Sukses

Ini 6 Program Strategi Brigade Madani Untuk Perkuat Sinergi Ultra Mikro

Sunarso menegaskan agar semua Holding UMi dapat mendorong internalisasi one culture AKHLAK yang diimplementasikan dalam Culture Activation Program, yaitu Brigade Madani.

Liputan6.com, Jakarta Holding Ultra Mikro (UMi)yang terdiri dari tiga entitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkomitmen melayani masyarakat dengan cara kerja yang efisien dan menghadirkan inovasi. 

Tujuannya tak lain untuk menyebarkan pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Maka dari itu, Holding UMi pun menghadirkan terobosan terbaru untuk mencapai tujuannya, yaitu dengan membentuk tim Brigade Madani. 

"Brigade Madani itu adalah singkatan dari BRI, Pegadaian (Gade), dan Permodalan Nasional Mandani. Ini hanya sekadar singkatan karena jadinya (kalau dibaca) bagus dan keren," kata Direktur Utama BRI, Sunarso dalam sambutannya di acara Kick Off Culture Activation Program BRIGADE MADANI pada Jumat (3/11). 

Sebelum menjelaskan tentang Brigade Madani, Sunarso memberi pemahaman terkait tugas setiap unit kerja di Holding UMi. Ada tiga yang dijelaskanya, pertama adalah KPI (Key Performance Indicator). 

Kedua setiap unit kerja atau individu harus mengetahui strategi yang harus dilakukan. Ketiga untuk mewujudkan dan mencapai target strategi, perlu adanya perilaku secara kolektif. 

"Perilaku secara kolektif ini disebut corporate culture. Inilah yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Corporate culure ini dialurkan dari leader ke bawah sehingga jelas, organisasi dan aspirasi mau dibawa ke mana, mau meng-create perusahaan seperti apa, dan lainnya," jelas Sunarso. 

Maka dari itu, untuk menerapkan corporate culture, Sunarso menegaskan agar semua Holding UMi dapat mendorong internalisasi one culture AKHLAK yang diimplementasikan dalam Culture Activation Program, yaitu Brigade Madani. 

Ada enam program yang sesuai dengan core value AKHLAK yang merupakan nilai utama seluruh perusahaan BUMN, sebagai berikut: 

 

AMANAH - Serbu

Amanah merupakan value untuk memegang teguh kepercayaan yang diberikan dengan mencapai target atau KPI yang telah ditetapkan, untuk implementasi dari core value Amanah ini dibuat program “Serbu”.

Serbu merupakan upaya untuk mencapai KPI atau target yang telah diamanahkan Holding UMi, diantaranya melayani 5 juta nasabah baru, cashless transaction, 1.000 co-location SenyuM, 500 ribu referral, dan 60.000 Agen BRILink dari kelompok Mekaar pada tahun 2022. Program ini dilakukan dengan cara menjemput bola, dimana BRIGADE MADANI secara proaktif melakukan akuisisi dan edukasi dengan mendatangi calon nasabah potensial.

KOMPETEN - Latihan Gabungan/Lat-Gab

Kompeten merupakan budaya untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, untuk implementasi dari core value ini melalui program “Latihan Gabungan/Lat-Gab”. 

Latihan Gabungan/Lat-Gab ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi & kapabilitas internal melalui program-program kolaborasi pembelajaran bersama dari Corporate University BRI, Pegadaian, dan PNM.

 

HARMONIS - Layanan Gabungan/Lan-Gab

Harmonis merupakan nilai insan BUMN untuk saling peduli dan menghargai perbedaan, untuk implementasi dari core value ini dilakukan dengan program “Layanan Gabungan/Lan-Gab”.

Layanan Gabungan/Lan-Gab berupa harmonisasi produk, layanan dan aktivitas pemasaran oleh 3 entitas melalui co-location SenyuM dan penggunaan platform digital Senyum Mobile oleh BRIGADE MADANI.

LOYAL - 3 No’s, 1 Korsa

Core value Loyal dimaksudkan agar setiap insan BUMN dapat berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, untuk implementasi dari core value ini dilakukan dengan program 3 No’s, 1 Korsa.

3 No’s, 1 Korsa diterapkan melalui perilaku No Excuses terhadap kesalahan, No Fraud, No Defect dan bekerja loyal menjaga integritas, nama baik, serta bekerja sesuai SOP (Standard Operating Procedure).

ADAPTIF - Sesuai Resources Lokal/Serlok

Adaptif merupakan nilai budaya untuk terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, untuk implementasi dari core value ini dibentuk program “Sesuai Resources Lokal” yang disingkat Serlok.

Sesuai Resources Lokal/Serlok berupa strategi BRIGADE MADANI untuk terus adaptif menyesuaikan dengan karakteristik serta potensi daerah masing-masing dan sumber daya (resources) lokal yang tersedia.

 

KOLABORATIF - Posko Senyum

Kolaboratif merupakan budaya untuk mendorong terbentuknya kerjasama yang sinergis, untuk implementasinya, BRIGADE MADANI menyiapkan Posko Senyum.

Posko Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro) merupakan outlet co-location yang dibangun dan digunakan secara kolaboratif bersama 3 entitas, dimana BRIGADE MADANI menjadikan Posko Senyum sebagai tempat untuk berangkat berjuang dan kembali membawa kemenangan berupa penyebaran nilai-nilai kewirausahaan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

BRIGADE MADANI mencerminkan Gerakan pekerja 3 entitas Holding UMi (BRI, Pegadaian, PNM) dalam mendorong kinerja yang sustain serta menumbuhkembangkan dan memperkuat perekonomian.

"Kami berharap sinergi antara BRI, Pegadaian dan PNM dapat membawa dampak positif bagi pemulihan perekonomian Indonesia dan utamanya dalam peningkatan kesejahteraan pelaku usaha UMi dan masyarakat UMi pada umumnya. Sejahtera masyarakat UMi adalah sejahtera untuk Indonesia," ujar Sunarso.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini