Sukses

BIGMIND Innovation Award: Langkah MIND ID Dorong Teknologi Industri Pertambangan

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk menggelar BIGMIND Innovation Award 2022. Kompetisi ini merupakan refleksi komitmen MIND ID terhadap pertumbuhan ekosistem inovasi di Indonesia. 

Program ini merupakan kompetisi inovasi ke-4 melanjutkan kesuksesan event sebelumnya yang melahirkan banyak ide dan inovasi yang membuat proses bisnis industri tambang menjadi lebih efisien, efektif, ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

BIGMIND Innovation Award 2022 diluncurkan oleh Direktur Pengembangan Usaha MIND ID - Dilo Seno Widagdo, Direktur Operasi dan Portofolio – Danny Praditya, Direksi Anggota MIND ID beserta jajaran Universitas Indonesia.

Rangkaian launching juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara MIND ID dan Universitas Indonesia tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, oleh Direktur Pengembangan Usaha MIND ID, Dilo Seno Widagdo dan Direktur Riset & Pengembangan Universitas Indonesia, Munawar Khalil, Ph.D di Depok pada 13 Mei 2022. 

“MIND ID berharap inovasi yang lahir dari BIGMIND Innovation Award dapat bermanfaat, implementatif dan menjadi solusi atas tantangan industri pertambangan. Kontribusi karya inovator Indonesia akan mendukung perbaikan yang berkesinambungan (continuous improvement) dan mendatangkan potensi sumber pendapatan baru (new revenue stream) bagi Grup MIND ID. Di era VUCA (volatility, uncertainity, complexity, dan ambiguity) saat ini, kita memerlukan banyak insan yang kreatif dan inovatif agar teknologi pertambangan tumbuh optimal,” jelas Dilo Seno Widagdo, Direktur Pengembangan Usaha MIND ID.

BIGMIND Innovation Award 2022 merupakan kompetisi inovasi yang dilaksanakan oleh MIND ID dan PT Bukit Asam Tbk dengan tiga kategori utama yakni (i) Continous Improvement; (ii) New Revenue Stream; dan (iii) Greenovator dengan 2 sub-kategori yakni konseptual dan implementasi. Peserta dapat memilih tujuh ruang lingkup topik yakni Proses Bisnis, Digitalisasi, Eksplorasi, Pertambangan, Proses Industri (Pegolahan & Pemurnian), CCUS dan Dekarbonisasi berhadiah ratusan juta rupiah. Pendaftaran ide dan inovasi kategori Continous Improvement dan New Revenue Stream dibuka pada 20 Mei 2022 melalui www.big.mind.id. Sedangkan kategori Greenovator (CCUS dan Dekarbonisasi) melalui www.greenovator.ptba.co.id.

Rangkaian BIGMIND Innovation Award 2022 akan dilengkapi dengan rangkaian roadshow yang diselenggarakan secara offline dan online (Hybrid) yakni: (i) Jakarta 13 Mei 2022 (hybrid) – Topik Proses Bisnis dan Digitalisasi, (ii) Webinar 20 Mei 2022 - Eksplorasi dan Digitalisasi, (iii) Medan 27 Mei 2022 – CCUS, Carbon Reduction dan Proses Industri, (iv) Webinar 3 Juni 2022 – Proses Industri dan Digitalisasi, (v) Palembang 10 Mei 2022 – Proses Bisnis dan Pertambangan, (vi) Makassar 24 Juni 2022 – Eksplorasi dan Pertambangan. Roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 menghadirkan praktisi, expert dan pelaku usaha yang akan memberikan informasi seputar industri pertambangan Indonesia. 

MIND ID melalui Indonesia Mining & Mineral Research Institute (IMMRI) terus mendorong ekosistem pertumbuhan inovasi dan riset khususnya di kluster mineral dan batubara di Indonesia. Hal ini dilakukan karena budaya inovasi Grup MIND ID merupakan salah satu faktor pendukung kinerja perusahaan dan sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN serta Noble Purpose MIND ID yakni We Explore…..Natural Resources for Civilization, Prosperity and a Brighter Future. MIND ID optimis perkembangan teknologi digital akan memperkuat tata kelola operasional yang baik dan meningkatkan pertumbuhan industri pertambangan yang berkelanjutan.

 

(*)