Sukses

Sambut MotoGP 2022, 196 Rumah di Sekitar Sirkuit Mandalika Bakal Ditata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penataan rumah masyarakat di kawasan koridor Sirkuit Mandalika

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penataan rumah masyarakat di kawasan koridor Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penataan rumah akan dilaksanakan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta program beautifikasi rumah agar kawasan tersebut lebih tertata, layak huni, serta menjaga keindahan di sekitar sirkuit.

"Kami akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika. Seluruh Direktorat Jenderal di Kementerian PUPR akan bersinergi agar pembangunan infrastruktur dan perumahan di sekitar Sirkuit Moto GP mandalia bisa berjalan dengan baik di lapangan," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangan tertulis, Rabu (5/1/2022).

Iwan menerangkan, ia telah menugaskan Direktur Rumah Swadaya ke Mandalika untuk melihat kondisi lapangan dan mempersiapkan dimulainya pelaksanaan peningkatan kualitas rumah di koridor sirkuit mandalika dimaksud.

Mengingat penyelenggaraan MotoGP Mandalika yang akan digelar bulan Maret 2022, sehingga perlu ada percepatan terkait pembangunan infrastruktur dan perumahan di lapangan.

"Kita harus memastikan proyek pembangunan infrastruktur dan perumahan bisa segera dimulai untuk mengantisipasi masalah yang ada serta melalukan update dan sinkronisasi di lapangan. Seluruh penyedia jasa sudah bergerak di lapangan serta melaksanakan pekerjaan untuk menyelesaikan pembangunan," tegasnya.

Ditjen Perumahan masih ada pekerjaan rumah besar terkait perbaikan rumah di koridor sirkuit sebanyak 196 unit. Total rumah yang berada di tanah masyarakat sebanyak 107 unit, sedangkan sisanya berada di tanah milik ITDC.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penataan

Selain menyalurkan Program BSPS, Kementerian PUPR juga akan membantu rumah layak huni untuk dilakukan penataan dengan menggandeng mitra kerja agar lebih bagus dan lebih menarik.

"Kami sudah menyusun desain rumah sesuai dengan ciri khas daerah Lombok. Kami target bulan Februari mendatang program pembangunan perumahan bisa selesai," ujar Iwan.

Komandan Lapangan Persiapan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika yang juga Mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto menyatakan, keindahan di sekitar sirkuit Moto GP sangat dibutuhkan untuk menjaga kenyamanan penonton serta menata kawasan koridor agar lebih tertata dengan baik.

Apalagi nantinya akan ada puluhan ribu penonton dari berbagai negara yang datang menyaksikan ajang motor balap internasional tersebut.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk kegiatan pembangunan infrastruktur dan perumahan. Kami juga akan melihat langsung ke lapangan untuk melihat proses pembangunan di lapangan," kata Hadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.