Sukses

Tiga Tahun Lagi, Pengguna Kartu ATM Capai 125 Juta

Bank Indonesia memperkirakan pengguna kartu ATM di Indonesia mencapai 125 juta orang pada 2016. Menurut
Ketua Tim Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Puji Atmoko, jumlah pengguna ATM terus meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara khusus untuk pengguna kartu kredit, jumlahnya juga akan meningkat menjadi 16 juta pengguna.  "Ada 21 juta orang yang bertransaksi dengan uang elektronik di tahun 2016 nanti," katanya dalam seminar nasional Era Baru Pengamanan Transaksi Berbasis Kartu Chip, Pembiayaan Elektronik, dan Ketentuan Perundang-undangannya, di Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Pudji menyebutkan saat ini ada 57 bank yang menerbitkan kartu ATM. Setiap transaksi melalui ATM ini ada kewajiban konfirmasi lewat layanan pesan singkat (sms).

"Bank Indonesia sebagai pengawas moneter di Indonesia concern pada keamanan transaksi keuangan elektronik, terlebih lagi melihat prospek pengguna kartu ATM kredit maupun debet akan terus mengalami kenaikan," jelasnya.

Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia mencatat  transaksi keuangan melalui ATM terbanyak adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Direktur BCA M. Suwignyo Budiman menyebutkan transaksi  keuangan  terbanyak dilakukan nasabah lewat ATM.

"Bank BCA sendiri melayani hingga 10 juta transaksi ATM perhari," terang Budiman. (Est/Ndw)
    Loading