Sukses

Sudah Pertengahan Tahun Nih, Cek Lagi Anggaran demi Kesehatan Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Saat ini sudah memasuki bulan keenam di tahun 2022. Itu artinya setengah tahun sudah berjalan dan sekarang adalah waktunya untuk mengecek kembali kondisi finansial atau keuangan demi tetap berada pada jalur yang aman.

Dengan volatilitas yang dialami pasar selama beberapa bulan terakhir, fokus untuk mengendalikan keuangan itu lebih penting dari sebelumnya, kata Amy Richardson, Perencana Keuangan Bersertifikat di Schwab Intelligent Portfolios Premium.

“Hanya karena hal-hal yang tidak pasti di pasar keuangan saat ini tidak berarti Anda harus berhenti menabung atau tidak harus fokus pada tujuan Anda,” katanya dilansir dari CNBC Make It, Rabu (15/6/2022).

“Tidak pernah ada waktu yang buruk untuk melihat rencana keuangan Anda dan memastikan anggaran Anda berada di tempat yang sehat.”

Karena itu, pertengahan tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali memeriksa keuangan. Apa yang seharusnya diperiksa?

Berikut ini adalah tiga hal yang harus Anda cek di tengah tahun ini terkait finansial atau keuangan seperti kata Richardson.

1. Tinjau Anggaran

Pastikan Anda mengikuti pedoman penganggaran yang sudah ditetapkan untuk diri sendiri seperti di awal tahun. Apakah Anda mampu melunasi tagihan kartu kredit secara penuh? Apakah Anda sudah punya dana darurat?

Richardson menyarankan untuk menilai pengeluaran Anda untuk melihat pengeluaran yang sebaiknya bisa dipangkas. Salah satunya mungkin biaya berlangganan yang terus meningkat selama setahun, kata Richardson.

Jika Anda memiliki lima keanggotaan layanan streaming, cek lagi mana saja yang Anda butuhkan. Jadi, Anda bisa mengurangi 2 atau 3 layanan. Nantinya duit tersebut bisa dialihkan untuk dana pensiun, dana darurat, atau dana lainnya.

“Bagi saya, ini semua tentang pertukaran yang sehat,” kata Richardson.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Cara Lain

 

2. Periksa Tabungan Pensiun

Selanjutnya, cek rekening pensiun dan perkirakan kecepatan untuk memenuhi tujuan Anda untuk tahun ini.

Mengukur kemajuan Anda tidak ada hubungannya dengan berapa banyak uang yang Anda miliki. Saldo dapat berfluktuasi dengan pasar dan belum tentu merupakan pengukuran yang akurat tentang seberapa baik Anda menjaga keuangan Anda, kata Richardson.

Apa yang harus diperiksa adalah kemajuan seperti apa yang Anda buat dengan meningkatkan kontribusi pada rencana pensiun yang menguntungkan pajak Anda.

“Saya menyukai tantangan untuk meningkatkan kontribusi 401(k) saya sebesar 1% setiap tahun,” katanya. “Saya pikir strategi yang baik adalah memaksimalkan rencana yang menguntungkan pajak itu.”

Menetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk terus mengembangkan kontribusi juga dapat mempermudah Anda untuk tetap berada di jalur yang benar.

“Pertumbuhan itu terasa sangat baik dan membuat Anda lebih cenderung untuk terus melakukannya,” kata Richardson.

3. Perbarui Pengeluaran Rumah

Terakhir, lakukan beberapa perapihan keuangan untuk memastikan semuanya up to date. Di antara item yang layak ditinjau meliputi rekening tabungan kesehatan dan sumbangan amal.

Selain itu, jika Anda telah mengalami perubahan besar dalam hidup sejak awal tahun, seperti menikah atau memiliki bayi, Anda bisa meminta atasan untuk memperbarui pemotongan pajak pada gaji Anda dan rekening bank.

“Pastikan Anda memeriksa pemotongan Anda,” tambah Richardson. “Tidak ada yang ingin mendapatkan tagihan pajak karena pemotongan mereka salah.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati