Sukses

Daftar 3 Kilang Pertamina yang Terbakar dalam Setahun Terakhir

Berikut ini rangkuman kejadian lengkap kebakaran di tiga kilang minyak milik Pertamina yang terjadi dalam satu tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) kembali terbakar. Kali ini kebarakaran di area Refinery Unit (RU) V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (4/3/2022) siang.

Dengan terbakarnya kilang ini, maka jika dihitung telah ada tiga kilang Pertamina yang mengalami kebakaran dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya juga terjadi kebakaran di Kilang Cilacap dan Kilang Balongan.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, dirangkum Liputan6.com pada Jumat (4/3/2022), berikut ini kejadian lengkap kebakaran di tiga kilang milik Pertamina dalam satu tahun terakhir:

1. Kilang Minyak Balikpapan

Kilang minyak Pertamina di area Refinery Unit (RU) V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur kebakaran pada Jumat (4/3/2022) siang.

Kobaran api terlihat membara di dalam kilang minyak Pertamina pada sekitar pukul 10.30 WITA.

Insiden ini lantas dibagikan lewat unggahan video di akun Twitter Txt dari Balikpapan (@txtbpn) pada pukul 10.26 WIB.

Kebakaran tersebut mampu ditangani dengan cepat. PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa si jago merah kini telah berhasil dijinakan. Hal itu dikonfirmasi Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina RU V Balikapan, Ely Chandra Perangin-Angin.

"Posisi alhamdulillaah api sudah padam," ujar Ely, Jumat (4/3/2022).

Ely mengatakan, titik asal kebakaran berada di dalam perimeter kilang. Oleh karenanya, ia meminta masyarakat tidak perlu panik.

"Kebakaran di area kilang. Jadi warga tak perlu panik," imbuh dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tangki Pertalite di Kilang Cilacap

Tangki kilang Pertamina di Cilacap terbakar pada Sabtu 13 November 2021 pukul 19.10 WIB. Kebakaran tangki kilang Pertamina terbakar yang berisi Pertalite tersebut berhasil diatasi sekitar pukul 23.05 WIB melalui penanganan intensif dan defensif.

General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno mengatakan, insiden kebakaran menimpa tangki 36 T-102. "Tangki ini berisi komponen produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter," kata Eko, pada Minggu (14/11/2021).

Eko bercerita, saat kebakaran, Pertamina langsung mengalihkan tangki komponen produk Pertalite yang tidak terbakar di tangki 36 T-101 ke Terminal BBM Lomanis.

Dalam upaya memadamkan api, perseroan menggunakan foam monitor dengan kapasitas penuh, water sprinkel, dan truk pemadam agar api tak menyebar ke tangki-tangki lain.

 

3 dari 3 halaman

3. Kilang Minyak Balongan

Kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin 29 Maret 2021 dini hari. Kilang minyak milik Pertamina tersebut diketahui terbakar sekitar pukul 00.45 WIB.

Dari insiden itu, Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri menyebutkan korban terdampak sebanyak 23 orang. Dari jumlah tersebut, enam orang terkena luka bakar cukup parah dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Jalan di kawasan Pertamina Balongan diblokade sampai situasi aman tidak boleh lewat dulu," kata Ahmad.

Selain korban jiwa, diketahui puluhan rumah warga rusak atau retak. Warga diungsikan di tiga tempat yakni Pendopo Bupati Indramayu, Islamic Center Indramayu dan Bumi Patra Indramayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.