagaimana seorang pemimpin bisa bekerja dengan sepenuh hati,” kata Herik.

Dalam buku itu, Herik menulis sisi-sisi humanis yang dimiliki Marsekal Hadi. Ia mencontohkan sisi humanis itu dapat dilihat saat Marsekal Hadi turun langsung ke pasar-pasar untuk mengingatkan warga akan protokol kesehatan.

Herik mengatakan, selama pandemi Marsekal Hadi mengerahkan segala kemampuannya dan bergerak cepat mengatasi penyebaran COVID-19 di tanah air. Tak lupa dia juga bersinergi dengan lembaga lain untuk mengambil langkah-langkah strategis terkait penanganan dan pencegahan COVID-19.

“Saya pikir beliau bekerja dengan sangat luar biasa total, penuh keikhlasan, dan hasilnya tanpa kita perdebatkan juga sudah kelihatan. Bagaimana kita sekarang bisa keliling Indonesia dalam kondisi aman dan nyaman,” kata Herik.

3 dari 3 halaman

Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan Jadi Menteri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Adapun Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi. Pelantikan Hadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Selain Hadi, Jokowi menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulhas menggantikan posisi M Luthfi yang juga terkena reshuffle.

"Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Kedua Haji Tjahjanto sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional."

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Sedangkan tiga wakil menteri yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Sebelumnya, Hadi memanggil mantan Hadi Tjahjanto ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022). Hadi mengaku sedang berolahraga lalu dipanggil mendadak oleh Jokowi.

"Baru saja makanya saya ngebut," ucap Hadi sebelum bertemu Jokowi di Istana, Selasa.

"Enggak ada ini baru olahraga langsung lari saya," sambungnya.

Sofyan Djalil sempat menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian era pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres JK, tepatnya sejak 2014-2015. Pada tahun 2016, dia ditunjuk menjadi Menteri ATR/BPN.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI pada 2017-2021. Di masa pemerintahan Jokowi, Hadi pernah menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan Udara hingga Irjen Kementerian Pertahanan RI.

  • Marsekal Hadi Tjahjanto, menjadi calon tunggal yang diajukan sebagai pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, selaku Panglima TNI.
    Hadi Tjahjanto
  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet
  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    TNI
  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.
    Reshuffle
  • Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali selama pemerintahannya.
    Presiden Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet sebanyak tiga kali selama pemerintahannya.
    Reshuffle kabinet Jokowi