Sukses

Apresiasi Rachmat Gobel ke Erick Thohir Bisa Ubah Wajah Sarinah Jadi Markas Produk Lokal

Diketahui, Sarinah dikembangkan dan dipercantik di masa Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dipuji sejumlah tokoh karena upayanya membangun Sarinah sebagai markas produk lokal. Erick juga diganjar sosok yang menjalankan nilai-nilai pancasila.

Salah satu tokoh yang mengungkap peran Erick adalah Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel. Ia mengapresiasi Erick karena mampu menggaet UMKM dan bermarkas di Sarinah. Diketahui, Sarinah dikembangkan dan dipercantik di masa Erick Thohir.

“Saya ingin memberikan pujian dulu sama pak Erick Thohir ini supaya tahu, karena kita bicara tadi usaha kecil dan lain sebagainya. Nah itu Sarinah jadi karena pak Erick Thohir,” katanya dalam cuplikan video yang diterima Liputan6.com, Kamis (2/6/2022).

Merespons pujian yang diterimanya itu, Erick terlihat melontarkan sedikit senyum dan tertawa kecil.

Menurut Rachmat, sosok Erick mampu mentransformasi Sarinah menjadi wadah bagi produk lokal dan internasional. Dari produk hasil daerah hingga produk kelas internasional.

“Itulah Sarinah showroom-nya, dan itu showroom yang tadinya Sarinah jualan gak jelas kalau dia jualan merek Chanel kan dibilangnya barang palsu, karena ada Plaza Indonesia ada Grand Indonesia,” kata Rachmat.

“Mau jual batik yang murah belakangnya ada Thamrin City, disinilah pak Erick memberikan Sarinah,” tambah dia.

Meski begitu, dia mengakui membangun pusat belanja UMKM sekelas Sarinah bukan perkara mudah. Namun, di tangan Erick Thohir, Sarinah bisa berdiri dan di branding sebagai pusat produk lokal.

“Itu merubah sarinah itu gak gampang. Cukup lama saya bilang, dan di zaman pak Erick ini dia bisa merubah sehingga potret produk-produk lokal kita bisa kita lihat. Ini tolong datang ke sana ya, ini karya-karyanya pak Erick Thohir,” paparnya.

“Ini salah satu pemimpin yang bener nih,” imbuh Rachmat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkokoh Nilai Pancasila

Sementara itu, pada lokasi yang sama, politisi sekaligus petinggi partai Nasdem, Surya Paloh mengungkap Erick Thohir merupakan tokoh yang potensial.

Bahkan, ia menyampaikan Menteri BUMN itu mampu menuangkan nilai-nilai Pancasila kedepannya.

“Bung Erick Thohir tokoh muda kita, rising star yang kita harapkan bisa memperkokoh nilai-nilai pancasila ini kedepan, bergelut dalam perjuangan kedepan bersama dengan saudara-saudara,” kata pendiri Partai Nasional Demokrat itu, bersemangat.

 

3 dari 3 halaman

Sarinah Wadah UMKM

Pasca renovasi bangunan selesai, Sarinah telah kembali membuka layanannya pada 21 Maret 2022 lalu. Sarinah digadang bakal jadi pusat produk lokal.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Sarinah punya peran penting. Nantinya, di sini akan jadi wadah berkarya hingga UMKM. "Sarinah sudah dibuka kembali," tulisnya di akun Instagram @erickthohir, Rabu (23/3/2022).

"Sarinah siap menjadi wadah komunitas untuk berkolaborasi dan berkarya. Khususnya pecinta seni, wirausaha lokal dan UMKM," papar Erick Thohir.

Ia juga turut mengunggah sejumlah foto yang diambil beberapa waktu lalu. Memperlihatkan saat Erick berpose di sekitaran gedung Sarinah.

Ada foto di depan gedung dengan pose duduk. Hingga saat Erick mengecek kesiapan saat renovasi belum rampung sepenuhnya. "Sudah kangen dengan sarinah?," kata Erick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.