Sukses

Kehadiran 3,6 Juta Toko Kelontong Bawa Berkah Bagi Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia, khususnya pedagang warung dan toko kelontong makin berkembang pesat dalam beberapa tahun ini walaupun pada masa pandemi sekarang ini.

Menurut data yang dirilis UMKM Indonesia, sektor UMKM termasuk toko kelontong, telah berkontribusi dan menyumbang PDB (Pendapatan Domestik Bruto) rata-rata sekitar 57,8 persen per tahun atau sekitar Rp 8 ribu triliun.

Dengan jumlah warung atau toko kelontong sekitar 3,6 juta yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia, kehadiran warung dan toko kelontong membawa dampak positif terhadap roda perekonomian nasional, dan sekaligus warung / toko kelontong menjadi fenomena bisnis mikro yang prospektif di Indonesia.

Aksesmu (Akselerasi Sukses Mitra Usaha) pun hadir sebagai mitra pedagang warung dan toko kelontong yang memberikan solusi belanja pemenuhan barang dagangan dengan berbagai layanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

PT Sumber Trijaya Lestari sebagai manajemen pengelola Aksesmu berkomitmen dalam pengembangan bisnis dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, khususnya pedagang warung dan toko kelontong dengan memberikan akses kemudahan bagi mitra Outlet Binaan Aksesmu (OBA) untuk mendapatkan beragam produk warung dengan harga bersaing dan layanan pengiriman gratis.

“Dengan dukungan penuh dari para mitra pemasok nasional maupun lokal, Aksesmu berkomitmen untuk mendistribusikan barang dagangan kebutuhan warung dan toko kelontong kepada seluruh mitra Outlet Binaan Aksesmu yang tersebar di seluruh Indonesia – sesuai dengan misi Aksesmu, yaitu menjalin kemitraan usaha yang saling menguntungkan, efisien dan efektif dalam ekosistem distribusi produk kebutuhan usaha mikro dan kecil,” kata Direktur PT Sumber Trijaya Lestari (Aksesmu) Hans Harischandra T dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Ada berbagai pilihan metode pembayaran antara lain, tunai saat pengiriman (cash on delivery), non-tunai dengan e-wallet, virtual account atau bayar tunda (pay later), dan layanan antar gratis pada hari yang sama (free & same day delivery service).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Akses Layanan Keuangan

Mitra OBA juga mendapatkan berbagai akses layanan pencatatan keuangan bisnis, edukasi bisnis ritel melalui webinar, pelatihan, dan pendampingan bisnis.

“Saat ini lebih dari 100.000 OBA yang sudah menggunakan dan merasakan berbagai manfaat dan keuntungan menjadi mitra Outlet Binaan Aksesmu, dan akan terus bertambah - diproyeksikan meningkat tiga kali lipat dalam satu tahun ini. Kami memiliki lebih dari 1.500 tim pengiriman barang pada 250 titik distribusi yang ditargetkan menjadi 450 titik distribusi pada 28 provinsi, 136 kota/kabupaten, dan 3.071 kecamatan di Indonesia pada akhir tahun ini," tutup General Manager Operations Tri Wiyono Seputro.

Dengan mengunduh aplikasi mobileAksesmu di play store, pedagang warung / toko kelontong bisa langsung registrasi menjadi mitra Outlet Binaan Aksesmu (OBA).

Aplikasi Aksesmu memiliki berbagai fitur layanan digital dan kemudahan yang bisa digunakan oleh mitra OBA untuk memesan barang dagangan, juga token listrik dan pulsa dan berbagai program promosi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.