Sukses

Pesan Jokowi di Hari Raya Waisak 2022

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak 2566 BE/2022 yang jatuh pada Senin hari ini, 16 Mei 2022. 

Sambutan Hari Raya Waisak 2022 itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan ilustrasi di laman Instagram resminya. 

Dalam unggahan foto ilustrasi yang menggambarkan nuansa Hari Raya Waisak, Jokowi menyertakan harapannya kepada masyarakat. 

"Kesehatan dan kemajuan adalah impian terbesar yang hendak kita gapai saat ini dalam hidup yang penuh kedamaian dan kebersamaan," tulis @jokowi di Instagram, dikutip Senin (16/5/2022).

"Semoga cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan kita semua," tuturnya. 

Ucapan selamat Hari Raya Waisak itu Jokowi sampaikan beberapa saat sebelum mengumumkan telah tiba di Indonesia setelah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, menghadiri serangkaian kegiatan KTT Khusus ASEAN-AS hingga pertemuan dengan pendiri SpaceX, Elon Musk.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Di platform serupa, Menteri Koordinator BidangKemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan sambutan Hari Raya Waisak. 

"Selamat memperingati Hari Raya Waisak  2566 BE/2022. Berkat, damai, dan bahagia bagi seluruh umat manusia," demikian unggahan Menko Luhut di fitur Instastory pada Senin (16/5). 

Di Indonesia, perayaan ini diperingati dengan aktivitas beribadah di wihara.

Salah satu acara besar yang digelar di Tanah Air di Hari Waisak tentu saja perayaan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

2 dari 3 halaman

10 Link Twibbon untuk Ucapan Hari Raya Waisak 2022

Ucapan selamat hari raya Waisak juga dapat diberikan di media sosial atau aplikasi messaging, salah satunya menggunakan Twibbon Hari Waisak 2022, untuk dipasang di foto profil media sosial.

Berikut adalah beberapa link Twibbon Hari Raya Waisak 2022 dari situs Twibbonize.com.

  • https://www.twibbonize.com/waisak2566keren
  • https://www.twibbonize.com/waisak2566be
  • https://www.twibbonize.com/waisak2566be2022
  • https://www.twibbonize.com/waisak-umum-2022
  • https://www.twibbonize.com/waisakwea2022
  • https://www.twibbonize.com/waisak2566
  • https://www.twibbonize.com/waisakday2022
  • https://www.twibbonize.com/waisak-2022
  • https://www.twibbonize.com/vesakwindaxing
3 dari 3 halaman

Sambut Waisak 2022, Festival Penerbangan Lampion di Candi Borobudur Kembali Digelar

Peringatan Hari Raya Waisak 2022 kembali disemarakkan dengan penerbangan lampion di Candi Borobudur. Acara tersebut sempat dihentikan selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Dikutip dari akun Instagram @lampion.waisak2022, festival penerbangan lampion yang mengangkat tema "Light of Peace" itu akan dilaksanakan malam ini, Senin (16/5/2022). Terdapat dua sesi yang bisa dipilih, yakni pukul 18.00 WIB--20.00 WIB, dan pukul 20.30--22.30 WIB. Masing-masing waktu akan memberi nuansa yang berbeda.

Bila menginginkan suasana yang meriah, sesi I direkomendasikan karena lebih banyak diikuti peserta dan lebih riuh. Sementara, sesi 2 wajib diambil untuk Anda yang menginginkan suasana lebih tenang, khusyuk, dan sejuk.

Prosesi pelepasan lampion Waisak dilaksanakan di Zona Marga Utama di kawasan Candi Borobudur. Acaranya dimulai dengan menulis doa di stiker doa yang disediakan, mengikuti proses doa bersama, mengikuti prosesi meditasi bersama, dan ditutup dengan melepaskan lampion. 

"Semua prosesi itu menghabiskan waktu lebih dari satu jam," tulis akun Instagram @vakansi.jogja, 8 Mei 2022.

Prosesi pelepasan lampion itu terbuka untuk semua pemeluk agama. Panitia menyediakan lampion yang diklaim ramah lingkungan karena terbuat dari kertas tisu.

"Sisa lampion akan hancur menjadi abu setelah bahan bakar habis. Tidak pernah ada kasus kebakaran selama ini dalam perayaan festival lampion Waisak," imbuh keterangan akun tersebut. Berapa harga tiket untuk mengikuti prosesi penerbangan lampion tersebut?