Sukses

Harga Emas Tergelincir Imbas Penguatan Data Ritel AS

Harga emas lebih rendah pada hari Selasa karena data penjualan ritel AS yang kuat

Liputan6.com, Jakarta Harga emas lebih rendah pada hari Selasa karena data penjualan ritel AS yang kuat dan ekspektasi kenaikan suku bunga yang agresif melebihi dukungan dari mundurnya dolar.

Dikutip dari CNBC, Rabu (18/5/2022), harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi USD 1,821,09 per ons pada 13:27. ET. Sementara harga emas berjangka AS naik 0,3 persen menjadi USD 1,819,70.

Penjualan ritel AS meningkat kuat di bulan April, menunjukkan permintaan tetap kuat meskipun inflasi tinggi dan meredakan beberapa kekhawatiran bahwa ekonomi sedang menuju resesi.

Emas tampaknya berada di bawah tekanan sejak data tersebut, kata Ryan McKay, ahli strategi komoditas di TD Securities.

“Sentimen untuk pasar logam mulia mulai berubah lebih bearish. Dan itu bisa menjadi berita buruk untuk emas di sini bergerak maju dengan beberapa likuidasi lagi yang akan datang, terutama karena Federal Reserve terus mengeluarkan nada hawkish," tambah McKay.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap lonjakan inflasi, tetapi kenaikan suku bunga diterjemahkan ke dalam biaya peluang yang lebih tinggi untuk menahan emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

“Emas berperilaku kurang seperti anak panah dan lebih seperti bulu. Ini melayang sedikit ke sini, dan sedikit ke arah sana pada angin yang mendorong pasar,” kata analis independen Ross Norman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelemahan Dolar AS

Membatasi penurunan emas, dolar melemah membuat emas batangan lebih murah bagi pemegang mata uang asing.

Kenaikan emas di awal sesi, ketika mencoba untuk melakukan rebound setelah meluncur ke posisi terendah 3-1/2 bulan pada hari Senin, didorong oleh dolar yang lebih rendah dan imbal hasil Treasury AS, bukanlah "pergeseran sentimen," Norman ditambahkan.

Mencerminkan sentimen investor, kepemilikan ETF emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, berada di level terendah sejak awal Maret.

3 dari 4 halaman

Prediksi Analis: Harga Emas Dunia Bakal Jatuh di Bawah USD 1.800 Pekan Ini

Harga emas dunia mengalami tekanan yang cukup dalam pada pekan lalu. tercatat, harga emas menunjukkan kinerja mingguan terburuk dalam satu tahun terakhir.

Diperkirakan, kinerja merah harga emas ini tidak akan berhenti di pekan lalu saja tetapi akan berlanjut di pekan ini. Beberapa analis di Wall Street dan investor ritel memperkirakan harga emas masih akan tertekan sepanjang pekan ini.

Mengutip Kitco, Senin (16/5/2022), harga emas sepanjang pekan lalu mengalami penurunan 3,7 persen. Bukan hanya terburuk dalam setahun, penurunan ini juga melanjutkan pelemahan berturut-turut yang sudah dibukukan selama tiga pekan sebelumnya.

Pasar emas telah terpukul dengan tekanan jual yang signifikan karena dolar AS diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam 20 tahun. Meskipun beberapa analis mengatakan bahwa emas tampaknya oversold, tapi tetap saja beberapa analis melihat bahwa emas masih menghadapi beberapa tantangan ke depannya.

"Seperti pepatah lama, pasar bisa tetap overbought dan oversold lebih lama daripada kebanyakan dari kita bisa duga," kata analisis sekaligus presiden dari lembaga Darin Newsom, Darin Newsom.

"Selain itu, Aturan memberi tahu kita bahwa fundamental menang pada akhirnya, dan fundamental dolar AS tetap bullish." tambah dia.

Di pekan ini, 17 analis Wall Street berpartisipasi dalam survei emas Kitco News. Di antara peserta, dua analis atau 12 persen menyerukan harga emas naik minggu depan. Pada saat yang sama, 12 analis atau 71 persen menyatakan bearish pada harga emas dalam waktu dekat. Sedangkan tiga analis atau 18 persen netral pada harga.

Sementara itu, 932 suara investor risetl diberikan dalam polling online. Dari jumlah tersebut, sebanyak 481 responden atau 51 persen berharap emas untuk naik minggu ini.

Sedangkan 286 lainnya atau 31 persen mengatakan harga emas akan lebih rendah. Sementara 165 pemilih atau 18 persen netral dalam waktu dekat.

4 dari 4 halaman

Prediksi Harga

Direktur Pelaksana Bannockburn Global Forex Marc Chandler mencatat, indikator momentum terlihat sedikit meregang. Namun, dia tidak melihat momentum bergeser dalam waktu dekat. Dia melihat bahwa harga emas akan jatuh ke USD 1.780 per ounce di pekan ini.

"Kenaikan suku bunga membuat emas tetap defensif, meskipun ada potensi inflasi ke depannya," katanya.

Analis senior di DailyFX.com Chris Vecchio mengatakan, imbal hasil obligasi riil telah naik ke tingkat pra-pandemi, dan tren naik baru saja dimulai.

Minggu lalu, Indeks Harga Konsumen AS menunjukkan inflasi tahunan naik 8,3 persen di April, turun dari 8,5 persen di Maret.

Meskipun inflasi sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan, Vecchio mengatakan bahwa ada tanda-tanda bahwa inflasi telah mencapai puncaknya.

"Inflasi akan tetap tinggi, memaksa Federal Reserve untuk terus agresif menaikkan suku bunga. Pada akhirnya, suku bunga riil akan naik lebih tinggi, yang merupakan berita buruk bagi emas," katanya.

"Saya pikir hanya masalah waktu sebelum emas diperdagangkan dengan nyaman di bawah uSD 1.800 per ounce. Saya berharap pada akhir tahun, harga emas bisa di bawah USD 1.700." tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.