Sukses

SKK Migas Minta Pertamina Temukan Sumber Migas Baru di Blok Mahakam

Liputan6.com, Jakarta Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto, melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kerja (WK) Mahakam.

Wilayah kerja ini dikelola Kontraktor Kontrak Kerjasama PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk meninjau sumur eksplorasi Manpatu-1X (MPT-1X). Sebelumnya, sumur tersebut berhasil menemukan cadangan minyak dan gas bumi (migas) pada awal 2022.

Dwi berharap, temuan cadangan migas baru melalui sumur eksplorasi MPT-1X ini dapat membuka peluang-peluang ditemukannya sumber migas lain di WK Mahakam.

"Hal ini tentunya menumbuhkan optimisme dan semangat bagi SKK Migas dan tentunya PHM guna memenuhi capaian target produksi nasional yaitu 1 BOPD (barel minyak per hari) dan 12 BSCFD (milyar standar kaki kubik per hari) gas di tahun 2030," kata Dwi dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1/2022).

Lebih lanjut, ia juga berpesan kepada seluruh pekerja agar di setiap kegiatan operasi untuk selalu mengutamakan aspek keselamatan.

"Upaya kita dalam meningkatkan produksi jangan sampai mengorbankan K3LL (Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lindungan Lingkungan). Hal tersebut tetap menjadi KPI (Key Performance Indicator) utama bagi kita. Untuk itu, tetap utamakan safety dalam setiap aspek pekerjaan," imbuhnya.

Selain itu, Dwi juga menyinggung persetujuan insentif pemerintah kepada PHM yang disebutnya telah mendorong perseroan dalam meningkatkan investasi untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi migas di Blok Mahakam.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Capaian Kinerja

Sementara General Manager PHM Agus Aprianto menyampaikan, capaian produksi pihaknya untuk 2021 lalu tetap berada di atas target Work Plan & Budget (WP&B) meskipun kami bekerja di tengah situasi pandemi.

Agus menambahkan, berdasarkan data per 31 Desember 2021, capaian di bidang produksi minyak dan kondesat sebesar 24,8 ribu BOPD, lifting gas sebesar 480 MMSCFD, dan well head gas sebesar 526 MMSCFD. "Capaian ini berarti 110 persen diatas target RKAP untuk minyak dan 113 persen diatas target RKAP untuk gas," ungkapnya.

Dia juga melaporkan untuk operasi drilling, sampai dengan pekan ketiga Desember 2021, PHM telah melakukan pemboran sebanyak 73 sumur pengembangan dan 2 sumur eksplorasi.

Sedangkan untuk kegiatan operasi well intervention juga telah mencapai 60 kegiatan work over dan 4.157 kegiatan well service. Selain itu, capaian PROPER yang diraih PHM yakni 2 penghargaan PROPER Emas untuk Lapangan BSP dan SPU, serta 3 PROPER Hijau untuk Lapangan CPU, NPU, dan HCA.