Sukses

Ikuti Jejak MotoGP, PLN Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip untuk Motocross Grand Prix

PT PLN (Persero) kembali bersiap menyediakan listrik tanpa kedip atau dikenal Zero Down Time (ZDT) untuk menyukseskan ajang internasional Motocross Grand Prix (MXGP)

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) kembali bersiap menyediakan listrik tanpa kedip atau dikenal Zero Down Time (ZDT) untuk menyukseskan ajang internasional Motocross Grand Prix (MXGP) yang rencananya akan digelar di Kawasan Samota, Sumbawa Besar pada tanggal 24 hingga 26 Juni 2022.

MXGP merupakan event balap motor cross yang paling elit, bukan hanya di Asia namun dunia. Kejuaraan ini berada di bawah naungan FIM atau Federation Internationale de Motocyclisme, sama halnya seperti kejuaraan MotoGP.

General Manager PLN NTB, Sudjarwo mengatakan setelah berhasil menyukseskan perhelatan internasional MotoGP Mandalika dengan listrik tanpa kedip, PLN kembali bersiap untuk melistriki MXGP. Ini merupakan bentu dukungan PLN terhadap semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pada prinsipnya PLN siap mendukung MXGP. Infrastruktur kelistrikan dan juga Sumber Daya Manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP”, tutur Djarwo.

Djarwo mengungkapkan, pihaknya melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa hingga saat ini terus melakukan koordinasi, baik dengan pelaksana event maupun stakeholder terkait untuk mempersiapkan insfrastruktur kelistrikan yang diperlukan selama MXGP berlangsung.

Tahapan yang akan dilewati untuk melistriki MXGP adalah sama dengan tahapan yang diimplementasikan untuk MotoGP. Survei awal dilakukan untuk menentukan besaran daya listrik yang diperlukan dan juga titik titik lokasi penting yang harus dilistriki.

“Setelah kita mengetahui kebutuhan dan jumlah titiknya, PLN akan bergerak untuk membuat _masterplan_ jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian kita akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi,” lanjut Djarwo.

Untuk kondisi Sistem Kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal. Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW.

Masih terdapat cadangan daya listrik sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir: PLN Jantung Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir meyakini, PT PLN (Persero) saat ini merupakan jantung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, pertumbuhan ekonomi ke depan akan banyak bergantung pada listrik, yang secara teknis pengelolaannya dikuasai oleh perseroan.

Hal itu diungkapkan Erick Thohir dalam acara menyapa Serikat Pekerja dan Milenial PLN, Kamis (7/4/2022).

"Tentu PLN ini jantungnya Indonesia. Kenapa? Bahwa seluruh pertumbuhan ekonomi ke depan perlu listrik," tegas Erick Thohir.

Menurut dia, penggunaan motor dan mobil di masa mendatang pun tak bisa lepas dari penggunaan listrik. Begitu juga dengan sektor industri, yang kebutuhannya atas listrik membesar seiring dengan program hilirisasi yang kini dicanangkan pemerintah.

Erick juga tak ingin ada keributan atas misi tersebut. Ia menghendaki semuanya saling bersinergi, sehingga ekonomi Indonesia bisa terus tumbuh sampai 2045 mendatang.

"Yang permasalahan kalau sudah inovasi, kerja keras, tapi ekonominya enggak tumbuh. Ini kita bakal terus tumbuh sampai 2045. Jadi tak perlu diributkan. Kerukunan salah satu kunci jaga pertumbuhan ini," imbuhnya.

Oleh karenanya, Erick Thohir meminta seluruh pihak saling bersinergi sembari berinovasi di bidangnya masing-masing. Termasuk PT PLN (Persero) yang menjadi jantung Indonesia dengan modal listrik sebagai pusat pertumbuhan ekonominya.

"Tinggal bagaimana kita harus melihat perubahan, disrupsi. Apakah disrupsi energi terbarukan, digitalisasi yg memang tidak bisa kita hindarkan. Kita harus siap, harus bangkit, harus solid untuk menghadapi perubahan ini," ujarnya.

3 dari 4 halaman

PLN Siaga Ramadhan, 47.090 Personel Siaga Mati Lampu

PT PLN (Persero) terus menjaga keandalan pasokan listrik selama Ramadhan agar masyarakat tetap nyaman dan fokus beribadah dengan didukung pasokan listrik yang memadai.

Sebanyak 47.090 personel diterjunkan di 1.500 posko siaga yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, dengan melakukan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik.

"Agar masyarakat lebih tenang dan nyaman menjalankan ibadah, kami telah menyiagakan puluhan ribu petugas untuk melayani kebutuhan listrik seluruh pelanggan," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, Selasa (5/4/2022).

Untuk memastikan pasokan listrik aman, PLN tak hanya memaksimalkan operasional pembangkit listrik eksisting, tetapi juga menyiapkan suplai cadangan dengan menyediakan Uninterruptible Power Supply (UPS), trafo mobile hingga genset.

4 dari 4 halaman

Wilayah Sumatera

Agung merinci, untuk di wilayah Sumatera PLN menyiagakan total 12.743 personel. Sedangkan untuk di Kalimantan terdapat 4.141 personel.

"Pasokan listrik juga diperkuat 40 UPS, 325 UGB trafo mobile dan 475 unit genset yang tersebar di wilayah Sumatera dan Kalimantan," ujar Agung.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Madura Bali, PLN menyiapkan 939 posko siaga dengan 18.921 personel. PLN juga menyiapkan 2.329 unit mobil pelayanan teknik dan 918 unit pasokan listrik tambahan melalui UPS dan genset maupun trafo mobile.

Untuk wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN membuka 491 posko dengan personel siaga sebanyak 11.285 orang. "PLN juga menyiapkan 722 unit alat pendukung pasokan listrik seperti UPS, genset dan trafo mobile," tambah Agung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.