Sukses

Wow, Harga Motor MotoGP Nyaris Rp 70 Miliar per Unit

Harga sebuah unit motor balap di kelas MotoGP dibanderol sekitar 2 hingga 4 juta euro atau setara Rp 34,8 miliar hingga Rp 69,6 miliar.

Liputan6.com, Jakarta MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun. Sirkuit Mandalika akan menjadi arena pertarungan jago balap MotoGP memperebutkan podium juara.

Sebelum MotoGP Mandalika, pentas adu cepat kuda besi ini terakhir kali berlangsung di Indonesia pada tahun 1998. Tak heran, kembalinya ajang balap motor bergengsi itu ke Tanah Air langsung mendapat sambutan meriah.

Namun, apakah kamu tahu berapa harga motor balap di kelas MotoGP?

Dikutip dari halaman The Race, Sabtu (19/3/2022), harga sebuah unit motor balap di kelas MotoGP dibanderol sekitar 2 hingga 4 juta euro atau setara Rp 34,8 miliar hingga Rp 69,6 miliar.

Tentunya ada harga ada kualitas, harga tersebut ditentukan oleh paket spesifikasi seperti mesin, sasis, suspensi, hingga perangkat pengereman dan elektronik dari sebuah manufaktur.

Masing-masing komponen motor tersebut memiliki biaya pembuatan, termasuk juga penelitian dan pengembangan untuk mencapai performa yang diinginkan.

Tak hanya itu, harga motor MotoGP yang fantastis dikarenakan keistimewaan komponen di dalamnya. Melansir Box Repsol, komponen-komponen tersebut terdiri dari dapur pacu hingga kaki-kaki. Artinya, sangat wajar jika motor sekelas MotoGP dibanderol dengan harga yang mahal.

Selanjutnya, bagian dapur pacu, harga mesin motor MotoGP kelas atas biasanya berkisar 250 ribu euro atau sekitar Rp 4,1 miliar, belum termasuk dengan biaya perbaikan jika ada kerusakan pada mesinnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komponen Motor MotoGP

Kemudian, komponen elektronik yang menunjang kinerja mesin seperti sensor, kabel, dan panelnya bisa mencapai 100 ribu euro atau setara dengan Rp 1,6 miliar. Box Repsol menegaskan, tidak ada komponen yang harganya dibawah seribu euro.

Lalu, di bagian kaki-kaki, motor MotoGP biasanya berkiblat pada standar yang sudah ditentukan oleh Federasi Motor Internasional (FIM). Pada bagian rem yang bisa tembus di angka 70 ribu euro atau setara dengan Rp 1,1 miliar, tentunya harga ini belum termasuk dengan pajak, luar biasa.

Adapun harga rem tersebut sudah sepaket dengan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan yang akan menunjang kaki-kaki motor MotoGP.

Tak ketinggalan, instrumen penting lainnya yaitu Ban motor MotoGP juga dibanderol sangat mahal. Pasalnya, setiap motor MotoGP memiliki ban khusus yang berbeda tiap sirkuit.

Michelin adalah sebuah produsen ban multinasional, diketahui sebagai penyuplai tunggal ban motor MotoGP. Dimana pihaknya harus menyiapkan 1,2 juta Euro yang setara dengan Rp 19,4 miliar.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.